Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.643 views

Tempe Supreme VS Oreo Supreme, Ada Apa dengan Keduanya?

 

Oleh: Betty JN, S.Pd

Tempe Supreme sepertinya ingin mengikuti jejak sukses Oreo Supreme. Sukses membuat orang penasaran dan membelinya dengan harga fantastis. Boleh dibilang tidak realistis, tapi nyatanya ada saja pembelinya.

Nggak aneh sih kalau kita lihat sejarah dari brand Supreme itu sendiri. Brand fashion streetwear asal negeri paman Sam ini didirikan pada tahun 1994 oleh James Jebbia.

Selain menjual fashion item seperti t-shirt, jaket, sepatu, celana dalam, dan kaus kaki, Supreme juga pernah menjual barang-barang yang cukup aneh. Beberapa di antaranya adalah palu, linggis bahkan batu bata yang dibanderol seharga 30 dollar AS perbijinya. Iya batu bata yang sama terbuat dari tanah merah yang dipadatkan itu, yang biasa hanya seharga Rp. 800,00 atau Rp. 1000,00. Hanya bedanya batu bata ini dipasangi logo kotak merah khas "Supreme" dengan huruf Futura Heavy Oblique.

Jebbia terinspirasi membuat logo Supreme dari seni propaganda Barbara Kruger, yang seorang seniman konseptual dan kolagis Amerika yang sebagian besar karyanya terdiri dari foto hitam-putih, dilapisi dengan keterangan deklaratif. (Wikipedia)

Supreme juga sering berkolaborasi dengan brand ternama seperti Nike, Clarks, dan Vans untuk sepatu. Juga, Commes des Garcons untuk jaket dan A.P.C. untuk celana jeans. Brand Supreme juga semakin populer karena didukung publikasi berbagai media fashion terkemuka. Seperti Majalah GQ Style, yang menobatkan Supreme sebagai “streetwear brand paling keren di dunia kini.”

Pun juga dengan Oreo Supreme. Produk ini hasil kolaborasi dari Supreme dan Oreo. Dan ternyata Oreo Supreme tidaklah dijual resmi di Indonesia. Namun diproduksi khusus dari Oreo untuk Supreme dan dipasarkan di Amerika Serikat. Produk ini ditujukan sebagai koleksi Supreme pada musim semi atau musim panas edisi Maret 2020. Produk ini diminati oleh kaum hypebeast penggemar brand streetwear Supreme.

Dilansir Newsweek, Kamis (26/3/2020), pada 26 Maret 2020 Oreo Supreme dirilis di toko online Supreme. Menurut Instagram Supreme, kue itu seharga 3 dollar AS per bungkus atau Rp 44.899 yang isinya terdiri atas 3 buah. Namun, Oreo Supreme di eBay dijual dalam bentuk paket dengan harga ribuan dollar AS.

Forbes melaporkan bahwa satu paket yang terdaftar di eBay mendapat tawaran hingga 96.100 dollar AS atau Rp 1,4 miliar. Karena pandemi corona, Supreme menutup toko ritelnya di AS, Inggris, dan Perancis. Sementara itu di sejumlah toko online di Indonesia Oreo Supreme dijual seharga Rp 500.000. (Kompas.com)

Yang mencengangkan, setiap produk yang dikeluarkan oleh Supreme selalu laku keras. Meski Jebbia menyebutkan “Tidak ada trik khusus, semuanya adalah soal produk yang baik,” tapi nyata dia telah menciptakan Brand Image Eksklusif dengan Strategi Kelangkaan. Di sinilah kuncinya. Produk Supreme sulit diperoleh, secara tak langsung kesan eksklusif juga muncul pada brand tersebut. Logo klasik yang berbentuk kotak berwarna merah bertuliskan nama “Supreme” seolah menjadi penanda bahwa pemakainya memiliki ‘aset’ yang bernilai fantastis. Apalagi produknya sering dipakai oleh selebriti papan atas dunia.

Tapi tidak dengan Tempe Supreme tentunya.

Tempe Supreme sebenarnya hasil kreasi dari Khoirul Anam. Laki-laki 29 tahun asal Magelang, Jawa Tengah. Ia mengaku mengukir sendiri label Supreme selama 1,5 jam. Dan bukan hal yang mudah, mengingat bahan tempe mudah pecah. Ia membuatnya karena tak mampu membeli Oreo Supreme yang lagi viral itu, akunya.

Hanya saja foto unggahannya tentang Tempe Supreme dimanfaatkan oleh beberapa orang yang menjualnya di toko online. Meski diakui sampai saat ini belum ada yang membeli. Menawar pun tidak. Ya iyalah. Tak tanggung-tanggung, untuk satu tempe seberat 500 gram bertuliskan Supreme dibanderol senilai Rp 499 ribu atau hampir Rp 500 ribu. Jadi Tempe Supreme tak ada kaitannya dengan brand kenamaan itu ya.

Lantas bagaimana seharusnya seorang muslim menyikapi fenomena Oreo Supreme?

Muslim ketika akan melakukan sesuatu pasti dimulai dari berpikir. Pertama, apakah yang dilakukannya akan mendapatkan keridhoan Allah SWT, atau tidak. Dalam hal ini, apakah membeli Oreo Supreme merupakan kebutuhan atau keinginan semata? Mengapa ini penting, sebab akan memengaruhi pemenuhan kebutuhan hidupnya yang lain.

Ketika seseorang menganggap membeli sesuatu adalah kebutuhan, berarti ia menganggapnya sesuatu yang urgen. Harus dibeli. Harus dipenuhi. Apapun resikonya. Tak peduli itu akan mengorbankan hal lain. Tapi jika dianggap hanya keinginan, maka dorongan membeli akan mudah diredam.

Masalahnya kapitalisme hari ini memandang sama antara kebutuhan dan keinginan. Keduanya harus dipenuhi, dan urgen. Sehingga manusia merasa selalu kurang jika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

Beda dengan Islam yang jelas mengatur tentang kebutuhan. Defisini kebutuhan adalah segala sesuatu yang menjadi hak dasar yang harus dipenuhi, seperti sandang, pangan dan papan.

Kalau ada yang mengkategorikan Oreo Supreme sebagai pangan, pertanyaannya apakah jika tidak mengonsumsinya akan mengantarkan kepada mudarat, sakit bahkan kematian? Jadi pangan disini adalah makanan pokok ya.

Lantas apakah seorang muslim tak boleh membeli Oreo Supreme, meski kebutuhan pokoknya sudah terpenuhi, bahkan punya uang berlebih? Ya boleh. Pastikan dulu bahan kandungan makanan tersebut halal, dan mendapatkannya dari cara yang halal pula.

Kedua, fenomena Oreo Supreme ini ibarat sebuah trap atau jebakan. Ia menjebak manusia untuk bersikap konsumtif demi sebuah label prestise dan gaul.

Sekali lagi apakah tidak boleh muslim membelinya? Di tengah pandemi seperti saat ini, ada saudara kita yang untuk mendapatkan sesuap nasi hari ini saja sulit, alangkah bijak jika kita menahan diri untuk sekedar memenuhi keinginan. Syukurlah jika uangnya digunakan untuk membantu mereka yang memerlukan. Kalaupun sudah dan dananya masih ada untuk membeli Oreo Supreme, carilah lagi orang-orang yang memerlukan uang tersebut. Pasti masih ada, banyak malah. Jadi, masih mau membeli yang supreme? Pikir lagi deh! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Latest News
Gantz Klaim Israel Dapat Cabut Pengepungan Gaza Jika Mayat Tentara Mereka Dikembalikan Oleh Hamas

Gantz Klaim Israel Dapat Cabut Pengepungan Gaza Jika Mayat Tentara Mereka Dikembalikan Oleh Hamas

Rabu, 12 Aug 2020 13:21

Peran ‘Aisyiyah Cegah Cyberbullying Lewat Keluarga Sakinah

Peran ‘Aisyiyah Cegah Cyberbullying Lewat Keluarga Sakinah

Rabu, 12 Aug 2020 12:59

Inilah Manfaat Sertifikat Halal Bagi Produk UMKM

Inilah Manfaat Sertifikat Halal Bagi Produk UMKM

Rabu, 12 Aug 2020 09:00

Muslimah Menyikapi Tiktok

Muslimah Menyikapi Tiktok

Rabu, 12 Aug 2020 08:56

Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning, Pertaruhkan Kesehatan Guru dan Peserta Didik

Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning, Pertaruhkan Kesehatan Guru dan Peserta Didik

Rabu, 12 Aug 2020 08:21

Soal RUU Cipta Kerja, Legislator: Musuh Utama Investasi adalah Korupsi

Soal RUU Cipta Kerja, Legislator: Musuh Utama Investasi adalah Korupsi

Rabu, 12 Aug 2020 07:56

Pengamat: Kritikan Fahri dan Fadli Layak Dapat Bintang Tanda Kehormatan

Pengamat: Kritikan Fahri dan Fadli Layak Dapat Bintang Tanda Kehormatan

Rabu, 12 Aug 2020 07:35

Trump Dibawa Pergi Sebentar dari Konferensi Pers Setelah Insiden Penembakan di Luar Gedung Putih

Trump Dibawa Pergi Sebentar dari Konferensi Pers Setelah Insiden Penembakan di Luar Gedung Putih

Selasa, 11 Aug 2020 21:45

Pentingnya Bersinergi Mengurai Polemik Sekolah Daring

Pentingnya Bersinergi Mengurai Polemik Sekolah Daring

Selasa, 11 Aug 2020 21:43

Lima Langkah Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Kekerasan Seksual

Lima Langkah Menyelamatkan Generasi Bangsa dari Kekerasan Seksual

Selasa, 11 Aug 2020 21:19

Baku Tembak Di Penjara Mogadishu Tewaskan 2 Penjaga dan 6 Tahanan Al-Shabaab

Baku Tembak Di Penjara Mogadishu Tewaskan 2 Penjaga dan 6 Tahanan Al-Shabaab

Selasa, 11 Aug 2020 21:15

TNI dan Proyek Corona

TNI dan Proyek Corona

Selasa, 11 Aug 2020 21:06

Satu-satunya Penyeberangan Antara Gaza Dan Mesir Dibuka Setelah Berbulan-bulan Ditutup

Satu-satunya Penyeberangan Antara Gaza Dan Mesir Dibuka Setelah Berbulan-bulan Ditutup

Selasa, 11 Aug 2020 21:05

Masihkah Kita Layak Menyebut Pertumbuhan Ekonomi?

Masihkah Kita Layak Menyebut Pertumbuhan Ekonomi?

Selasa, 11 Aug 2020 21:00

Dewan Dakwah Jabar Bersama Ormas Islam Laporkan Penista Agama

Dewan Dakwah Jabar Bersama Ormas Islam Laporkan Penista Agama

Selasa, 11 Aug 2020 20:54

PBB: Facebook Belum Membagikan 'Bukti' Kejahatan Myanmar

PBB: Facebook Belum Membagikan 'Bukti' Kejahatan Myanmar

Selasa, 11 Aug 2020 20:53

Sekjen PBB Antonio Gutteres Serukan Penyelidikan Independen Untuk Ledakan Beirut

Sekjen PBB Antonio Gutteres Serukan Penyelidikan Independen Untuk Ledakan Beirut

Selasa, 11 Aug 2020 19:45

Ikuti Gratis, Webinar Cara Mudah Raih Sertifikat Halal Bagi UMKM

Ikuti Gratis, Webinar Cara Mudah Raih Sertifikat Halal Bagi UMKM

Selasa, 11 Aug 2020 14:10

Mengapa Butuh Waktu 11 Tahun Tangkap Djoko Tjandra?

Mengapa Butuh Waktu 11 Tahun Tangkap Djoko Tjandra?

Selasa, 11 Aug 2020 10:14

Menakar Arah Pendidikan Kita

Menakar Arah Pendidikan Kita

Selasa, 11 Aug 2020 09:46


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X