Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.049 views

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

 

Oleh: Tari Ummu Hamzah

Privilege adalah hak istimewa sosial. Privilege sosial merupakan hak istimewa yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang, namun tidak dimiliki oleh pihak lainnya. Wah apakah itu? Yuk Sobat, disimak.

Beberapa bulan yg lalu sempat ramai soal Privilege. Tapi sebenarnya siapa sih yang bisa dapet Privilege? Ok! Sebenarnya orang-orang yg punya hak istimewa adalah orang kaya. Lah hartanya dari mana? Dari kerja keras bapaknya. Lah bapaknya dapet dari mana? Ya dari bapaknya juga alias kakeknya. Kakeknya kok bisa kaya kenapa? Ya diberi hak buat sekolah.

Akhirnya lahirlah generasi-generasi.yang punya hak istimewa. Rumah mentereng beserta asisten rumah tangganya, nggak pusing mikirin biaya ini itu, punya kendaraan, dan ortunya bisa ngajak liburan dan traveling.

Mereka, orang-orang kaya itu mampu menyekolahkan anak-anaknya di lembaga sekolah swasta yang bagus. Bagus apanya? Bagus metodenya dalam membangun karakter serta cara-cara mengelola harta mereka agar tetap bertambah. Jadi mereka tinggal tunjuk mau sekolah dimana. Universitas negeri oke. Swasta pun oke. Akhirnya pendidikan jadi terasa nggak bisa merata ke semua masyarakat.

Kok bisa? Karena uang pangkalnya aja udah mahal. Biaya UKT juga mahal. Belum buku-bukunya. Semua itu jelas hanya bisa dibeli oleh orang-orang menengah ke atas.

Lalu bagaimana dengan generasi yang lahir tanpa Privilege? Sebagian besar generasi Indonesia lahir tanpa adanya hak istimewa seperti orang-orang kaya. Makan susah. Sekolah susah. Berobat susah. Pokoknya apa-apa serba susah!

Lho kok bisa? Padahal sama-sama tinggal di Indonesia. Nah inilah yang biasa kita sebut sebagai kesenjangan sosial. Ketidakadilan perekonomian negara membuat jurang pemisah antara si miskin dan si kaya makin menganga. Lalu terciptalah strata-strata sosial. Yang miskin dapat sisa, yang berduit ya dapet istimewa.

Wah ngga adil donk! Nah itulah Sobat, kapitalis memang nggak adil. Sebab rakyat kecil hanya dianggap strata terbawah yang hanya diberi fasilitas ala kadarnya. Cukup SD negeri, cukup pakai BPJS ajah! Cukup makan seadanya meski minim gizi.

So keliatan kalau sistem di negeri ini sudah gagal untuk mencetak generasi penerus yang unggul. Tahu ngga menurut pendapat Khalifah Abbasiyah ketujuh, al Ma’mun (813) tentang konsep masyarakat ideal. Menurutnya, masyarakat masa depan yang ideal itu bisa diwujudkan melalui ilmu pengetahuan dan rasionalisme. Maka urusan pendidikan pun menjadi faktor utama dalam memajukan peradaban.

Lalu bagaimana peradaban akan maju jika untuk meraih pendidikan di sistem saat ini butuh privilage atau materi? Bagaimana peradaban kita akan maju jika sistem yang nyata-nyata gagal ini tapi masih coba diteruskan?

Memang udah saatnya kita memulai sebuah perubahan. Perubahan yang mendasar dan hakiki dan benar menurut Islam. Nah hal-hal yang bersifat hakiki dan benar itu sumbernya cuma jadi Al-Qur'an dan as-sunah. Kalau itu diterapkan maka kehidupan kita akan berubah menjadi kehidupan yang Islami. Punya pola pikir dan pola sikap islam. Dari sinilah kemudian lahir peradaban agung yang akan bisa mengubah dunia sebagaimana pernah ditorehkan sejarah sebelumnya. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X