Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.689 views

Kematian Ratu Elizabeth II Picu Perdebatan Tentang Masa Lalu Kolonial Afrika

AFRIKA (voa-islam.com) - Dari Kenya dan Nigeria hingga Afrika Selatan dan Uganda, kematian Ratu Elizabeth II disambut dengan curahan belasungkawa resmi, duka dan kenangan akan kunjungannya yang sering ke Afrika selama tujuh dekade di atas takhta.

Tetapi kematian raja Inggris itu juga menghidupkan kembali perdebatan sensitif tentang masa lalu kolonial Afrika.

Kematiannya terjadi pada saat negara-negara Eropa berada di bawah tekanan untuk memperhitungkan sejarah kolonial mereka, menebus kejahatan masa lalu dan mengembalikan artefak Afrika curian yang ditahan selama bertahun-tahun di museum di tempat-tempat seperti London dan Paris.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta termasuk di antara mereka yang menyatakan belasungkawa atas hilangnya sang "ikon".

Tetapi banyak orang Afrika lebih banyak merenungkan tragedi dari zaman kolonial, termasuk peristiwa yang terjadi pada dekade pertama pemerintahannya.

Kenya memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1963, setelah pemberontakan selama delapan tahun yang menewaskan sedikitnya 10.000 orang.

Inggris pada tahun 2013 setuju untuk memberikan kompensasi kepada lebih dari 5.000 warga Kenya yang telah menderita pelecehan selama pemberontakan Mau Mau, dalam kesepakatan senilai hampir £ 20 juta ($ 23 juta).

"Sang Ratu meninggalkan warisan campuran dari penindasan brutal terhadap warga Kenya di negara mereka sendiri dan hubungan yang saling menguntungkan," tulis The Daily Nation, surat kabar terbesar Kenya, dalam editorial akhir pekan.

Elizabeth mengunjungi Kenya pada tahun 1952 ketika ayahnya meninggal dan dia menjadi ratu.

"Apa yang terjadi selanjutnya adalah babak berdarah dalam sejarah Kenya, dengan kekejaman yang dilakukan terhadap orang-orang yang satu-satunya dosa mereka adalah menuntut kemerdekaan," kata The Daily Nation.

"Sementara hubungan dengan Inggris bermanfaat, sulit untuk melupakan kekejaman itu."

Harta, perang Biafra

Sebagai bagian dari restorasi baru-baru ini untuk masa lalu, Nigeria dan negara tetangga Benin telah menyaksikan kembalinya ribuan artefak pertama yang dijarah selama masa kolonial dari Inggris dan Prancis.

Perunggu Benin Nigeria – plakat dan patung logam abad ke-16 hingga ke-18 – dijarah dari istana Kerajaan Benin kuno dan berakhir di museum di seluruh AS dan Eropa.

Buhari dari Nigeria mengatakan sejarah negara itu "tidak akan pernah lengkap tanpa bab tentang Ratu Elizabeth II".

Sementara beberapa memuji peran Ratu menjelang kemerdekaan Nigeria, yang lain menunjukkan dia adalah kepala negara ketika Inggris mendukung tentara Nigeria selama perang saudara di negara itu.

Lebih dari satu juta orang tewas antara 1967-1970, sebagian besar karena kelaparan dan penyakit, selama konflik setelah para perwira etnis Igbo mendeklarasikan kemerdekaan di tenggara.

"Jika ada yang mengharapkan saya untuk mengungkapkan apa pun selain penghinaan terhadap raja yang mengawasi genosida yang disponsori pemerintah ... Anda dapat terus berharap pada seorang bintang," kata profesor Uju Anya yang berbasis di Nigeria, dalam referensi Twitter ke perang Biafra yang memicu perdebatan sengit di media sosial.

Reaksi beragam serupa diungkapkan di Afrika Selatan, di mana Presiden Cyril Ramaphosa menyebutnya sebagai sosok yang "luar biasa".

Tapi oposisi Pejuang Kebebasan Ekonomi atau gerakan EFF lebih meremehkan, mengingat dekade apartheid, di mana Inggris, bekas penjajah, sering pasif.

"Kami tidak berduka atas kematian Elizabeth, karena bagi kami kematiannya adalah pengingat dari periode yang sangat tragis di negara ini dan sejarah Afrika," kata EFF dalam sebuah pernyataan.

Warisan Uganda

Di Uganda, beberapa mundur lebih jauh, mengingat penguasa Kerajaan Bunyoro Omukama Kabalega, yang menentang kekuasaan Inggris pada akhir tahun 1890-an.

Dia digulingkan dan diasingkan ke Seychelles dan kerajaan itu kemudian diserap ke dalam kerajaan Inggris.

"Sama seperti ratu mampu mempertahankan kohesi bekas koloni Inggris, dia tidak cukup menangani ketidakadilan yang dijatuhkan di beberapa negara bagian termasuk Uganda," kata mantan direktur intelijen dan sekarang analis politik, Charles Rwomushana.

Bulan lalu, Asosiasi Pariwisata Uganda meminta sebuah komite untuk memimpin pengembalian artefak Uganda dari museum Inggris dan asing lainnya, termasuk sekitar 300 dari Bunyoro, menurut parlemen.

Charles Onyango-Obbo, penulis dan kritikus pemerintah Uganda, mengatakan di Twitter bahwa banyak pemimpin lama Afrika menggunakan 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth untuk membenarkan kekuasaan mereka selama puluhan tahun.

"Sekarang dia telah meninggal, mereka berebut untuk belajar bagaimana membuat kasus mereka meyakinkan dalam bentuk lampau."

Mukoma Wa Ngugi, putra penulis terkenal dunia Kenya Ngugi wa Thiong'o dan yang juga seorang novelis serta profesor bahasa Inggris di Cornell University, juga mempertanyakan warisan Ratu di Afrika.

"Jika ratu telah meminta maaf atas perbudakan, kolonialisme dan neokolonialisme dan mendesak tahta untuk menawarkan reparasi bagi jutaan nyawa yang diambil atas namanya, maka mungkin saya akan melakukan hal yang manusiawi dan merasa tidak enak," tulisnya di Tweeter.

"Sebagai orang Kenya, saya tidak merasakan apa-apa. Teater ini tidak masuk akal." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 21/05/2024 11:53

Cowok Pakai Skincare, Menggelikan?