Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.182 views

Rakyat Suriah Makin Kekurangan Bantuan

SURIAH (voa-islam.com) - Setelah dua tahun konflik, bantuan kemanusiaan menjadi kurang dengan drastis akibat dari bantuan yang ada jauh lebih sedikit kebutuhan yang diperlukan. Kelumpuhan diplomatik yang manghalangi resolusi politik tidak bisa dijadikan alasan kelumpuhan atas pelayanan terkait isu kemanusiaan.

Medecins Sans Frontieres (MSF) menyerukan para pihak yang terlibat dalam konflik untuk menegosiasikan kesepakatan pada bantuan kemanusiaan, guna memfasilitasi pasokan ke seluruh negeri melalui negara-negara tetangga atau di area perang. Sementara itu, kami juga menyatakan, PBB dan lembaga donor harus menyadari fragmentasi negara dan segera memberikan dukungan kepada LSM-LSM untuk memberikan bantuan di mana mereka dapat.

Rakyat Suriah dihadapkan dengan konflik kekerasan yang parah, berikut ini adalah gambaran situasi kemanusiaan di Suriah. Sistem berfungsi kesehatan yang sebelumnya juga telah runtuh, kekurangan pangan, air dan pasokan listrik terganggu. "Bantuan medis menjadi target serangan, rumah sakit hancur dan tenaga medis ditangkap," jelas Dr. Marie-Pierre Allie, Presiden MSF Perancis.

Menurut PBB, 2,5 juta warga Suriah telah mengungsi di dalam negeri, sedangkan 57% dari rumah sakit telah rusak dan 36% tidak dapat berfungsi sesuai dengan data resmi. Statistik ini tidak termasuk klinik swasta atau rumah sakit darurat yang telah hancur atau rusak.

Lebih dari 5000 warga Suriah terus meninggalkan negara setiap hari, sehingga jumlah pengungsi telah mencapai satu juta orang menurut data UNHCR. Sebagian besar pengungsi telah menetap di negara-negara tetangga, di mana program bantuan tidak mencukupi dan berusaha untuk menampung masuknya para pengungsi.

Sementara kebutuhan penduduk di seluruh Suriah dan pengungsi di negara-negara tetangga yang cukup besar sehingga bantuan yang diberikan sebagian besar tidak mencukupi. Di kawasan yang dikuasai rezim di Suriah, bantuan dikelola oleh Bulan Sabit Merah Arab-Suriah (SARC) dan organisasi lokal lainnya yang diberi wewenang oleh pemerintah untuk mendistribusikan bantuan.

Badan-badan PBB dan organisasi bantuan internasional disahkan oleh pemerintah berkewajiban untuk bekerja dalam kemitraan dengan organisasi lokal dengan batasan tertentu dan terbatas pada daerah geografis tertentu.

Di daerah yang dikuasai oposisi, bantuan internasional sangat terbatas. Mayoritas bantuan kepada warga sipil, berasal dari warga Suriah yang menetap di negara-negara di luar Suriah, negara-negara yang "ramah" dengan oposisi dan jaringan sosial-politik berbasis agama, dan sebagiannya tunduk pada agenda politik dari masing-masing pemangku kepentingan. MSF, belum bisa mendapat akses untuk ke Damaskus karena tidak mendapat izin dari pemerintah.

Menghadapi situasi ini, kapasitas organisasi kemanusiaan yang menyebarkan bantuan ke seluruh Suriah harus ditingkatkan sebagai hal yang sangat mendesak.

"Pihak berwenang Damaskus memegang kunci untuk memecahkan kebuntuan ini dan menghapus semua hambatan untuk bantuan independen di seluruh negeri" terang Christopher Stokes, Direktur Jenderal MSF Belgia, "kita menghimbau kepada pihak yang terlibat dalam konflik tersebut, kami ingin mendapatkan resolusi politik, untuk mencapai setidaknya perjanjian dasar yang menyepakati semua pihak untuk dapat memfasilitasi penyediaan bantuan kemanusiaan melalui cara yang paling efektif dan memungkinkan”.

Contohnya adalah  kesepakatan harus menetapkan standar praktis untuk menyebarkan bantuan sebagai bagian dari operasi kemanusiaan yang dilakukan dari negara-negara tetangga atau di front. MSF juga menyerukan pihak berperang untuk menghormati setiap struktur kesehatan yang didirikan di negara itu.

Sementara itu, tidak ada kesepakatan apapun yang dapat  menghalangi LSM internasional untuk melakukan tindakan di mana saja mereka bisa, terlepas dari otoritas pemerintah mengontrol daerah-daerah tersebut ataupun tidak. PBB harus mendukung operasi lintas-perbatasan kemanusiaan. Selain itu, pasokan bantuan yang disampaikan ke daerah-daerah yang dikendalikan oleh oposisi harus tidak lagi menjadi subyek sanksi oleh pemerintah Suriah. [Widad/HASI/MSF]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X