Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Mata-Mata Bayaran Picu Perpecahan ISI dan CIA

Berita Terkait

1.998 views

Mata-Mata Bayaran Picu Perpecahan ISI dan CIA

ISLAMABAD (Berita SuaraMedia) – Badan intelijen Pakistan, ISI, siap memutuskan hubungan dengan CIA karena merasa frustrasi. ISI terus ditekan oleh CIA dan merasa marah dengan operasi rahasia Amerika Serikat yang melibatkan ratusan orang mata-mata bayaran.

Hal itu terungkap dalam sebuah dokumen internal yang diperoleh Associated Press ditambah dengan wawancara dengan sejumlah pejabat Pakistan dan AS.

Langkah semacam itu berpotensi merusak upaya perang AS di Afghanistan, membatasi program untuk menghadapi al-Qaeda di sepanjang perbatasan Pakistan, serta mengurangi akses Washington terhadap informasi di Pakistan.

Menurut sebuah pernyataan yang disusun ISI dan diperkuat oleh hasil wawancara dengan para pejabat, hubungan antara dua badan intelijen yang sudah retak itu buyar setelah peristiwa penembakan dua warga Pakistan oleh Raymond Davis, seorang mata-mata bayaran AS yang kini dipenjara di Pakistan dan menghadapi kemungkinan pembunuhan lebih dari satu orang.

"Yang dilakukan CIA setelah kejadian itu membuat kerja sama kami dipertanyakan," demikian isi pernyataan media yang telah dipersiapkan ISI namun tidak pernah dirilis. Salinannya diperoleh AP pekan ini.

Isi pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa CIA menggunakan taktik tekanan untuk membebaskan Davis.

"Sulit diprediksi apakah hubungan ini akan kembali seperti sebelum kasus Davis," demikian isi pernyataan tersebut. "Tanggung jawab untuk tidak menangguhkan hubungan kedua kubu kini terletak di pundak CIA."

ISI khawatir ada ratusan mata-mata bayaran CIA yang beroperasi di Pakistan di luar pengetahuan pemerintah atau dinas intelijen, kata seorang agen intelijen senior Pakistan dalam wawancara dengan AP. Ia bersedia membuka mulut dengan syarat namanya tidak diungkapkan karena khawatir dengan keamanannya.

Intelijen Pakistan tidak tahu siapa Davis atau apa yang ia lakukan saat ditangkap. Agen itu menambahkan, ada kekhawatiran di ISI. "Ada berapa banyak Davis lagi yang ada di luar sana?"

Davis ditangkap pada 27 Januari silam di Lahore setelah menembak mati dua orang warga Pakistan. Seorang warga Pakistan lain tewas setelah dilindas mobil Konsulat AS yang datang untuk membantu Davis. Pakistan meminta pengemudi mobil tersebut diserahkan, namun dua orang warga AS yang mengendarai mobil tersebut kini berada di AS.

Davis mengklaim membela diri, namun setelah merampungkan penyelidikan, kepolisian Lahore mengatakan bahwa mereka akan mengupayakan tuduhan pembunuhan. Agen ISI tersebut mengatakan kepada kantor berita AP bahwa Davis punya kontak di kawasan suku dan mengenal dua pria yang ditembaknya. Ia menambahkan, ISI tengah menyelidiki kemungkinan bahwa perjumpaan di jalanan di Lahore tersebut berakar dari pertemuan atau ancaman terhadap Davis.

CIA telah berulang kali berusaha menyusup ke ISI dan mempelajari lebih jauh mengenai program nuklir Pakistan, sementara ISI melakukan operasi sendiri untuk mengumpulkan data intelijen mengenai aktivitas CIA di Pakistan.

ISI kini tengah memeriksa ribuan visa yang diberikan kepada para staf AS di Pakistan. Agen ISI tersebut mengatakan, aplikasi visa Davis berisi referensi dan nomor telepon palsu. Ia mengatakan, ada ribuan visa yang diberikan kepada para karyawan Kedutaan AS dalam lima bulan terakhir setelah arahan pemerintah kepada Kedutaan Pakistan di Washington agar memberikan visa tanpa melalui pemeriksaan Kementerian Dalam Negeri dan ISI. Hal serupa diperintahkan pada Kedutaan Pakistan di Inggris dan Uni Emirat Arab, katanya.

Hanya dalam kurun wakut dua hari setelah menerima perintah itu, Kedutaan Pakistan mengeluarkan 400 visa. Sejak saat itu, ribuan visa lainnya dirilis.

Agen itu mengakui bahwa ISI tahu dan bekerja sama dengan CIA di Pakistan, namun ISI merasa kesal karena CIA mengirimkan mata-mata lain tanpa sepengetahuan ISI. Ia menambahkan, untuk saat ini ISI tidak berdialog dengan CIA dalam tingkat apa pun, termasuk tingkat paling tinggi.

Menurutnya, untuk mendapatkan kembali bantuan dan dukungan, CIA harus mulai menunjukkan penghormatan. "Jangan kecilkan kami, jangan berselisih dengan kami, jangan perlakukan kami seperti bawahan."

Operasi NATO dan AS bisa terkena imbas perpecahan ISI dan CIA. Washington berulang kali mengeluhkan penolakan Pakistan memburu jaringan Haqqani yang diyakini merupakan pasukan terkuat di Afghanistan dan punya hubungan dekat dengan al-Qaeda.

Agen ISI tersebut mengatakan, Pakistan sudah muak dengan keluhan-keluhan Washington. Ia menuding CIA mengarang cerita mengenai bantuan ISI kepada jaringan Haqqani.

Juru bicara CIA George Little mengatakan bahwa permasalahan antara dua badan intelijen akan diselesaikan.

"CIA bekerja sama dengan rekan kami di Pakistan dalam menghadapi tantangan keamanan yang luas, termasuk musuh bersama kami, al-Qaeda dan para teroris lain," katanya. "Hubungan (CIA) dengan ISI bertahan selama bertahun-tahun, dan ketika ada permasalahan yang harus diselesaikan, kami akan mengerjakannya. Itulah tanda-tanda kerja sama yang sehat," pungkasnya. (dn/ap) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X