Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.051 views

PPIJ Gelar FGD Penguatan Manajemen Zakat di Era Digital

JAKARTA (voa-islam.com) - Dalam rangka penguatan Lembaga Amil Zakat, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema Manajemen Zakat dan Pemberdayaan Umat di Era Digital.

Kadiv Sosial Budaya dan Ekonomi Syariah DR. Edi Sukardi mengatakan bahwa pelaksanaan FGD ini dalam rangka menggali ilmu dari lembaga-lembaga pengumpul zakat yang sudah berpengalan.

"Terus terang saja LAZ kami baru akan dikembangkan lebih luas, karena selama ini kami memang baru menghimpun dari dalam saja,  sementara kaum dhuafa cukup banyak di lingkungan PPIJ," terangnya di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023).

Kiai Edi menjelaskan bahwa hasil pengumpulan zakat yang selama ini dihimpun dan dikelola PPIJ telah dimanfaatkan seluas-luasnya selain penyantunan yatim dan dhuafa yang rutin dilakukan.

"Ada pembinaan untuk daur ulang barang-barang bekas, kemudian diadakan pelatihan membuat roti, dan baru saja kami lakukan pelatihan merias yang kami harapkan bisa menjadi bekal buat mereka," terangnya.

Kiai Edi berharap dalam kegiatan FGD Manajemen Zakat dan Pemberdayaan Umat di Era Digital ini, LAZ PPIJ dapat lebih berdaya guna untuk kepentingan dakwah dan pemberdayaan kaum dhuafa.

"Sehingga mereka tidak melulu menjadi mustahik, mereka kedepan harus bisa menjadi muzakki," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Kepala Pusat PPIJ DR. KH Didi Supandi mengatakan bahwa yang menjadi landasan FGD pada hari ini adalah bertukar pandangan dan pengalaman yang tujuannya untuk kebaikan keumatan.

"Mudah-mudah perserta aktif FGD ini dapat memberikan masukan dan pengalaman-pengalamanya sehingga lebih menguatkan keberadaan ziswaf Islamic Centre," ujarnya.

"Bagaimana kita mau menguatkan umat kalau lembaganya tidak lebih power full, maka penguatan kelembagaan menjadi suatu keharusan," tukasnya.

Hadir dalam Focus Group Discussion Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta diantaranya, H. Faisal Qosim, MA (Direktur Pengumpulan Zakat Baznas RI), H. Muhammad Sobirin (Direktur Program Rumah Zakat Indonesia), DR. KH Didi Supandi, MA (Wakil Kepala Pusat PPIJ), Ustadz Herlan Intanpura (Kadiv Takmir PPIJ), Ustadz M. Zein. M.Si (Kadiv Informasi dan Penyiaran PPIJ), Ustadz Sukri Kardjono (Kadiv Umum).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X