Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.747 views

Syahru Ramadan, Momentum Kebangkitan Umat Islam

Oleh: Wardah Abeedah*

 

Ramadan. Kata ini disebutkan satu kali di dalam Alquran. Dalam firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).

Ketika menyebutkan frasa “bulan Ramadhan” dalam Alquran, Allah tak menggandengkannya dengan puasa ataupun dengan perjuangan melawan hawa nafsu. Rabb kita menggandengkan frasa Syahru Ramadan dengan informasi bahwa bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran. Dalam tafsir Ibnu Katsir, awal ayat 185 al Baqarah menunjukkan bahwa Allah mengagungkan bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya disebabkan Alquran diturunkan pada bulan tersebut. Bahkan kitab-kitab nabi sebelumnya turun di Bulan Ramadan.

Terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad menyebutkan Alquran turun pada malam ke 24 Ramadhan. Disebutkan bahwa Alquran turun sekaligus dari Lauh Mahfudz ke Baitul Izzah di langit bumi pada malam lailatul qadar (Surat Al Qadr 1). Setelah itu, Alquran diturunkan bagian demi bagian kepada Rasulullah sesuai dengan peristiwa yang terjadi. Demikian diriwayatkan dari Ibnu Abbas, melalui beberapa jalur.

Dari ayat di atas, para ulama berpendapat bahwa sejatinya kita meningkatkan interaksi kita dengan Alquran di bulan Ramadan. Selama ini masyarakat kita menigkatkan bacaan Alquran di bulan mulia ini. Masjid-masjid senantiasa ramai dengan tadarus bersama. Kegiatan tahfidz atau menghafal Alquran juga semarak. Namun Alquran memiliki hak-hak lainnya selain dibaca dan dihafal. Ada hak lain yang sifatnya wajib, yakni memahami Alquran, mengamalkan (menerapkan hukumnya), dan menyampaikan isi Alquran.

Isi Alquran berjumlah 30 juz, 144 ayat dan 6236 ayat. Di dalamnya memuat kisah-kisah kaum terdahulu sebegai pelajaran bagi umat Muhammad Saw, terdapat ayat-ayat terkait aqidah atau keimanan, juga syariah (aturan hisup) sempurna yang tak hanya menjelakan perihal ibadah ritual, namun juga urusan berkeluarga, jual beli, peradilan, hingga kenegaraan. Kesemua itu menjadi petunjuk bagi umat manusia pada keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Petunjuk ini menjadi pedoman hidup dan solusi bagi semua problem manusia sejak turunnya Alquran hingga hari kiamat. Alquran adalah pedoman dan solusi terbaik yang turun dari zat yang maha baik dan selalu relevan kapanpun dan kepada siapapun ia diterapkan.

Bulan Ramadhan adalah awal kebangkitan peradaban manusia di dunia. Karena sejak Alquran turun, hal ini menjadi awal perubahan besar tatanan hidup tanah dan bangsa Arab yang kemudian meluas merubah sejarah peradaban manusia di muka bumi. Sebelum Alquran datang, bangsa Arab adalah bangsa jahiliyah yang posisinya jauh berada di bawah imperium Romawi dan Persia, dua kekuatan adidaya yang telah beridiri ribuan tahun lamanya. Mereka bukanlah bangsa yang diperhitungkan dan berpengaruh besar dalam skala dunia. Landasan aturan sosialnya adalah fanatisme rasial dan marga, pezinahan merajalela, ada berbagai praktik pernikahan jahiliyah seperti poliandri dan poligami tanpa batas. Mereka membunuh anak-anak perempuan mereka, mewariskan kaum wanita mereka, terbiasa dengan kecurangan dalam berdagang, dan lainnya.

Kemudian ketika Alquran turun kepada manusia yang Allah pilih menjadi utusanNya, Muhammad Saw, firman-firman Allah tersebut berhasil merubah bangsa Arab dan menyebarkan kebangkitan itu kepada seluruh bangsa di dunia. Menghapus nasionalisme Arab dan berhasil menyatukan berbagai suku, ras, dan bangsa di dunia dalam satu ikatan aqidah Islam. Kemudian menghantarkan mereka mengalahkan Persia dan Romawi, menjadi adidaya di muka bumi.

Begitulah turunnya Alquran yang menjadi awal kemunculan agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Hingga setelah wahyu turun sempurna dan wafatnya Rasul terakhir, Alquran terus diterapkan oleh individu muslim, masyarakat dan negara Islam yang dipimpin Khulafur Rasyidin hingga kekhilafahan Utsmani. Negara dan masyarakat yang berhukum dengan Alquran ini mengalami kesejahteraan yang merata hingga tak ada satupun rakyat yang mau menerima zakat di masa Umar bin Abdul Aziz. Terwujud kemanan dan keadilan hinga Umar bin Khattab, Qadli (hakim) di masa pemerintahan Abu Bakar mengundurkan diri setelah satu tahun menjabat karena tak ditemukan satupun kasus kriminalitas ataupun perselisihan yang ditanganinya. Terdepan dalam sains dan teknologi di msa kekhilafahan Bani Abbasiyah.

Kaum muslimin saat itu juga memberikan hak Alquran dengan menyebarkannya ke seluruh dunia. Hingga mereka menguasai dua pertiga dunia yang membentang dari Afrika hingga ke Spanyol. Karenanya pula, hingga saat ini kita di bumi nusantara bisa merasakan manisnya hidup dalam keimanan. Islam dengan Alqurannya mampu membawa umat manusia pada kegemilangan peradaban selama 1300 tahun lamanya. Benarlah firman Allah yang mengabarkan bahwa keimanan terhadap Allah termasuk kepada kalamNya (Alquran) akan menjadikan Allah mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya sebagaimana surat al Baqarah 257.

Sebaliknya, jika kita kemudian berpaling dari Alquran, Allah akan membiarkzn kita hidup dalam kegelapan dan kesempitan.

Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatanku sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit dan Kami akan menghimpunnya pada harikiamat dalam keadaan buta.”

Sebagian ahli tafsir memaknai frasa “dzikri” yang ada dalam ayat ini dengan Alquran, sebagiamana firman Allah dalam Al- Anbiya’ 50.

“Dan Al-Qur’an itu adalah suatu kitab peringatan yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan.” 

Saat ini kehidupan kaum muslimin sedang diliputi kegelapan. Problem multidimensi mulai kemiskinan, penjajahan dan pembantaian, degradasi ahlak, dll sedang kita alami akibat kita hanya menjadikan Alquran sebagai bacaan tanpa menerapkannya dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

Karena Alquran yang turun di bulan Ramadan inilah, bangsa Arab menjadi bangkit, umat manusia serta dunia keluar dari kegelapan menuju cahaya. Maka, mari jadikan momentum Ramadan kali ini untuk memberikan hak-hak Alquran dengan sempurna, untuk bangkit dari kegelapan menuju cahaya. Allahu a’lam bis shawab. (rf/voa-islam.com)

*Penulis adalah anggota Forum Silaturahmi Ustadzah dan Muballighah.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Latest News
Dugaan Perkosaan oleh Pejabat Perlindungan Anak, Fahira: Biadab, Harus Divonis Seumur Hidup

Dugaan Perkosaan oleh Pejabat Perlindungan Anak, Fahira: Biadab, Harus Divonis Seumur Hidup

Rabu, 08 Jul 2020 16:28

Tolak RUU Pengganti dan Bubarkan BPIP!

Tolak RUU Pengganti dan Bubarkan BPIP!

Rabu, 08 Jul 2020 15:49

[VIDEO] Tony Rosyid Ungkap Indikator RUU HIP Ditunggangi Komunis

[VIDEO] Tony Rosyid Ungkap Indikator RUU HIP Ditunggangi Komunis

Rabu, 08 Jul 2020 14:41

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Rabu, 08 Jul 2020 10:21

Anis Byarwati Pesankan Independensi BI Harus Ditegaskan Secara Eksplisit

Anis Byarwati Pesankan Independensi BI Harus Ditegaskan Secara Eksplisit

Rabu, 08 Jul 2020 08:37

Kampanye LGBT Bikin Geger, Boikot Unilever?

Kampanye LGBT Bikin Geger, Boikot Unilever?

Rabu, 08 Jul 2020 07:41

[VIDEO] Pancasila Ingin Diperas, UFS: Maling Juga Gotong Royong

[VIDEO] Pancasila Ingin Diperas, UFS: Maling Juga Gotong Royong

Rabu, 08 Jul 2020 07:32

Kurva Bisa Melandai Jika Indonesia Penuhi Target Tes Usap

Kurva Bisa Melandai Jika Indonesia Penuhi Target Tes Usap

Rabu, 08 Jul 2020 06:35

Sekolah Terbaik di Jakarta Timur Diserbu Calon Siswa Baru

Sekolah Terbaik di Jakarta Timur Diserbu Calon Siswa Baru

Rabu, 08 Jul 2020 06:29

Pada 21 Juli 2020, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Dzulhijjah

Pada 21 Juli 2020, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Dzulhijjah

Rabu, 08 Jul 2020 06:00

Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Selasa, 07 Jul 2020 22:08

Skandal Politik Pilpers

Skandal Politik Pilpers

Selasa, 07 Jul 2020 22:00

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

Selasa, 07 Jul 2020 21:26

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Selasa, 07 Jul 2020 20:50

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

Selasa, 07 Jul 2020 20:35

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

Selasa, 07 Jul 2020 20:33

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di  PII

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di PII

Selasa, 07 Jul 2020 19:15

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

Selasa, 07 Jul 2020 18:19

Kentut Tidak Bersuara dan Tidak Bau, Shalat Batal?

Kentut Tidak Bersuara dan Tidak Bau, Shalat Batal?

Selasa, 07 Jul 2020 15:00

Turki Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Baru ke Libya Setelah Serangan di Pangkalan Al-Watiya

Turki Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Baru ke Libya Setelah Serangan di Pangkalan Al-Watiya

Selasa, 07 Jul 2020 14:15


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X