Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Penulis Inggris Kritik Ketidakadilan Israel di Palestina

Berita Terkait

2.092 views

Penulis Inggris Kritik Ketidakadilan Israel di Palestina

LONDON (Berita SuaraMedia) - Penulis kawaka asal Inggris, Ian McEwan melancarkan serangan terhadap kebijakan pemerintah Israel dalam sambutannya ketika menerima hadiah Yerusalem untuk sastra, mengatakan "ketidakadilan yang besar dan jelas tergantung di udara".

Di hadapan penonton yang termasuk presiden Israel, Shimon Peres, menteri budaya, Limor Livnat, dan wali kota Yerusalem, Nir Barkat, McEwan berbicara tentang nihilisme di kedua sisi konflik.

Mengatasi sambutannya pada upacara pembukaan Pameran buku internasional Yerusalem untuk "warga Israel dan Palestina dari kota yang indah ini", novelis mengatakan: "Hamas telah mempraktekan nihilisme dari pembom bunuh diri, roket yang ditembakkan membabi buta ke kota, dan nihilisme dalam kebijakan terhadap Israel."

Tapi itu juga nihilisme yang menembakkan roket ke arah rumah dokter Gaza, Izzeldin Abuelaish, menewaskan tiga anaknya dan seorang keponakan selama perang Gaza. "Dan itu adalah nihilisme untuk membuat sebuah kamp penjara jangka panjang dari Jalur Gaza."

Penulis tersebut merujuk ke "penggusuran lanjutan dan pembelian tanpa henti dari rumah Palestina di Yerusalem Timur, proses hak kembali yang diberikan kepada orang-orang Yahudi tetapi tidak untuk orang Arab. Anak-anak Palestina dan Israel yang akan mewarisi konflik ini dan menemukan bahkan itu akan lebih sulit untuk diselesaikan daripada sekarang ini. "

Dia menyerukan untuk mengakhiri permukiman dan kekacauan yang di atas tanah Palestina oleh rezim Zionis Israel.

Meskipun ada kritik yang menyengat, untuk pendengarnya yang mendengarkan dalam keheningan, McEwan mengatakan ia "sangat, sangat tersentuh untuk diberikan kehormatan yang mengakui tulisanya yang mempromosikan ide kebebasan individu dalam masyarakat".

Dia mengatakan bahwa sejak keputusannya adalah untuk datang ke Israel untuk menerima hadiah, "waktu kedatangan saya tidak penuh dengan kedamaian" - mengacu pada tuntutan "dengan berbagai tingkat kesopanan" baginya untuk memboikot upacara itu.

Yerusalem, katanya, adalah "tempat yang paling hebat yang pernah saya datangi."

Di Inggris, katanya, novelis bebas untuk memilih sebanyak apapun dalam menulis tentang politik. "Di sini, untuk baik novelis Israel maupun Palestina, 'situasi' itu selalu ada ... Ini adalah perjuangan kreatif untuk mengatasinya dan perjuangan kreatif untuk mengabaikannya."

Ide kebebasan individu "tampak agak canggung" dengan situasi di Yerusalem, McEwan berkata. Dia menarik perbandingan dengan Inggris, mengatakan: "Kami mungkin telah kehilangan tempat tinggal kita, tetapi kami memiliki tanah air kami. Kami tidak terancam oleh tetangga yang bermusuhan, kami juga tidak mengungsi."

Ia mencurahkan banyak pidatonya tentang sifat dari novel yang, katanya, "telah menjadi sarana yang terbaik dan paling sensitif menjelajahi kebebasan individu, dan eksplorasi seperti itu sering menggambarkan apa yang terjadi bila kebebasan ditolak".

Dia menyebut tiga penulis Israel, Amos Oz, Yehoshua AB dan David Grossman - sebagai penulis yang menentang pemukiman, katanya, dan telah menjadi "hati nurani, memori dan di atas semua harapan".

Dalam beberapa tahun terakhir ketiga penulis itu sudah pernah merasakan bahwa "waktu berbalik melawan harapan mereka", katanya.

Pertanyaannya, kata McEwan, adalah apa yang harus dilakukan? Israel, katanya, perlu untuk memanfaatkan kreatifitas dari seniman, penulis, dan ilmuwannya.

"Kebalikan dari nihilisme adalah kreativitas. Suasana untuk perubahan, rasa lapar untuk kebebasan individu yang menyebar melalui Timur Tengah merupakan kesempatan dan bukannya ancaman."

Penghargaan itu disampaikan oleh Walikota Yerusalem, Nir Barkat, yang telah antusias untuk mendukung permukiman Yahudi di wilayah Arab. Yerusalem, katanya,  "terbuka untuk semua orang untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang bebas".  Tulisan McEwan mempromosikan "toleransi, sama seperti kami mempromosikan hal itu di Yerusalem," katanya.

Penulis itu mengatakan dia menyumbangkan hadiahnya $ 10.000 (£ 6,155) untuk Combatants for Peace, sebuah organisasi mantan tentara Israel dan mantan pejuang Palestina. (iw/gd) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X