Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Ciptakan Kursus Pekerja Muda, Wanita Muslim Atasi Tantangan Zaman

Berita Terkait

2.090 views

Ciptakan Kursus Pekerja Muda, Wanita Muslim Atasi Tantangan Zaman

LONDON (Berita SuaraMedia) – Sebuah kursus baru menciptakan sebuah generasi pekerja wanita muda yang dapat membimbing para remaja Muslim melalui tantangan-tantangan masa kini.

Shukri Hassan dulunya berusia 10 tahun ketika ia tiba di London dari Somalia. Ayahnya telah meninggal, dan ibunya berada di kampung halaman untuk menjaga saudara-saudaranya: Shukri tiba di negara barunya, tidak dapat berbicara bahasa Inggris sama sekali, di bawah perlindungan kakak perempuannya yang ketika itu berusia 20 tahun.

London dulu adalah sebuah tempat yang asing, rumit dan dunia yang sangat berbeda bagi dirinya. Dan kemudian – harus belajar bahasa Inggris, menguasai pelajaran-pelajaran baru, dan berjuang tanpa ibunya – ia menjadi seorang remaja, dan harus mengatasi semua yang diharuskan. "Apa yang sangat saya butuhkan," ia mengatakan, "adalah sebuah tempat di mana saya dapat pergi dan bergaul, dan berbicara kepada para gadis Muslim yang kemungkinan lebih tua beberapa tahun dari saya, yang memahami sesuatu tentang apa yang sedang saya lalui, dan siapa yang dapat membantu saya untuk menalar semua ini."

Namun ada sedikit kelompok pemuda untuk Muslim-Muslim muda. Di mana mereka benar-benar ada, mereka memenuhi sebagian besar untuk para remaja putra – dan sesi-sesi untuk para remaja putri cenderung dijalankan oleh para wanita yang jauh lebih tua, yang tidak memiliki pengalaman hidup yang sama seperti dirinya. "Apa yang sebenarnya saya butuhkan adalah seseorang yang telah memiliki pengalaman yang saya miliki, yang telah dilahirkan di sini atau pindah ke sini ketika masih anak-anak – seseorang yang menjalani dua kebudayaan dengan cara yang saya rasakan dulu."

Sekarang, Hassan berusia 26 tahun, dan ia adalah seorang pekerja muda di Pusat Komunitas Froud di Manor Park London timur, memberikan para remaja Muslimah dukungan yang dulunya tidak ada untuk dirinya. "Dan masalahnya adalah jauh lebih sulit bagi mereka daripada yang dulu saya alami," ia mengatakan. "Ada begitu banyak masalah untuk orang-orang muda saat ini – seks, aborsi, obat-obatan, alkohol. Semua permasalahan tersebut sangat, sangat sulit untuk remaja Muslim hadapi, terutama para gadis. Jadi saya berpikir bahwa para pekerja muda seperti saya lebih dibutuhkan dari pada mereka sebelumnya."

Hassan telah bekerja di Pusat Froud tersebut selama tiga tahun terakhir, namun lebih dari satu tahun terkahir, pekerjaannya telah ditingkatkan oleh sebuah sertifikat tingkat 2 (setara dengan GCSE – sertifikat umum setara dengan pendidikan sekunder) di dalam pekerjaan pemuda dan komunitas. Untuk mendapatkan tingkatan tersebut, ia ambil bagian di dalam sebuah kursus yang secara spesifik dirancang untuk para wanita Muslim, yang diyakini oleh penyelenggaranya, badan amal aksi sosial London Aston-Mansfield, menjadi yang pertama dari jenisnya di Inggris.

Kursus enam bulan tersebut, yang secara terpisah didanai oleh Barclays Capital dan ditujukan pada wanita Muslim di atas 21 tahun, melibatkan pengajaran tiga jam dalam satu pekan, disampaikan di YMCA Perguruan Tinggi George Williams di Kota Canning, London timur, dan minimum 80 jam pada sebuah penempatan situasi pemuda, yang mana para siswa harus menemukan pemuda itu untuk diri mereka sendiri. "Pada akhir kursus ketiga tahun depan, kami berharap telah memberikan sekitar 50 pekerja muda baru, semua adalah wanita Muslim," kata tutor kursus tersebut, Firzana Khan. "Hampir semua dari mereka akan masuk atau masih tetap ada di dalam pekerjaan pemuda – dan beberapa, kualifikasi akan menuntun mereka untuk melanjutkan ke sebuah gelar, dan kemungkinan pada akhirnya melatih pekerja muda lainnya."

Khan memperkirakan bahwa sekitar seperempat penduduk Newham adalah Muslim, namun secara serius para pekerja Islam muda kurang – terutama para pekerja muda wanita. "Hal ini berhubungan dengan tekanan sosial  dan kebudayaan, dan ini adalah sebuah tragedi yang nyata bahwa tidak ada lebih banyak pekerja muda wanita Muslim, karena hal ini berarti bahwa tidak ada cukup teladan untuk para gadis Muslim, dan itulah yang kami harapkan kursus kami dapat ubah. Banyak para remaja di Newham memiliki ibu yang tumbuh besar di Asia, di kebudayaan yang sangat berbeda, dan dengan aspirasi yang sangat berbeda. Kami ingin membantu para muda Muslim saat ini melalui serangkaian pilihan yang sangat berbeda dari rangkaian pilihan yang orang tua mereka miliki."

Sharifah Aliyah, 24 tahun, yang melakukan kursus pekerjaan pemuda dan komunitas tahun lalu, baru-baru ini bekerja untuk Dewan Redbridge di layanan teknik, namun berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan relawan pemuda mereka di sebuah pusat komunitas, di mana ia membantu untuk  menjalankan sesi selama hari Minggu malam, dan Sabtu pagi. "Orang-orang muda memiliki talenta, mereka dapat memainkan tenis meja, mereka dapat menggunakan komputer, ada sebuah daerah sunyi di mana mereka dapat bekerja," ia mengatakan. "Dan sering, mereka hanya ingin berbicara. Dan hal tersebut penting, karena mereka memilki begitu banyak hal untuk dihadapi, dan sangat berbeda bagi mereka dari cara yang digunakan orang tua mereka – hanya ketika tumbuh besar di sini sangat berbeda bagi saya dari cara tumbuh besar di Bangladesh dulunya bagi orang tua saya."

Pada saat ibu Hassan dan Aliyah seusia mereka, mereka menikah. "Banyak para gadis Muslim di masa sekarang hidup dengan cara yang sangat berbeda dari cara hidup ibu mereka dulu; bahkan 10 atau 15 tahun lalu. Para wanita Muslim cenderung untuk menikah di usia yang sangat muda, melahirkan anak, dan melihat kehidupan mereka sebagai pusat pada skena rumah tangga," kata Hassan.

"Ketika Anda melakukan pekerjaan seperti yang kita lakukan, dan Anda telah memiliki sebuah pengalaman yang berbeda, Anda menunjukkan kepada para pemuda bahwa ada cara lain di depan. Saya menjumpai orang-orang muda yang mengatakan, bagamana Anda dulu melakukannya? Dan tidak hanya para gadis – merupakan hal yang penting bahwa anak laki-laki juga melihat bahwa para wanita memiliki peranan yang berbeda dari pengalaman yang kemungkinan ibu mereka alami."

Kursus tersebut menawarkan kesempatan untuk membahas perbedaan antara kelompok Muslim dan yang lainnya – namun untuk keseluruhannya, Khan mengatakan, orang-orang Muslim mengidentifikasi dengan keyakinan mereka terlebih dahulu dan yang terpenting, sehingga peramsalahan yang muncul di kalangan pekerjaan pemuda cenderung berada di luar dewan.

Tidak hanya di London timur di mana para pekerja wanita Muslim muda jarang pada dasarnya. "Kami memiliki ketertarikan dari Bradford, dari bagian lain London, dan dari bagian lain Inggris," Khan mengatakan. "Kursus tersebut dapat dibangun di banyak daerah – dan harapannya adalah akan berupa semenanjung-London, dengan pusat lain menawarkannya di daerah yang lain di kota tersebut, pada 2012.

"Umpan balik yang didapatkan berasal dari pekerja muda yang kami telah latih, dan dari para remaja yang kerja bersama kami, mereka jauh lebih dibutuhkan," kata Khan. "Dan ketika kita melihat begitu banyak pemotongan di layanan pemuda, kami benar-benar berharap bahwa kami dapat meyakinkan orang-orang bahwa pelatihan kami mengisi peranan yang penting, dan bahwa lebih banyak dari mereka sangat dibutuhkan." (ppt/gd) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X