Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.077 views

Inilah 4 Tips Menjaga Spirit Ibadah Pasca Ramadhan

 

Oleh: Siti Masliha, S.Pd 

Bulan Ramadhan telah berlalu, kini kita memasuki bulan Syawal. Setelah 30 hari lamanya kita berpuasa menahan lapar, dahaga dan juga menahan nafsu amarah, saatnya kita beridul fitri. Pada hari ini manusia seperti bayi yang baru terlahir.

Ramadhan bulan yang penuh ampunan dan penuh maghfirah. Ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Selama satu bulan lamanya kita menempa diri kita dengan berbagai amalan ibadah baik wajib maupun sunnah. Harapannya kita keluar dari bulan Ramadhan menjadi hamba yang bertaqwa. Esensi taqwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjahui segala larangan Allah.

Kini Ramadhan telah berlalu. Kita menunggu kedatangannya di tahun yang akan datang. Sebelas bulan mendatang kita jalani dengan membawa bekal ketaqwaan hasil tempaan dari Ramadhan. Harapannya spirit ibadah tetap kita pertahankan. Kita tetap Istiqomah menjalankan ibadah sebagai bukti ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Berikut spirit ibadah yang harus kita pertahankan pasca Ramadhan:

Pertama, sholat sunnah. Pada bulan Ramadhan ada amalan sunnah yang kita kerjakan, yaitu sholat tarawih, witir, tahajud dan lain sebagainya. Allah mengganjar pahala sholat sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan pahalanya seperti sholat wajib. Harapannya setelah Ramadhan kita tetap mengerjakan sholat sunnah. Karena pada hakikatnya sholat sunnah adalah sholat yang sangat dirindukan oleh Allah. 

Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW: “Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari Kiamat adalah shalatnya.” Rasulullah SAW bersabda lagi, “Allah berfirman kepada para Malaikat-Nya, sedangkan Ia lebih mengetahui, ‘Lihatlah shalat hamba-Ku, sudahkah ia melaksanakannya dengan sempurna ataukah terdapat kekurangan?’ Bila ibadahnya telah sempurna maka ditulis untuknya pahala yang sempurna pula. Namun bila ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman, ‘Lihatlah apakah hambaku memiliki shalat sunnah?’ Bila ia memiliki shalat sunnah, maka Allah berfirman, ‘Sempurnakanlah untuk hamba-Ku dari kekurangannya itu dengan shalat sunnahnya.’

Hadits ini menjelaskan salah satu hikmah tentang disyar’atkannya shalat sunnah. Amatlah rugi manusia jika meninggalkan sholat sunnah.

Di hadits lain Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah selain shalat fardhu dalam sehari dua belas raka’at, maka Allah pasti akan membangunkan untuknya sebuah rumah di Surga”. (HR. Imam Ahmad)

Kedua, tilawah Al quran. Selain sholat sunnah amalah sunnah yang harus kita jaga pasca Ramadhan adalah tilawah Al quran. Al quran adalah kitab yang diturunkan Allah untuk ummat manusia. Membacanya adalah ibadah dan isinya sebagai tuntunan bagi umamat manusia. Amatlah rugi jika kita tidak melakukan tilawah Al quran karena pahalanya luar biasa. Banyak hadits yang menjelaskan terkait keutamaan membaca Al quran. Hal ini sebagaiman Dalam hadis HR. Muslim, diriwayatkan oleh Aisyah ra., Rasulullah bersabda, “Seorang yang lancar membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur'an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.”

Dalam hadits lain, dari Sayyidina Ibnu Mas’ud Ra, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah SWT, maka baginya satu hasanah (kebaikan). Satu hasanah itu, pahalanya sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi dan Darami)

Selain membacanya adalah berpahala, isinya sebagai tuntunan, juga tidak ada keraguan di dalamnya. Hal ini sebagaimana firman Allah surat Al Baqarah ayat 2: “Kita (al quran) ini tidak ada keraguan didalamnya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa”

Ketiga, shadaqah. Shadaqah atau sedekah menurut KBBI berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Pengertian secara umum shadaqah atau sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai bukti kebenaran iman seseorang. Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Shadaqah adalah aktivitas yang sangat dicintai oleh Allah dan RasulNya. Selain itu Shadaqah akan diganjar oleh Allah dengan pahala yang sangat besar. Hal ini sebagimana tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Keempat, dakwah memperjuangkan Islam. Di tengah kungkungan sistem kufur saat ini kita sebagai kaum muslimin mempunyai kewajiban untuk berdakwah memperjuangkan tegaknya Islam di muka bumi. Dakwah adalah mengajak manusia kepada yang ma'ruf dan mencegah manusia dari yang munkar. Dakwah adalah aktivitas para nabi dan Rasul. Hakikatnya ketika ketika kita berdakwah kita mengikuti aktivitas nabi dan Rasul. Nabi dan Rasul dibenci oleh keluarga dan ummatnya karena aktivitas dakwah. Mereka diangap menyalahi apa yang selama ini dipercaya oleh keluarga dan ummatnya.

Saat ini Nabi dan Rasul sudah tidak ada lagi. Tugas mengemban dakwah Islam dibebankan kepada kita setiap kaum muslimin. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al quran surat ali imran ayat 104. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.

Kungkungan sistem kufur saat ini membuat manusia menjadi jahiliyah. Padahal Allah SWT telah menurunkan al quran kepada mereka sebagai pedoman hidup untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun mereka memilih hukum kufur untuk diterapkan dimuka bumi ini. Tugas kita sebagai kaum muslimin adalah mendakwahi mereka untuk kembali ke jalan Allah dan menerapkan aturan Islam di muka bumi. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Itulah spirit ibadah yang harus kita jaga selama 11 bulan yang akan datang. Amatlah rugi bagi kita sebagai seorang hamba yang menyia-nyiakan amalan sunnah di atas. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk Allah yang tugasnya adalah beribadah kepada Allah SWT.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Latest News
PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

Ahad, 12 Jul 2020 20:45

Erdogan: Kebangkitan Hagia Shopia Membuka Jalan Untuk 'Pembebasan Masjid Al-Aqsa'

Erdogan: Kebangkitan Hagia Shopia Membuka Jalan Untuk 'Pembebasan Masjid Al-Aqsa'

Ahad, 12 Jul 2020 20:25

Pejabat Bertekad Jaga Pancasila dari Rongrongan Komunis

Pejabat Bertekad Jaga Pancasila dari Rongrongan Komunis

Ahad, 12 Jul 2020 20:22

 Hagia Sophia dan Masa Depan Dunia Islam

Hagia Sophia dan Masa Depan Dunia Islam

Ahad, 12 Jul 2020 07:18

Tes Swab Dikomersilkan, Jangan Taruhkan Nyawa Rakyat

Tes Swab Dikomersilkan, Jangan Taruhkan Nyawa Rakyat

Ahad, 12 Jul 2020 06:51

MUI: RUU HIP Berpotensi Berikan Jalan Bangkitnya PKI

MUI: RUU HIP Berpotensi Berikan Jalan Bangkitnya PKI

Ahad, 12 Jul 2020 06:16

Bangkit dan Bertahan di Tengah New Normal yang Tidak Normal

Bangkit dan Bertahan di Tengah New Normal yang Tidak Normal

Ahad, 12 Jul 2020 05:56

Sekum PP Muhammadiyah Ungkap Tiga Hikmah Idhul Adha Masa Pandemi

Sekum PP Muhammadiyah Ungkap Tiga Hikmah Idhul Adha Masa Pandemi

Ahad, 12 Jul 2020 05:35

Anis Matta: Putin Berani Ubah Konstitusi Rusia untuk Atasi Krisis Global

Anis Matta: Putin Berani Ubah Konstitusi Rusia untuk Atasi Krisis Global

Ahad, 12 Jul 2020 02:27

[VIDEO] KH Nonop Hanafi: Tolak RUU HIP, Tolak RUU PIP

[VIDEO] KH Nonop Hanafi: Tolak RUU HIP, Tolak RUU PIP

Ahad, 12 Jul 2020 01:04

 Netty Aher: Gratiskan Rapid Test untuk Masyarakat Tidak Mampu

Netty Aher: Gratiskan Rapid Test untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sabtu, 11 Jul 2020 23:56

Mahasiswa Geruduk DPR,  Ah yang Bener?

Mahasiswa Geruduk DPR, Ah yang Bener?

Sabtu, 11 Jul 2020 22:50

Kuwait Desak Warganya Tidak Bepergian ke Luar Negeri Saat Ini Karena Pandemi Virus Corona

Kuwait Desak Warganya Tidak Bepergian ke Luar Negeri Saat Ini Karena Pandemi Virus Corona

Sabtu, 11 Jul 2020 21:35

MUI Keluarkan Fatwa Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi

MUI Keluarkan Fatwa Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi

Sabtu, 11 Jul 2020 21:28

Laporan: Serangan Drone Misterius Tewaskan 2 Pemimpin Jihadis Senior Ansar Al-Tawhid di Idlib

Laporan: Serangan Drone Misterius Tewaskan 2 Pemimpin Jihadis Senior Ansar Al-Tawhid di Idlib

Sabtu, 11 Jul 2020 21:05

RUU Denominasi Masuk Prolegnas, Anis Minta Pemerintah Dahulukan Program Prioritas Lain

RUU Denominasi Masuk Prolegnas, Anis Minta Pemerintah Dahulukan Program Prioritas Lain

Sabtu, 11 Jul 2020 20:46

Jubir Presiden Turki Bantah Tuduhan Negaranya Mengukuti Kebijakan 'Ikhwan Atau Neo-Ottoman'

Jubir Presiden Turki Bantah Tuduhan Negaranya Mengukuti Kebijakan 'Ikhwan Atau Neo-Ottoman'

Sabtu, 11 Jul 2020 20:45

Lebih 1.500 Rumah yang Hancur dalam Serangan Israel di Gaza 2014 Belum Dibangun Kembali Sejak Itu

Lebih 1.500 Rumah yang Hancur dalam Serangan Israel di Gaza 2014 Belum Dibangun Kembali Sejak Itu

Sabtu, 11 Jul 2020 20:20

Perluas Gerakan Penolakan Aneksasi Tepi Barat, Adara Gandeng AIPI, ISOIC dan FISIP UMJ

Perluas Gerakan Penolakan Aneksasi Tepi Barat, Adara Gandeng AIPI, ISOIC dan FISIP UMJ

Sabtu, 11 Jul 2020 20:18

Ketuk langit Allah dengan 'JUMAT BERKAH EXPRESS BERBAGI'

Ketuk langit Allah dengan 'JUMAT BERKAH EXPRESS BERBAGI'

Sabtu, 11 Jul 2020 09:20


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X