Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.116 views

Amalmu Bukti Aqidahmu

 
Oleh: Muji S.pd (Pendidik. Anggota Pengajian Aonitat Magetan)
 
Ketidakpahaman kaum muslimin terhadap jatidirinya sebagai seorang muslim, membuat sebagian besar kaum muslim dalam menjalani kehidupan mereka dengan gambaran kehidupan yang tidak jelas dan tidak terarah.
 
Contohnya saja ketika perayaan Natal,  banyak kaum muslimin yang mengucapkan selamat hari natal kepada kaum nasrani. Bahkan ada juga umat islam yang ikut merayakan hari natal. Di samping itu ada umat islam yang malah membantu untuk menyiapkan dan memperlancar jalannya natal.
 
Contoh lain yang sering kita lihat yaitu ketika perayaan tahun baru masehi, banyak umat islam yang mempersiapkan berbagai cara bahkan rela untuk mengorbankan harta, jati diri, maupun agama untuk menyambut dan merayakan pergantian tahun baru masehi yang notabene bukan berasal dari islam.
 
Bukankah Rasulullah saw telah bersabda "sungguh kalian akan mengikuti jalan - jalan orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang - orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit swkalipun) pasti kalianpun akan mengikutinya " kami (para sahabat) berkata, "wahai Rasulullah,apakah yang diikuti itu adalah yahudi dan nasrani ? Beliau menjawab,  "Lantas siapa lagi? " (HR. muslim no.2679). 
 
Selain itu dari Ibnu Umar, Nabi d halal allahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka " (HR. Ahmad 2:50 dan Abu Daud no. 4031)
 
Amal/perbuatan seseorang sejatinya menunjukkan pemahaman seseorang terhadap suatu perkara. Ketika seseorang memiliki pemahaman yang berbeda terhadap suatu perkara yang sama, maka berbeda pula seseorang dalam menyikapinya dan dan mengambil tindakan, inilah yang menunjukkan aqidah seseorang. 
 
Aqidah, dalam bahasa arab berasal dari lafadz 'aqada ya'qidu 'aqidatan. yang berarti ma'qudah (sesuatu yang diikat), sesuatu yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan terima oleh akal pikiran.
 
Sedangkan aqidah dalam konteks islam didefinisikan sebagai pemikiran yang menyeluruh mengenai manusia, kehidupan, serta hubungan diantara semaunya dengan apa yang ada sebelum kehidupan (Pencipta) dan setelah kehidupkan (hari kiamat ), serta mengenai hubungan semuanya dengan apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan  (syariat dan hisab), yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan diterima oleh akal, sehingga menjadi pembenaran  (keyakinan) yang bulat, sesuai dengan realitas  (yang diimani) dan bersumber dari dalil (penj.  diskursus islam politik dan spiritual hal 114).
 
1) Seseorang yang beraqidah sekuler yaitu memisahkan agama dari kehidupan, pada hakekatnya mereka mengakuai akan adanya agama. Ia meyakini bahwa dunia, alam semesta, dan kehidupan ini ada yang menciptakan. pencipta itu ada. Allah itu ada. Ia pun yakin adanya akirat.
 
Namun ia berkeyakinan bahwa sang pencipta hanya bertugas menciptakan saja. Tidak berhak mengatur. urusan dunia menurut mereka harus diatur sendiri oleh manusia. Allah dalam keyakinannya, tidak menurunkan aturan apapun untuk mengatur seluruh bidang kehidupan manusia. Allah hanya menurunkan aturan dan tatacara ibadah ritual yang mengatur manusia denganNya.
 
Mereka berkeyakinan bahwa agama harus dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan negara. agama hanya mengurusi masalah ritual dan etika semata. Sehingga mereka bebas berbuat sekehendaknya. 
 
2. Seseorang yang beraqidah sosialis berarti mereka tidak meyakini adanya Sang Pencipta  (al khaliq), tidak meyakini adanya akhirat,  tidak meyakini adanya pembalasan. Ia meyakini bahwa hidup hanya sekali, di dunia ini. Ia pun merah bebas hidup di dunia dalam menentukan apa saja yang akan ia lakukan. Yang penting ia suka dan mau. pemikiran yang ada di akal dan hatinya inilah yang memimpinnya untuk bersikap dan berbuat. mereka berkeyakinan bahwa yang ada hanyalah yang bersifat materi saja. 
 
3. Sedangkan seseorang yang beraqidah islam berkeyakinan bahwa yang ada di alam ini di ciptakan oleh Allah swt. (Q.S. Thaha  20:14 dan Al Baqarah 2 :22). Allah menurunkan aturan, perintah dan larangan yang termaktub di dalam wahyu yang diturunkanNya sebagai aturan kehidupan.
 
Allah sajalah yang berhak menentukan hukum dan aturan bagi manusia (Q.s. Al Baqarah 2:2, al Qadr 97:1 an Nah 16:103 yang dibawa oleh Rasulullah  (Q.s.  Al Fath 48:28, 29;  Ash Shaf 61:9). Semua yang ada di dalam Al Quran harus diikuti  (Q.s.  Al Hasyr 59:7). Pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dihisab seluruh perbuatannya yang dilakukan di dunia ini (Q.s.  Al Mukmin 23:16 ; ar Ra'du 13:40).
 
Manusia di masukkan oleh Allah SWT ke surga dan ada juga yang ke neraka (Q.s.  Al Baqarah 2:25 ; ad Dukhan 44: 51-55 ; al Waqiah 55: 41-43). tugas manusia hanyalah untuk beribadah dalam arti luas (Q.s.  adz Dzariyat 51:56). Yang oleh Muhammad Quthub dalam bukunya mafahim yanbaghi an tushohah dimaknai sebagai taat kepada Allah, tunduk dan patuh kepadaNya serta terikat dengan aturan- aturan islam dalam segala aspek kehidupan. Maka orang yang berpegang kepada aqidah islam akan senantiasa terikat dengan aturan - aturan islam. 
 
Dengan demikian jelaslah bahwa seseorang yang sejatinya muslim tetapi tidak mau terikat dengan aturan Allah, bebas berbuat semaunya sendiri, meskipun dia muslim jelaslah aqidah mereka bukan islam. 
 
Seorang muslim hendaknya memiliki kepribadian  (syakhsiyah) islam. Kepribadian islam terbentuk dari pola pikir (aqliyah) islam dan pola sikap (nafsiyah) Islam.
 
Pola pikir islami adalah pola pikir yang senantiasa disandarkan pada syariat islam. sedangkan pola sikap Islami adalah sikap seseorang yang ketika hendak melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan nalurinya  senantiasa disandarkan pada islam  (syariat ialam). Dan inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim. [syahid/voa-islam.com]
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Latest News
Anggota Kongres AS Dari Partai Republik Tunda Bantuan Sebesar 75 Juta USD Untuk Palestina

Anggota Kongres AS Dari Partai Republik Tunda Bantuan Sebesar 75 Juta USD Untuk Palestina

Sabtu, 10 Apr 2021 21:35

AS dan Israel Khawatir Tentang Potensi Kemanangan Hamas Dalam Pemilu Palestina

AS dan Israel Khawatir Tentang Potensi Kemanangan Hamas Dalam Pemilu Palestina

Sabtu, 10 Apr 2021 21:15

Arab Saudi Akan Denda 10.000 Riyal Jemaah Yang Melakukan Umrah Ramadhan Tanpa Izin

Arab Saudi Akan Denda 10.000 Riyal Jemaah Yang Melakukan Umrah Ramadhan Tanpa Izin

Sabtu, 10 Apr 2021 20:42

Kemitraan Sushi Halaliciouz, Resep untuk Raih 20-30 Juta/bulan

Kemitraan Sushi Halaliciouz, Resep untuk Raih 20-30 Juta/bulan

Sabtu, 10 Apr 2021 14:15

Reseller Siomay Mojang, kini Rp. 950rb raih omset puluhan juta

Reseller Siomay Mojang, kini Rp. 950rb raih omset puluhan juta

Sabtu, 10 Apr 2021 14:05

Darwin Akui Kesesatan 'Teori Evolusi' Jelang Akhir Hayatnya

Darwin Akui Kesesatan 'Teori Evolusi' Jelang Akhir Hayatnya

Sabtu, 10 Apr 2021 14:00

Perjuangan Perguruan Tinggi Islam Melanjutkan Misi Hatta-Natsir

Perjuangan Perguruan Tinggi Islam Melanjutkan Misi Hatta-Natsir

Sabtu, 10 Apr 2021 13:55

Ternyata Hadits ''Berpuasalah, Kamu Akan Sehat'' Dhaif

Ternyata Hadits ''Berpuasalah, Kamu Akan Sehat'' Dhaif

Sabtu, 10 Apr 2021 11:53

Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN

Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN

Sabtu, 10 Apr 2021 08:32

Tokoh MUI Serukan Umat Munculkan Natsir-Natsir Baru

Tokoh MUI Serukan Umat Munculkan Natsir-Natsir Baru

Sabtu, 10 Apr 2021 05:05

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Sabtu, 10 Apr 2021 00:28

Hantu itu Bernama Radikalisme

Hantu itu Bernama Radikalisme

Jum'at, 09 Apr 2021 23:47

Mencegah Menjadi Jahiliyah, Carilah Ilmu Yang Benar

Mencegah Menjadi Jahiliyah, Carilah Ilmu Yang Benar

Jum'at, 09 Apr 2021 22:28

Umat Islam Harus Teladani Integritas dan Intelektualitas Mohammad Natsir

Umat Islam Harus Teladani Integritas dan Intelektualitas Mohammad Natsir

Jum'at, 09 Apr 2021 22:02

Jika Doa Semua Agama Dibacakan, Umat Islam Sebaiknya Keluar Ruangan!

Jika Doa Semua Agama Dibacakan, Umat Islam Sebaiknya Keluar Ruangan!

Jum'at, 09 Apr 2021 21:44

Peringati Mosi Integral Natsir, Yudi Latif: M. Natsir Pemimpin Muslim dan Nasionalis yang Kuat

Peringati Mosi Integral Natsir, Yudi Latif: M. Natsir Pemimpin Muslim dan Nasionalis yang Kuat

Jum'at, 09 Apr 2021 20:17

Nol Satu Nol Dua di Pelaminan

Nol Satu Nol Dua di Pelaminan

Jum'at, 09 Apr 2021 20:10

Pasukan Assad Serang Kendaraan Warga Sipil Dengan Rudal, 4 Orang Tewas 2 Anak Terluka

Pasukan Assad Serang Kendaraan Warga Sipil Dengan Rudal, 4 Orang Tewas 2 Anak Terluka

Jum'at, 09 Apr 2021 16:30

Tunisia Tangguhkan Shalat Isya Dan Tarawih Di Masjid

Tunisia Tangguhkan Shalat Isya Dan Tarawih Di Masjid

Jum'at, 09 Apr 2021 15:32

Laporan: Jenderal UEA Tidak Dapat Menjadi Presiden Interpol Karena Sejarah Pelanggaran HAM

Laporan: Jenderal UEA Tidak Dapat Menjadi Presiden Interpol Karena Sejarah Pelanggaran HAM

Jum'at, 09 Apr 2021 14:35


MUI

Must Read!
X

Jum'at, 09/04/2021 23:47

Hantu itu Bernama Radikalisme