Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.146 views

Kewajiban Menutup Aurat, Bukti Islam Memuliakan Perempuan

 

Oleh:

Nadine Annazmah || Kepala Sekolah PG-TK Khoiru Ummah, Surabaya

 

ISLAM adalah agama yang diturunkan oleh Allah dengan perantara Malaikat Jibril dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Islam adalah agama yang sangat mulia dan di Ridho Allah. Islam mengajak manusia untuk taat Beribadah kepada Allah dan patuh terhadap perintah dan laranganNya.

Allah menciptakan manusia tidak hanya menciptakan begitu saja tetapi memberikan aturan atau syariat sebagai pedoman hidup. Yang pastinya akan memberikan manfaat kapada manusia. Salah satu syariat Nya yang wajib di patuhi yaitu menutup aurat. 

Allah memberikan seperangkat aturan kepada perempuan untuk menutup aurat tidak lain agar mereka mudah dikenali dan terhindar dari hal-hal yang tidak baik atau mencelakai dirinya, sebagaimana yang Allah jelaskan di dalam Al-Qur'an yaitu Surah Al-Ahzab 59: "Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [al-Ahzâb/33:59] 

Dengan menutup aurat hati seorang terjaga dari kejelekan Allâh Azza wa Jalla berfrman: 

"Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka." [al-Ahzâb/33:53].

Adapun batasan menutup aurat bagi perempuan sesuai jumhur ulama yaitu meliputi seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tanhan, Dalilnya adalah firman Allah SWT: 

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” [QS. an-Nuur: 31].

Dari beberpaa ayat di atas sudah sangat gamblang bagaimana islam memuliakan perempuan, agar mereka menjaga pandangannya dan agar mereka tidak diganggu dari segala apa yang dapat menodai kehormatannya, dan merendahkan martabatnya dan mengatur cara berpakaian yang menutupi seluruh tubuh agar terlindungi dari fitnah.

Lalu bgaimana dengan permasalahan aturan penggunaan jilbab bagi siswa non muslim SMKN 2 Padang yang masih ramai diperbincangkan, benarkah ada pemaksaan pemakaian di SMKN 2 Padang tersebut ?

Dalam hal ini mantan wali kota padang (2004-2014) Fauzi Bahar berpendapat bahwa aturan tersebut tidak salah Karena dapat melindungi generasi mudah di Sumatera Barat. Aturan itu pun dibuat sudah sejak dirinya menjabat Walikota padang tahun 2005 lalu( (Ihram.co.id).

Dan kepala sekolah SMKN 2 Padang angkat bicara bahwasanya secara keseluruhan di SMKN 2 Padang, ada 46 siswi non muslim semuanya mengenakan kerudung seperti teman-temannya yang muslim. Senin s/d kamis anak-anak tetap menggunakan kerudung walaupun non muslim. Itu semua atas keinginan mereka sendiri. Jelas Kusnadi (detiknews.com 23-01-2021).  

Sungguh miris, berbagai kasus yang bermunculan di negeri ini tak kunjung usai, sentimen "Islamphobia" pun masih gencar disuarakan oleh kaum liberal untuk melakukan serangan terhadap Islam. Sehingga mereka takut dengan Islam dan bahkan tidak mengakuai keIslamannya.

Nauzubillahimindzalik.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X