Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.776 views

Panduan Pengobatan Islam

NABI bersabda yang artinya “Segala penyakit pasti ada obatnya. Bila obatnya sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan izin Allah”. Hadist ini mengisyaratkan bahwa islam mengajurkan umatnya untuk berobat dan rasul juga menunjukan prinsip dasar dalam pengobatan yaitu pasien harus didiagnosa dahulu, lalu diberi obat yang sesuai dengan penyakitnya. Sebab, pengobatan medis sama dengan bentuk tawakal dan ikhtiar kepada Allah.

Pengobatan islami didasari kepada Al-Qur’an dan hadist. Terdapat 6 karakteristik dasar mengenai pengobatan islami yaitu, sesuai dengan ajaran dan adab Islam, sesuai dengan logika dalam mempraktikan pengobatan, pendekatan holistic (memberi perhatian yang seimbang kepada tubuh, pikiran, dan jiwa), pendekatan universal (menggunakan semua sarana untuk kemaslahatan orang banyak), pendekatan ilmiah (kesimpulan logis yang diambil dari pengamatan menyeluruh) dan kesempurnaan (menyempurnakan apa yang tidak dicapai oleh pengobatan lain)

Ide-ide karakteristik diatas disampaikan dalam konferensi internasional pertama tentang pengobatan islami yang diadakan dikuwait pada Januari 1981. Berdasarkan ide-ide ini sebuah program diluncurkan untuk mengobati penyakit yang “tidak bisa disembuhkan”. Program tersebut dimulai pada tahun 1986, yang dilaksanakan secara serentak di Panama City, Florida dan Dubai. Penyakit-penyakit yang ditanggani dalam program ini seperti, kanker tingkat lanjut ( kanker metastase), prenyakit degenerative kronis pada tulang dan sendi, penyakit-penyakir pada jantung dan sistem peredaran darah, penyakit sistem saraf pusat, penyakit hati (hepatitis akrif, kronis dan tirosis kronis awal), penyakit sistem pernafasan (penyakit paru obstruktif kronik), penyakit autoimun (arthritis, lupus erythematosus,skileroderma), asma bronchitis dan alergi, penurunan perkembangan intelektual dan fisik, abnormalitas genetic.

Program tersebut merupakan multimodality immunotherapy program (MIP) yaitu metode pengobatan alternative, gizi, dan injeksi pembuluh darah. Ternyata penyakit kronis memiliki hubungan dengan emosi negative, biasanya pasien yang memiliki penyakit kronis pasti memiliki emosi negative yang lebih tinggi.

Hasil dari penelitian bahwa mendengarkan Al-Qur’an memiliki pengaruh dalam menurunkan stress dan merangsang sistem imun yang berkontribusi dalam proses penyembuhan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa Al-Qur’an secara spesifik memiliki efek yang besar dalam membantu pasien menghilangkan emosi negatif dan menghadapi pengaruh negatif terhadap sistem imun yang selalu ada dalam kasus penyakit kronis.Hal yang sama juga terdapat di madu, didalamnya terdapat obat untuk manusia. Hasil riset men unjukan bahwa madu dapat merangsang sistem, termasuk efek-efek penyembuhan lainnya. Sama juga dengan habbatusaudah, didalamnya terdapat obat untuk segala penyakit kecuali kematian.

Dalam pernyataan tersebut ada dua poin misterius yang tidak pernah didiskusikan, yaitu efek penyembuhan untuk semua penyakit, apakah cocok untuk segala macam penyakit yang memiliki sifat dan pengaruh yang beda dan alasan kematian diikutkan karena semua manusia pasti mati, meskipun dia tidak mengkonsumsi habbatusaudah atau ada arti lain?

Misteri pertama terpecahkan pada penelitian yang dilaksanakan pada tahun 1986 dan 1987 tentang efek rangsangan dari habbatusaudah terhadap sistem imun. Habbatusaudah memiliki peran dalam penyembuhan semua penyakit selama masa operasi dan mengurangi masalah-masalah pasca operasi. Dan misteri kedua dipecahkan dengan catatan selama masih ada beberapa fungsi kehidupan dalam jaringan atau bagian tubuh yang terserang maka masih ada kesempatan untuk sembuh namun jika jaringan atau bagian tubuh telah mati dan kehilangan fungsi kehidupan secara total maka tidak ada kesempatan untuk memberikan pengobatan.

Terdapat beberapa fitur dasar dari efek terapi multimodal berdasarkan ajaran Islam yaitu, praktik islami seperti shalat, puasa, kebiasaan sehari-hari, pengondisian emosional dan beberapa elemen yang memiliki pengaruh penyembuan seperti, Al-Qur’an, madu, habbatusaudah, dll. Semuanya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap penyakit kronis, karna efek penyembuhaknnya nyata dan tidak sekedar menahan gejala saja.

Fitur kedua adalah efek penyembuhan restorative terjadi tanpa memedulikan sifat penyakitnya, misalnya jika jumlah sel kurang dari seharusnya maka pengobatan akan meningkatkan jumlah sel yang terserang dan sebaliknya. Maka pengobatan berfungsi mengembalikan ketingkat normal. Karakteristik ini biasanya terdapat pada herbal dan semua obat alami, obat kimiawi selalu bekerja pada satu arah dan meningkatkan jumlah sesuai dengan peningkatan doaia, bahkan bisa melebihi tingkatan alami yang dikehendaki. Dalam menanggani penyakit kronis yang kebal dari pengobatan, fisik seseorang tidak dapat dipisahkan dari emosional dan spiritualnya.

Sel imun dapat membaca pikiran seseorang, merekam fokus kemudian meresponnya dalam gelombang elektromagnetik dan denyutan melalui otak, pikiran dan perasaan. Seseorang dapat mengendalikan fungsi dari sel imun dengan mengendalikan pikiran dan emosinya. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh perasaan yang berpengaruh kepada keseimbangan tubuh.

Gangguan emosi dan mental dapat meracuni hati dan pikiran, sama seperti bahayanya racun  dalam tubuh, satu aspek dari kehidupan adalah jiwa dalam tubuh, satu aspek dari fenomena ini adalah energy listrik. Selama da perubahan energy dalam tubuh, orang itu masih hidup. Tubuh layaknya seperti mesin elektrik yang dikelilingi medan energi elektromagnetik, medan cahayanya yang tidak dapat terlihat disebu aura. Medan cahaya dapat dilihat dengan alat elektrofotografi atau fotorgrafi kirlian. Makanan dan emosional dapat memberikan efek pada aura seseorang baik aura postif maupun aura negatif, aura seseorang dapat dipengaruhi oleh orang lain, baik melalui kontak fisik atau kedekatan fisik.*

Wafa Raihany

Mahasiswi STEI SEBI

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Latest News
RUU Ketahanan Keluarga, Harapan Perbaikan dan Upaya Tambal Sulam

RUU Ketahanan Keluarga, Harapan Perbaikan dan Upaya Tambal Sulam

Jum'at, 28 Feb 2020 19:48

Komunitas Muslim India di Medan Serukan Demonstrasi Bela Kehormatan Agama

Komunitas Muslim India di Medan Serukan Demonstrasi Bela Kehormatan Agama

Jum'at, 28 Feb 2020 19:16

Chairul Tanjung Tularkan Semangat Interpreneurship kepada Peserta KUII VII

Chairul Tanjung Tularkan Semangat Interpreneurship kepada Peserta KUII VII

Jum'at, 28 Feb 2020 18:40

Omnibus Law: RUU Cilaka, Nasib Buruh Celaka?

Omnibus Law: RUU Cilaka, Nasib Buruh Celaka?

Jum'at, 28 Feb 2020 17:55

Ustaz Fadlan: Jangan Pecah Belah Umat dengan Stigma Sinis dan Tendesius kepada Sesama Ormas Islam

Ustaz Fadlan: Jangan Pecah Belah Umat dengan Stigma Sinis dan Tendesius kepada Sesama Ormas Islam

Jum'at, 28 Feb 2020 16:41

Sistem Sekuler Kapitalis Suburkan Masyarakat Stress

Sistem Sekuler Kapitalis Suburkan Masyarakat Stress

Jum'at, 28 Feb 2020 16:20

Mardani Minta Pemerintah India Selesaikan Konflik Horizontal

Mardani Minta Pemerintah India Selesaikan Konflik Horizontal

Jum'at, 28 Feb 2020 15:06

Ratusan Massa Aksi KAMMI Geruduk Istana Tuntut Cabut RUU Cipta Kerja

Ratusan Massa Aksi KAMMI Geruduk Istana Tuntut Cabut RUU Cipta Kerja

Jum'at, 28 Feb 2020 14:54

Sila Pertama adalah Bukti Agama Penguat Pancasila Bukan Musuh

Sila Pertama adalah Bukti Agama Penguat Pancasila Bukan Musuh

Jum'at, 28 Feb 2020 10:27

Tanggapi Kepala BPIP, Ketua Komisi Yudisial: Pancasila Itu Bersumber dari Agama

Tanggapi Kepala BPIP, Ketua Komisi Yudisial: Pancasila Itu Bersumber dari Agama

Jum'at, 28 Feb 2020 09:26

Sohibul Iman Berikan Tiga Catatan Penting Terkait Omnibus Law kepada Airlangga

Sohibul Iman Berikan Tiga Catatan Penting Terkait Omnibus Law kepada Airlangga

Jum'at, 28 Feb 2020 07:25

DPR Desak Dewan Pers Turunkan Satgas Anti Kekerasan Jurnalis

DPR Desak Dewan Pers Turunkan Satgas Anti Kekerasan Jurnalis

Jum'at, 28 Feb 2020 05:42

Masjid Tanpa Khatib adalah Musholla, Khatib Tanpa Masjid adalah Da;i

Masjid Tanpa Khatib adalah Musholla, Khatib Tanpa Masjid adalah Da;i

Jum'at, 28 Feb 2020 05:09

Di atas Kondisi Apa Kita Meninggal Dunia?

Di atas Kondisi Apa Kita Meninggal Dunia?

Kamis, 27 Feb 2020 23:10

Ada 2.500 Jemaah Umrah Indonesia Hari Ini yang Berangkat ke Saudi

Ada 2.500 Jemaah Umrah Indonesia Hari Ini yang Berangkat ke Saudi

Kamis, 27 Feb 2020 23:10

Kematian Pasien Terduga Virus Corona di Semarang, Bukhori: Pemerintah Harus Transparan!

Kematian Pasien Terduga Virus Corona di Semarang, Bukhori: Pemerintah Harus Transparan!

Kamis, 27 Feb 2020 22:19

Jepang Dapat 'Lampu Hijau' Ekspedisi ke Mars

Jepang Dapat 'Lampu Hijau' Ekspedisi ke Mars

Kamis, 27 Feb 2020 21:40

Tragedi Susur Sungai, Tiga Guru Digunduli

Tragedi Susur Sungai, Tiga Guru Digunduli

Kamis, 27 Feb 2020 21:38

Menikahkan Si Kaya dengan Miskin, Solusi Pengentasan Kemiskinan?

Menikahkan Si Kaya dengan Miskin, Solusi Pengentasan Kemiskinan?

Kamis, 27 Feb 2020 21:25

Instagram Uji Coba Stiker Komentar di Stories

Instagram Uji Coba Stiker Komentar di Stories

Kamis, 27 Feb 2020 21:19


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X