Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.881 views

MTQ Salah Kaprah

Oleh: Abdurrahman Anton Minardi

(Assoc. Professor at Pasundan University and Advocate at Peradi, Lembaga Advokasi Ummat ANSHORULLAH)

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ditujukan untuk melaksanakan dan mensyiarkan Sunnah membaca Al Qur’an dengan benar dan suara indah.

Firman ALLOH Subhanahu wa Ta’ala:

وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلا

Dan bacalah al-Qur’an itu dengan tartil. (Al-Muzammil: 4)

Lebih jauh Rosulullah Shollallahu Alahi wa Sallam bersabda :

زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ

“Hiasilah al-Quran dengan suara kalian” (HR. Ahmad 18994, Nasai 1024).

Dari Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ

“Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca al-Quran, maka ia bukan dari golongan kami.” (HR. Abu Daud 1469, Ahmad 1512).

Keindahan bacaan Al Qur’an merupakan bagian dari Syari’at Islam dan sekaligus Syiar Islam.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an adalah sangat penting yang merupakan momentum untuk evaluasi dari para Qori dan Pendidikan Al Qur’an Al Karım.

Sejatinya orang yang membaca Al Qur’an bercirikan :
إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا
الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Mereka adalah orang-orang yang mengharapkan Perniagaan yang Tidak Pernah Merugi. Yaitu setiap aktivitas menjadi bernilai Ibadah kepada ALLOH Subhanahu wa Ta’ala, dimana pahalanya terus bertambah banyak secara jumlah maupun berkahnya. Bahkan keuntungannya sampai di akhirat.

Mereka adalah orang-orang yang membaca, mempelajari Al Qur’an dan mengamalkan nya. Jika ada halangan dan rintangan mereka sabar untuk melaluinya.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an dari hari ke hari hanya mengembangkan Qiroah yang tanpa esensi pengalaman, Tilawah yang tanpa Da’wah. Bahkan agak lebih nampak sebagai ajang mempertontonkan segi keindahan bacaannya saja dan Tidak menutup kemungkinan ada kecenderungan ria-nya.

Hal itu terlihat dari rangkaian acara yang terkadang justru bertolakbelakang dengan pengalaman Al Qur’an. Bahkan hiburan yang Tidak Islami seperti baru-baru ini terjadi di suatu daerah tertentu.

Begitu pun dari sisi komitmen pengalaman Al Qur’an dalam berbagai bidang kehidupan, justru sangat dipertanyakan. Justru semakin jauh dari Al Qur’an ?!

Selain curiga kepada pihak-pihak yang dengan sengaja mencemari Al Qur’an tapi juga yang lebih penting adalah kita ummat Islam yang harus muhasabah introspeksi diri.

Mari kita Istighfar dan kembali kepada Fitrah NYA dengan melaksanakan ajarannya.

Al Qur’an sebagai pedoman hidup karena Al Qur’an menjadi Syifa yaitu solusi kehidupan dan Syafa’at di hari Qiyamat.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X