Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Perdagangkan Manusia, Gereja Kontroversial Diselidiki FBI

Berita Terkait

2.280 views

Perdagangkan Manusia, Gereja Kontroversial Diselidiki FBI

WASHINGTON (Berita SuaraMedia) – FBI tengah menyelidiki Gereja Scientology karena diduga kuat melakukan aktivitas perdagangan manusia. Para penyidik federal menginterogasi sejumlah anggota sekte kontroversial tersebut terkait tudingan perbudakan dan perlakuan kasar.

Seperti dilansir majalah New Yorker, FBI juga menyelidiki tudingan terhadap David Miscavige, pemimpin kelompok tersebut, yang dituding telah berulang kali memukuli anak-anak muda.

Dalam wawancara dengan majalah tersebut, sutradara Hollywood Paul Higgis untuk pertama kalinya erbicara mengenai keputusan menyakitkannya untuk meninggalkan Scientology, sekte yang di antara para pengikutnya adalah bintang film Tom Cruise dan John Travolta.

"Saya terperosok dalam pemujaan selama 34 tahun. Orang lain bisa melihatnya, tapi saya tak tahu kenapa saya tidak bisa," kata Haggis yang menulis naskah Million Dollar Baby dan Casino Royale.

Para penyidik FBI telah menginterogasi mantan-mantan anggota sekte tersebut di California dan Clearwater, Florida, tempat markas besar spiritual aliran Scientology, yang di banyak negara disebut sebagai aliran pemujaan.

Meski baru saja dipublikasikan, sebenarnya proses penyelidikan sudah berlangsung selama satu tahun.

Tuduhan penyiksaan yang dialamatkan pada Miscavige – yang menjadi pendamping pengantin pada pernikahan Tom Cruise – dibuat pada tahun 2009. Tapi, turut campurnya FBI memperlihatkan bahwa pihaknya tidak puas dengan klaim gereja yang menyebut tudingan itu dibuat oleh para mantan anggota sekte yang merasa tidak puas.

Sebagian besar tudingan diarahkan ke pusat organisasi itu di Gold Base, pusat saraf Scientology di Gurun California.

Tempat itu merupakan rumah bagi para anggota Sea Org, "ordo keagamaan" elite Scientology beranggotakan para pengikut muda.

Banyak pengikut yang bergabung Scientology sejak remaja, dan di Gold Base para pemimpin gereja diduga mendorong untuk menerapkan disiplin yang agresif dan bahkan keras.

Sejumlah orang yang telah membelot dari Sea Org menyebutkan mengenai program-program "pendidikan ulang hukuman" yang terkadang dalam bentuk kurungan di kamp-kamp rehabilitasi dan disuruh melakukan kerja kasar dan tugas spiritual.

Seorang mantan pengikut Scientology mengklaim bahwa hukuman-hukuman yang dijatuhkan di Gold Base termasuk dikirimkan ke "Lubang", yakni sepasang rumah ekstra luas di pangkalan itu. Di sana, sekelompok orang berjumlah antara 80 hingga 100 orang diperintahkan ambil bagian dalam "pengakuan kelompok siang dan malam."

Marty Rathbun, seorang mantan petinggi Scientology, pada bulan Juli lalu di pengadilan mengklaim bahwa Miscavige pernah mengorganisasi sebuah permainan kursi musik yang brutal di Lubang. Dalam permainan itu, hanya sang pemenang yang diperkenankan tinggal di pangkalan.

Karena demikian putus asanya agar tidak dikeluarkan dari organisasi, para pemimpin gereja akhirnya saling menghajar demi memenangkan permainan, kata Rathbun. Dalam organisasi itu, mereka sampai mengorbankan keluarga, uang, dan karier mereka.

Berdasarkan hukum di California, perdagangan manusia termasuk perbudakan dan para korbannya mendapat tanda-tanda trauma atau kelelahan, mereka takut bicara karena penyensoran dan keharusan bekerja di satu tempat tanpa kebebasan untuk bepergian.

Dalam sebuah gugatan baru-baru ini, Marc dan Claire Headley, dua orang mantan anggota Sea Org, mengklaim telah diperlakukan layaknya budak dan dipaksa bekerja 20 jam sehari, hampir selalu tanpa henti.

Headley mengaku dipaksa melakukan aborsi.

Seorang hakim menolak mereka setelah pihak gereja bersikeras menyatakan bahwa para pekerja religius dibebaskan dari peraturan-peraturan biasanya, namun pasangan itu mengajukan banding.

FBI, yang investigasinya kabarnya tetap terbuka, tidak bersedia memberikan komentar.

Gereja Scientology didirikan tahun 1953 oleh penulis fiksi ilmiah L. Ron Hubbard. Pihak gereja membantah klaim dalam New Yorker dan menyebutnya "sedikit tambahan terhadap tuduhan lama yang telah sejak lama disangkal."

Para pembelot aliran Scientology kabarnya juga melapor pada FBI mengenai gaya hidup mewah Miscavige.

Mereka menyatakan, Miscavige menganut gaya hidup layaknya seorang bintang Hollywood ketimbang seorang pemimpin gereja. Ia menaiki pesawat jet carteran, mengenakan sepatu rancangan khusus dari London, serta memiliki koleksi mobil dalam jumlah besar. (dn/dm) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X