Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.874 views

Mengikat Makna Hari Hijab Dunia

 

Oleh:

R. Raraswati*

 

HARI Hijab Dunia (World Hijab Day) adalah acara tahunan yang dipelopori oleh Nazma Khan pada 2013 (Wikipedia.org). Momen ini diadakan pada tanggal 1 Februari setiap tahun di 140 negara di seluruh dunia. Tujuan awal hari hijab dunia adalah untuk mendorong wanita dari semua latar belakang untuk mengenakan hijab.

Saat itu, wanita berhijab sering kali menjadi korban diskriminasi bahkan menjadi sasaran kebencian. Masih banyak orang, terutama non-muslim yang salah paham mengenai  hijab. Untuk itu, Hari Hijab Sedunia ingin memberi pemahaman dan pengalaman bahwa menggunakan hijab bukanlah sebuah tekanan kepada wanita.

Salah satu kampanye dalam Hari Hijab Sedunia yang dilakukan pada 1 Februari 2019 lalu, mengajak wanita dari berbagai agama dan etnik untuk mencoba menggunakan hijab. Para partisipanpun diajak untuk ikut mengunggah foto dan video mereka menggunakan kerudung dengan tanda pagar #FreeInHijab. (m.detik.com, 1/2/2019)

Para hijabers juga bisa mendukung untuk menyuarakan pendapat mereka mengenai pengalamannya berhijab untuk melawan persepsi yang salah.

Namun, hari hijab sedunia ini ternyata belum begitu terlihat di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim. Terlebih setelah adanya  pendapat bahwa hijab itu tidak wajib bagi muslimah. Sebagaimana yang dilansir okezone.com "Apakah semua orang Islam itu harus memakai jilbab? Tidak juga. Kalau kita mengartikan ayat dalam Alquran itu secara benar," kata Sinta, istri almarhum Gus Dur yang berusaha mengartikan ayat-ayat Al Quran secara kontekstual. (okezone.com, 16/1/2020).

Bukan hanya itu,  kampanye No Hijab Day yang dipelopori oleh Yasmine Mohammad di Iran pada Februari 2018 menuai pro kontra dikalangan masyarakat. Aksi ini bertujuan untuk melawan aturan-aturan yang memaksa perempuan untuk mengenakan hijab. Aksi ini diduga sebagai aksi kontra World Hijab Day yang diperingati pada 1 Februari. Bahkan, aksi tersebut dijadikan agenda kampanye global untuk ramai-ramai melepas hijab.

Adalah Hijrah Indonesia yang menjadi pelopor kampanye No Hijab Day di Indonesia. Dikutip dari laman fanpage Hijrah Indonesia, dalam penjelasan acara, Hijrah Indonesia menulis,

“Hijrah Indonesia mengajak Anda para perempuan Indonesia baik Muslim maupun bukan Muslim untuk meramaikan #NoHijabDay dengan menayangkan foto-foto Anda berbusana dengan nuansa Indonesia dengan memperlihatkan kepala Anda tanpa memakai hijab/jilbab/ niqab/cadar/ kerudung dan semacamnya di akun media sosial Anda, baik Instagram, Facebook, maupun Twitter dan blog Anda dengan hashtag #NoHijabDay dan #FreeFromHijab pada 1 Februari 2020”. Ajakan untuk melepas hijab disebut sebagai upaya kontra hijabisasi dan niqabisasi yang marak satu dekade terakhir.

Adanya peringatan hari hijab sedunia (world hijab day) semestinya dapat mengingatkan kembali kewajiban berhijab yang dalam hal ini diartikan menutup aurat bagi wanita muslim (muslimah). Dimana aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali yang biasa tampak yaitu wajah dan telapak tangan. Sebagaimana Firman Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an Surat An-Nur [24] ayat 31:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya......”

Perlu juga dipahami bahwa tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama mu’tabar tentang kewajiban memakai jilbab dan khimar bagi Muslimah yang sudah baligh. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala dalam Surat Al-Ahzab [33] ayat 59,

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam hal ini, jilbab itu seperti sirdab (terowongan) atau sinmar (lorong), yaitu baju atau pakaian longgar bagi perempuan selain baju kurung atau kain apa saja yang menutup pakaian kesehariannya seperti halnya baju kurung. Ada juga yang mengatakan, “Jilbab adalah kain panjang dan longgar (milhafah) yang sering disebut mula’ah (baju kurung/gamis).”

Dari kedua ayat tersebut jelas bahwa jilbab dan khimar (kerudung) adalah pakaian syar'i muslimah. Memberikan pemahaman kepada umat juga harus dilakukan sebagai bentuk amar makruf nahi munkar. Dengan pemahaman yang benar, peringatan hari hijab sedunia atau apapun dapat memberikan makna yang mengikat. Artinya, bukan sekedar diperingati dan diramaikan dihari tersebut. Tapi memberikan dampak positif bagi umat.

Dengan mengikat makna hari hijab sedunia, para muslimah tidak akan goyah dengan berbagai macam goncangan. Umat dapat menepis pendapat yang salah tentang hijab.  Umat juga tidak akan tergoda untuk mengikuti sayembara, kontes, lomba atau apapun yang tidak sesuai syariah meskipun dengan iming-iming hadiah yang besar. Bahkan umat akan gencar menolak kegiatan tersebut.

Karena sejatinya hanya dengan menutup aurat secara syar’i yaitu memakai jilbab dan khimar, seorang Muslimah terjaga dan mulia. Maka, tidak ada kata lain selain Tolak No Hijab Day. Kita harus khawatir bila sebagian dari mereka yang mengaku Muslimah, namun mengajak Muslimah lainnya untuk mengabaikan perintah berhijab dengan menginisiasi gerakan melepas hijab. Khawatirlah jika yang seperti ini Allah golongkan sebagai bagian dari kaum munafik (Lihat QS An-Nur 48-50).

Semoga dengan adanya hari hijab sedunia, umat semakin tercerahkan. Umat semakin paham dengan perintah Allah, sehingga dapat mengenakan hijab tanpa paksaan, tapi karena kesadaran dan ketaatan kepada Sang Pencipta Allah SWT. Wallahu a’lam bish-shawabi. *Penulis adalah Freelance Author dan Muslimah Peduli Generasi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

IDC menerima zakat fitrah Rp 40.000 hingga 51.000 per-jiwa, disalurkan kepada Mustahiq dengan prioritas Muallaf dan Fakir Miskin dari kalangan yatim, aktivis Islam, dan dhuafa terdampak pandemi...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

Latest News
Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Selasa, 07 Jul 2020 22:08

Skandal Politik Pilpers

Skandal Politik Pilpers

Selasa, 07 Jul 2020 22:00

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

Selasa, 07 Jul 2020 21:26

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Selasa, 07 Jul 2020 20:50

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

Selasa, 07 Jul 2020 20:35

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

Selasa, 07 Jul 2020 20:33

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di  PII

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di PII

Selasa, 07 Jul 2020 19:15

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

Selasa, 07 Jul 2020 18:19

Kentut Tidak Bersuara dan Tidak Bau, Shalat Batal?

Kentut Tidak Bersuara dan Tidak Bau, Shalat Batal?

Selasa, 07 Jul 2020 15:00

Turki Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Baru ke Libya Setelah Serangan di Pangkalan Al-Watiya

Turki Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Baru ke Libya Setelah Serangan di Pangkalan Al-Watiya

Selasa, 07 Jul 2020 14:15

Pembantu MBS Saud Al-Qahatani Ancam Putra Khashoggi 6 Bulan Sebelum Pembunuhan Ayahnya

Pembantu MBS Saud Al-Qahatani Ancam Putra Khashoggi 6 Bulan Sebelum Pembunuhan Ayahnya

Selasa, 07 Jul 2020 13:00

Saudi Umumkan Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19 Selama Haji 2020

Saudi Umumkan Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19 Selama Haji 2020

Selasa, 07 Jul 2020 12:30

Fenomena Partai Semangka Pascapenolakan RUU HIP di Negeri +62

Fenomena Partai Semangka Pascapenolakan RUU HIP di Negeri +62

Selasa, 07 Jul 2020 11:48

Mengapa Anies Keluarkan Pergub Baru Reklamasi?

Mengapa Anies Keluarkan Pergub Baru Reklamasi?

Selasa, 07 Jul 2020 01:59

Pasar Modal Indonesia Diambang Kiamat

Pasar Modal Indonesia Diambang Kiamat

Senin, 06 Jul 2020 23:56

Apa yang Dibaca Saat Sujud Sahwi? Ini Jawaban Syaikh Bin Bazz

Apa yang Dibaca Saat Sujud Sahwi? Ini Jawaban Syaikh Bin Bazz

Senin, 06 Jul 2020 23:01

Yang Bermasalah Itu Kalian, Bukan Pancasila

Yang Bermasalah Itu Kalian, Bukan Pancasila

Senin, 06 Jul 2020 22:51

Somalia Tolak Tawaran 'Konyol' UEA untuk Berperang di Yaman

Somalia Tolak Tawaran 'Konyol' UEA untuk Berperang di Yaman

Senin, 06 Jul 2020 22:45

Laporan: Otoritas Saudi Minta Pembayaran 15 Miliar USD dari Mantan Putra Mahkota Bin Nayef

Laporan: Otoritas Saudi Minta Pembayaran 15 Miliar USD dari Mantan Putra Mahkota Bin Nayef

Senin, 06 Jul 2020 22:25

Turki Bersumpah Balas Serangan di Pangkalan Al-Watiya Libya yang Merusak Sistem Pertahanan Mereka

Turki Bersumpah Balas Serangan di Pangkalan Al-Watiya Libya yang Merusak Sistem Pertahanan Mereka

Senin, 06 Jul 2020 22:02


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Selasa, 07/07/2020 20:33

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?