Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.116 views

Seluruh Korban Jemaah Haji Indonesia Dimakamkan di Sharaya

MAKKAH (voa-islam.com) - Berdasarkan informasi yang  dihimpun oleh voa-islam.com, tujuh orang jemaah haji Indonesia yang meninggal dalam tragedi jatuhnya cranedi Masjidil Haram  akan segera dimakamkan di Pemakaman Sharaya yang berada di kota Makkah, Jumat (11/9/2015).

Pengurusan jenazah tidak dilakukan pemerintah Indonesia, melainkan pihak Muassasah Asia Tenggara atau semacam institusi yang menyediakan seluruh akomodasi jemaah haji melalui maktab atau tim operasionalnya di lapangan. “Bukan kami yang melakukan pemakaman,” ucap Kepala daerah Kerja Makkah PPIH Arab Saudi, Minggu (13/7/2015).

Dikatakannya, bila sudah ada pemberitahuan dari Kantor Misi Haji Indonesia, pihak maktab akan mengambil jenazah untuk segera dimakamkan. Biasanya sebelum dimakamkan, pihak keluarga akan diberi waktu untuk melihat jenazah dengan mekanisme tertentu. Pihak keluarga khususnya yang ikut menjadi jemaah haji pada tahun ini bisa mengajukan melalui ketua kloternya.

Untuk itu, bila ada keluarga korban yang ingin melihat jenazah keluarganya bisa secepatnya menghubungi ketua Kloter supaya bisa diajukan secepatnya dari PPIH Arab Saudi kepada Muassasah. “Akan diberi waktu sedandainya ada (keluarga) yang mau melihat dan bertemu jenazah sebelum dimakamkan," ujarnya.

Siapapun jemaah yang meninggal di tanah suci selalu dimakamkan di Arab Saudi. Tempat pemakaman sudah disediakan untuk jemaah yag meninggal. Bila meninggal di Madinah akan dimakamkan di Baqi, sementara yang meninggal di Makkah akan dimakamkan di Sharaya.

"Selama ini kalau ada yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi, sedangkan bila meninggal di Makkah akan dimakamkan di Sharaya," ungkapnya.

Jemaah haji Indonesia yang menjadi korban jiwa akibat peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram ada tujuh orang. Masing-masing atas nama Iti Rasti Darimini, Masnauli Suuadil Hasibuan, Painem Dalio Badullah, Saparini Baharuddin Abdullah, Nurhayati Rasad Usman, Ferry Mauludin Arifin, dan Adang Joppy Lili.  

Di bagian lain, jemaah haji  Indonesia yang menderita luka-luka dalam peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram berangsur-angsur membaik. Raja Salman bin Abdul Aziz mengunjungi para korban yang dirawat di rumah sakit di Makkah. Setelah sebelumnya 10 orang jamaah bisa kembali ke pemondokan, kini ada delapan orang lagi jemaah asal Indonesia yang sudah bisa bergabung dengan rombongannya beristirahat di pemondokan, Minggu (13/9/2015).

Dengan demikian, masih ada sebanyak 23 jemaah haji asal Indonesia yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit Arab Saudi termasuk Balai pengobatan Haji Indonesia (BPHI). Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat menjelaskan, selain delapan orang yang bisa kembali ke pemondokan, satu orang jemaah asal Indonesia yang baru masuk menjalani perawatan di Rumah Sakit King Faisal Syisyah.

"Dengan demikian yang masih dalam perawatan sampai pukul 14.00 WAS (Waktu Arab Saudi) Minggu, ada sekitar 23 orang. Selain itu ada satu baru masuk menjalani perawatan atas nama Subandi Ahmad Sarbini dari UPG 16," jelas Arsyad.

Delapan jemaah yang menjadi korban jatuhnya crane di Masjidi Haram yang sudah kembali ke pemondokan diantaranya Sofiah Taizir Nasution, Kursia Nanting Lembong, Djumali Jamari Setro Wijoyo, Hasan Mansur Ahmad, Fatmawati Abdul Jalil, Abdul jalil Conci Leta, Rosdiana Mudu Toheng, dan Erni Sampe Dosen.

Sebelumnya, 10 jamaah asal Indonesia sudah dikembalikan ke pemondokan diantaranya Nuruddin Baasith Sujiyono, Suji Syarbaini Irono, Teti Herawati Mad Saleh, Apip Sahrono Rohman, Emmiwaty Janahar Saleh, Nur Baik Nasution, Ali Sabri Selamun, dan Endang Kaswinarni Poerwarton, Eniwaty Muhammad Syarif, dan Dewi Laila Mufida.

Dijelaskan Arsyad, jemaah haji  Indonesia yang masih dirawat terkait tragedi 11 September 2015 di Masjidil Haram tersebut, tersebar di lima rumah sakit Arab Saudi. Diantaranya enam jamaah dirawat di rumah sakit Al Zaheer, tujuh jemaah di rumah sakit Al Noor, tujuh jemaah di rumah sakit King Faisal Syisyah, tiga jemaah dirawat di rumah sakit King Abdullah, dan dan satu jamaah dirawat di rumah sakit tentara Arab Saudi, Askari.

Jamaah yang menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi tidak dipungut biaya apapun. Tim kesehatan dari Daerah Kerja Mekkah terus memantau dan mengawasi perkembangan para jemaah yang masih di rawat di rumah sakit Arab Saudi. Dua orang tenaga musiman akan saling bergantian berjaga di rumah sakit. Sehingga bila pasien membutuhkan apa-apa, para tenaga musiman tersebut bisa memfasilitasinya dengan pihak rumah sakit karena mereka fasih berbahasa arab.

"Merekalah yang akan memberi bantuan kepada jamaah bila ada perawat atau tim medis yang membutuhkan komunikasi dengan pasien," katanya. 

Musibah yang datang di saat menunaikan ibadah haji ini adalah bagian dari ujian para jamaah haji yang sekarang sedang menunaikan ibadah. Apapun bentuknya, itu adalah bagian dari takdir yang tidak dapat ditolak oleh manusia. Karena sesungguhnya, musibah bisa datang kapanpun. (sasa/dbs/voa-islam.com)

Editor: RF

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X