Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.855 views

Islamic State Bersiap untuk kembali di Suriah dan Sekitarnya

SURIAH / IRAK (voa-islam.com) - Empat hari setelah serangan besar yang diklaim oleh Islamic State (IS) di Manbij Suriah yang menewaskan sedikitnya sembilan belas orang, termasuk empat orang Amerika, sebuah bom jibaku menghantam bus penumpang di wilayah tetangga Afrin, yang menyebabkan banyak korban jiwa.

Sementara perang selama hampir delapan tahun telah berubah dengan jelas dalam keuntungan rezim Assad, prevalensi kegiatan teror terus memaksa orang-orang pergi dari rumah mereka, secara efektif menyediakan perlindungan bagi pejuang IS untuk lolos dari deteksi.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pekan lalu mengungkapkan bahwa lebih dari dua ribu warga sipil, bersama dengan hampir 200 anggota Islamic State yang tergabung di antara mereka, melarikan diri dari wilayah Deir Al-Zor, bekas markas IS di timur negara itu. Rami Abdul Rahman, Direktur SOHR, mengklaim bahwa setidaknya 20.000 orang — termasuk pejuang IS dan jihadis asing dari tempat-tempat seperti Irak dan Somalia — telah meninggalkan daerah itu sejak awal Desember.

"Islamic State sedang bergerak dari daerah itu ke tempat geografis besar lainnya yang membentang dari Suriah ke padang pasir Anbar [di Irak]," Nizar Abd al-Qader, seorang mantan jenderal angkatan darat Libanon, mengatakan kepada The Media Line. Pada saat yang sama, lanjutnya, IS tidak sepenuhnya mengosongkan Suriah karena ada beberapa kekuatan di sana yang menghalangi kebangkitannya.

"Mereka menjadi sasaran operasi militer acak tetapi mencabut IS sepenuhnya akan membutuhkan lebih banyak usaha dan sangat sulit," kata al-Qader. Dalam hal ini, ia memperkirakan bahwa organisasi itu akan terus menimbulkan ancaman yang signifikan, bahkan ketika kembali ke taktik gerilya dengan meluncurkan serangan dari pangkalan-pangkalan terpencil dan mengaktifkan sel-sel tidur di dalam wilayah perumahan Suriah seperti halnya di Manbij.

Al-Qader mengecam keputusan pemerintahan Trump untuk menarik militer dari Suriah, beralasan ini akan memperkuat Islamic State dengan mengorbankan musuh kelompok itu yang paling kuat berkat dukungan AS di lapangan: yaitu, Kurdi. "Amerika Serikat telah meninggalkan mereka," ia menegaskan, "dan mereka sekarang rentan terhadap ancaman Turki dan Suriah."

Pemimpin Amerika telah berada di bawah pengaruh domestik yang luar biasa — termasuk dari dalam partainya sendiri — dan tekanan internasional untuk membalikkan arah atau paling tidak memperlambat apa yang awalnya ia bayangkan sebagai penarikan yang cepat dan total.

Senator Republik Lindsey Graham baru-baru ini memperingatkan dalam sidang Kongres bahwa penarikan pasukan AS akan memotivasi Islamic State, menambahkan bahwa, "setiap orang Amerika ingin kembalinya tentara kita ke tanah air mereka, tapi saya pikir kita semua ingin memastikan bahwa kita semua aman ketika mereka kembali. "

"Orang-orang takut dan melarikan diri setiap kali ada kesempatan," Muhannad, seorang aktivis Suriah yang berbicara kepada The Media Line, menekankan.

"Mengikuti berita tentang penarikan Amerika — yang telah melemahkan orang Kurdi di utara — Rusia dan Turki berada di sekitarnya." Dia juga menyatakan keprihatinannya bahwa "pejuang ISIS menggunakan perpindahan massal untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lain, karena orang-orang dari desa dan kota yang berbeda tidak saling kenal. Ini telah mempermudah anggota Islamic State untuk berbaur tanpa ada komplikasi. Juga, banyak dari mereka datang dari berbagai negara di seluruh dunia sehingga tidak ada data spesifik dalam hal nama asli mereka, usia ... dll, "jelas Muhannad.

Ibrahim Haj Ibrahim, seorang instruktur ilmu politik di Universitas Birzeit di Ramallah, percaya bahwa filosofi IS masih hidup dan tidak hanya di Irak dan Suriah tetapi di Timur Tengah di tempat-tempat seperti Libya dan Yaman. Karena itu, ia menyimpulkan, "mustahil untuk mengalahkan ekstremisme ini kecuali ada ideologi baru yang didirikan di negara-negara ini, yang logis, masuk akal dan dapat membentuk dasar sistem politik yang mempromosikan kepentingan warga negara dan mengubah realitas mereka." (st/jp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X