Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.206 views

'Monster' Bernama Mental Block, Begini Cara Melawannya!

 

Oleh: Fina Fatimah

Mendengar kata monster, apa yang terlintas dalam benak kita? Sesosok mahluk dengan rupa yang mengerikan dan berperangai jahat? Hiii.. serem tentunya. Bukan, bukan itu. Kata ‘monster’ sendiri di sini kita definisikan sebagai sebuah musuh besar dalam diri yang harus kita lawan sebisa mungkin, karena musuh tak berwujud tersebut bisa jadi penghalang untuk diri kita menjadi lebih baik. Marilah kita sebut monster tersebut dengan istilah ‘Mental Block’.

Tak kenal maka tak tahu. Betul bukan? Untuk itu, maka terlebih dahulu kita harus berkenalan dengan istilah ‘Mental Block’ ini. Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah paham betul apa itu mental block. Bagi yang masih asing dengan istilah ini, dilansir dari hellosehat.com mental block adalah kondisi saat otak melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu, dan kita tidak bisa mengendalikannya. Artinya saat hal ini terjadi, kita tidak dapat berpikir dengan baik seperti biasanya. Singkatnya seperti ‘terblokirnya pikiran dan tubuh dalam meraih tujuan’. Dan tidak hanya pikiran saja loh yang dapat terblokir, bahkan aktivitas yang biasa kita lakukan juga bisa terblokir. Bukan hanya sekadar ‘mager’, lebih dari itu penderitanya kebingungan untuk mengatasi hal ini. Benar-benar mengganggu ya? sudah seperti monster belum?

Biasanya orang yang sedang dalam kondisi mental block akan sering merasakan tertekan, tidak bergairah hidup, dan mudah tersinggung. Atau istilah gaulnya mah lebih mudah ke-trigger. Untuk penyebabnya sendiri, mungkin tiap individu berbeda-beda. Ada yang timbul akibat peristiwa traumatis, pola hidup yang tidak sehat, pengaruh lingkungan, kebiasaan menunda-nunda, dan sebagainya.

Sebagai seorang muslim, tentu saja kita tidak boleh membiarkan kondisi tersebut terus berkembang dalam diri. Hal tersebut dapat menimbun potensi-potensi baik yang Allah berikan kepada kita. Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam Q.S. Al-Imran ayat 110 bahwa kita orang yang beriman adalah umat terbaik yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Jika umat terbaik yang Allah amanahkan dakwah islam memiliki mental block tentunya akan sangat menghambat kemajuan.

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (Q.S. Al-Imran: 139)

Mari kita menelusuri kembali jejak Rasulullah dan para sahabat dahulu. Ayat diatas turun sebagai motivasi kepada kaum muslimin setelah mengalami kekalahan dalam perang Uhud yang menyebabkan kaum muslimin mendapatkan penderitaan dan pukulan yang cukup pahit. Agar kesedihan yang dirasakan kaum muslimin tidak berkepanjangan. Karena kalah dan menang dalam perang adalah hal yang biasa, cukuplah hal itu dijadikan pelajaran. Sebenarnya kaum muslimin memiliki mental yang sangat kuat jika ia benar-benar beriman.

Waduh.. jika saat itu kaum muslimin menjadikan kondisi traumatis tersebut sebagai mental block untuk tidak bangkit dalam keterpurukan, tentunya islam tak akan tersebar seperti sekarang ini. Dakwah akan terhenti dan umat menjadi sangat lemah bahkan hancur. Namun umat islam yang benar-benar beriman akan terus bangkit dari keterpurukannya dan sama sekali tak menyalahkan kondisi karena hal tersebut merupakan sunatullah.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai kaum muslimin zaman now dengan kondisi dan masalah yang berbeda dengan umat islam terdahulu?

Meski jaman semakin canggih, dan kita tidak sedang berada di wilayah peperangan, namun sejatinya peperangan tersebut tetaplah terjadi dan tanpa kita sadari. Yap.. Perang pemikiran. Pemikiran umat islam saat ini sedang gencar diperangi oleh paham-paham asing yang tidak sejalan dengan paham islam itu sendiri. Tak heran mengapa banyak sekali dari kita yang terjangkit penyakit-penyakit mental seperti mental block dan saudara-saudaranya.

Kita disuguhi dengan tontonan-tontonan yang dapat melenakan dan menarik hawa nafsu kita sehingga kita lalai dalam melakukan kegiatan wajib dan produktif. Belum lagi makanan-makanan yang diragukan kehalalan dan ke-thayyib-an nya yang dapat merusak pola hidup kita. Dan banyak lingkungan atau pertemanan yang toxic dan menjerumuskan kepada kebathilan. Sesungguhnya hal tersebut timbul karena sistem sekuler yang tidak menginginkan agama disebut-sebut dalam kehidupan. Sehingga kita tidak memiliki filter yang tepat untuk menyaring berbagai macam informasi yang diterima otak kita.

Nah, tips untuk mengatasi monster ini yang pertama adalah mengidentifikasi jenis monster yang mengganggu kita. Misalnya, kita ketahui monster kita adalah para oppa-oppa berparas rupawan yang tak mampu hilang dari ingatan. Yap.. yang paling pertama adalah mengenali bahwa hal tersebut merupakan monster bagi kita, jika kita tidak menyadari bahwa hal tersebut tidak baik untuk diri kita maka monster tersebut akan terus bersembunyi dalam diri kita atau dalam hati kita. Dan hal tersebut akan lebih susah dilawan dan dicari solusinya karena kita sendiri tidak sadar akan masalahnya.

Untuk mengetahui bahwa hal itu adalah masalah maka perlu kita ambil standar yang benar. Kita ambil standar hukum syara sebagai hukum tertinggi bagi umat islam. Apakah hal tersebut membuat kita semakin mendekat kepada Allah? atau malah melalaikan kita dan membuat potensi baik kita tertimbun? jika jawabannya yang kedua berarti fix kita identifikasi hal tersebut sebagai suatu masalah atau monster dalam diri kita.

Tips yang kedua, kita lawan monster tersebut. Seperti dalam film-film maupun drama tentang monster, tentu tak akan mudah mengalahkannya. Akan butuh banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus kita lakukan untuk memeranginya. Belum lagi, ada kalanya monster yang sudah kita kalahkan muncul kembali. Tentu hal ini memerlukan momentum yang tidaklah singkat.

Hal ini berkaitan dengan teori habits atau kebiasaan. Monster yang sudah lama berada dalam diri kita menjadikannya sebuah kebiasaan buruk yang sulit untuk dihancurkan.Jika kita sulit menghilangkan kebiasaan buruk kita, maka solusinya adalah membentuk kebiasaan baru yang baik dengan pola yang serupa. Misalnya, saat kita kecanduan menonton film yang melalaikan, kita bisa mengubah atau menggantinya dengan pola yang serupa. Seperti mengganti film dengan kajian-kajian islam.

Untuk membentuk kebiasaan baru tersebut diperlukan komitmen yang sungguh-sungguh. Jangan terlalu banyak berpikir, tapi mulailah dengan niat yang tepat. Setelah memulai, langkah selanjutnya adalah mengulang. Terus-menerus dan insyaAllah kita bisa menaklukan monster kita.

Dan tips yang terakhir, hindari segala pemicu yang dapat memunculkan kembali atau membentuk monster baru dalam diri kita. Senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, dan carilah lingkungan yang mendukung terhadap segala potensi baik kita. Wallahu A'lam bi Ash-shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Latest News
Anggota Kongres AS Dari Partai Republik Tunda Bantuan Sebesar 75 Juta USD Untuk Palestina

Anggota Kongres AS Dari Partai Republik Tunda Bantuan Sebesar 75 Juta USD Untuk Palestina

Sabtu, 10 Apr 2021 21:35

AS dan Israel Khawatir Tentang Potensi Kemanangan Hamas Dalam Pemilu Palestina

AS dan Israel Khawatir Tentang Potensi Kemanangan Hamas Dalam Pemilu Palestina

Sabtu, 10 Apr 2021 21:15

Arab Saudi Akan Denda 10.000 Riyal Jemaah Yang Melakukan Umrah Ramadhan Tanpa Izin

Arab Saudi Akan Denda 10.000 Riyal Jemaah Yang Melakukan Umrah Ramadhan Tanpa Izin

Sabtu, 10 Apr 2021 20:42

Kemitraan Sushi Halaliciouz, Resep untuk Raih 20-30 Juta/bulan

Kemitraan Sushi Halaliciouz, Resep untuk Raih 20-30 Juta/bulan

Sabtu, 10 Apr 2021 14:15

Reseller Siomay Mojang, kini Rp. 950rb raih omset puluhan juta

Reseller Siomay Mojang, kini Rp. 950rb raih omset puluhan juta

Sabtu, 10 Apr 2021 14:05

Darwin Akui Kesesatan 'Teori Evolusi' Jelang Akhir Hayatnya

Darwin Akui Kesesatan 'Teori Evolusi' Jelang Akhir Hayatnya

Sabtu, 10 Apr 2021 14:00

Perjuangan Perguruan Tinggi Islam Melanjutkan Misi Hatta-Natsir

Perjuangan Perguruan Tinggi Islam Melanjutkan Misi Hatta-Natsir

Sabtu, 10 Apr 2021 13:55

Ternyata Hadits ''Berpuasalah, Kamu Akan Sehat'' Dhaif

Ternyata Hadits ''Berpuasalah, Kamu Akan Sehat'' Dhaif

Sabtu, 10 Apr 2021 11:53

Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN

Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN

Sabtu, 10 Apr 2021 08:32

Tokoh MUI Serukan Umat Munculkan Natsir-Natsir Baru

Tokoh MUI Serukan Umat Munculkan Natsir-Natsir Baru

Sabtu, 10 Apr 2021 05:05

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Sabtu, 10 Apr 2021 00:28

Hantu itu Bernama Radikalisme

Hantu itu Bernama Radikalisme

Jum'at, 09 Apr 2021 23:47

Mencegah Menjadi Jahiliyah, Carilah Ilmu Yang Benar

Mencegah Menjadi Jahiliyah, Carilah Ilmu Yang Benar

Jum'at, 09 Apr 2021 22:28

Umat Islam Harus Teladani Integritas dan Intelektualitas Mohammad Natsir

Umat Islam Harus Teladani Integritas dan Intelektualitas Mohammad Natsir

Jum'at, 09 Apr 2021 22:02

Jika Doa Semua Agama Dibacakan, Umat Islam Sebaiknya Keluar Ruangan!

Jika Doa Semua Agama Dibacakan, Umat Islam Sebaiknya Keluar Ruangan!

Jum'at, 09 Apr 2021 21:44

Peringati Mosi Integral Natsir, Yudi Latif: M. Natsir Pemimpin Muslim dan Nasionalis yang Kuat

Peringati Mosi Integral Natsir, Yudi Latif: M. Natsir Pemimpin Muslim dan Nasionalis yang Kuat

Jum'at, 09 Apr 2021 20:17

Nol Satu Nol Dua di Pelaminan

Nol Satu Nol Dua di Pelaminan

Jum'at, 09 Apr 2021 20:10

Pasukan Assad Serang Kendaraan Warga Sipil Dengan Rudal, 4 Orang Tewas 2 Anak Terluka

Pasukan Assad Serang Kendaraan Warga Sipil Dengan Rudal, 4 Orang Tewas 2 Anak Terluka

Jum'at, 09 Apr 2021 16:30

Tunisia Tangguhkan Shalat Isya Dan Tarawih Di Masjid

Tunisia Tangguhkan Shalat Isya Dan Tarawih Di Masjid

Jum'at, 09 Apr 2021 15:32

Laporan: Jenderal UEA Tidak Dapat Menjadi Presiden Interpol Karena Sejarah Pelanggaran HAM

Laporan: Jenderal UEA Tidak Dapat Menjadi Presiden Interpol Karena Sejarah Pelanggaran HAM

Jum'at, 09 Apr 2021 14:35


MUI

Must Read!
X