Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
139 views

Usia 25 Tahun, Seberapa Sukses Kamu?

 

Oleh: Aily Natasya

Untuk kalian yang umurnya masih di bawah 25 tahun, goals apa saja yang kalian ingin capai di umur 25 tahun? Pekerjaan impian? Gaji yang tinggi? Mobil? Rumah? Keliling dunia? Tabungan 1 miliar? Kira-kira apa?

Dan kalian yang umurnya sudah di atas 25 tahun, apakah goals yang kalian ingin capai sudah tercapai semua? Apakah masih sebagian yang tercapai? Atau masih proses? Atau bahkan menyerah? Semoga tidak ada yang menjawab ‘iya’ untuk pertanyaan yang terakhir.

Umur 20 sampai 25 tahun seringkali menjadi tahun-tahun yang sangat berat bagi kebanyakan manusia. Apalagi di Indonesia, umur 25 tahun dianggap sebagai umur yang krusial karena di umur segitulah orang-orang akan menghakimi kehidupan kita. Di usia 25 tahun belum menikah? Dicemooh, dianggap sudah tua? Belum dapat kerja yang mapan, pun dicemooh, dianggap gagal, dan semacamnya. Wajar sekali hal ini menjadi keresahan bagi orang-orang dewasa muda akhir-akhir ini.

Di umur-umur itu jugalah kita mulai benar-benar terjun ke kehidupan yang asing. Kita harus menempuh pendidikan yang berbeda, lebih menantang daripada pengalaman pendidikan yang kita tempuh di SD, SMP, dan SMA. Seperti kita harus ngekost, jauh dari orang tua, menghadapi lebih beragam manusia, harus lebih memahami orang tua dan keluarga, apalagi kalau kita anak pertama dari keluarga yang serba sederhana.

Lalu selanjutnya, memasuki dunia kerja. Dunia perkuliahan yang sebelumnya kita hadapi ternyata tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dunia kerja yang ternyata lebih kompleks untuk dihadapi. Ditambah lagi kalau kita adalah sandwich generation yang tidak hanya harus memikirikan masa depan kita sendiri, tapi ada adik-adik yang harus dipikirkan juga masa depannya. Contoh-contoh di atas jauh lebih kecil permasalahannya dibandingkan dengan permasalahan asli yang dihadapi oleh orang-orang di dunia nyata.

Dunia maya yang menipu semakin menambah beban pikiran kita karena merasa gagal ketika melihat ada banyak sekali orang-orang yang sukses di usia muda, jauh sebelum 25 tahun. Sedangkan kita, masih nyari pekerjaan. Masih serabutan. Masih berusaha menata mental. Jangankan memiliki pekerjaan, masih bisa bertahan, waras, dan tidak sampai bunuh diri saja udah bersyukur banget, hehe.

Karena titik permulaan orang-orang itu beda-beda, maka garis finish-nya pun bisa berbeda-beda. Dan belum tentu juga yang garis start-nya duluan, bisa lebih cepat mencapai garis finish. Previllege orang beda-beda. Namun itu bukanlah penentu utama dari kesuksesan orang. Ada orang yang hidupnya penuh dengan previllege, namun tidak digunakan dengan baik, sehingga hidupnya stuck dan tidak kunjung mencapai garis finish.

Maka dari itu, perhatikan hak istimewa yang kita punya. Jangan lihat orang lain, tapi lihatlah diri kita. Hak istimewa apa yang Allah kasih ke kita sekarang? Waktu? Badan yang sehat? Otak yang sehat? Semua itu, juga hak istimewa. Jadi tidak selalu soal uang dan orang tua yang memiliki kekuasaan. Karena banyak anak yang punya dua hak istimewa tersebut, tapi tidak tahu cara memanfaatkannya dengan benar sehingga jatuh tersungkur.

Kita punya Allah, bisa berdoa dan meminta kepada Allah, itu juga bagian dari hak istimewa. Allah menurut prasangka hambaNya. Jika kita yakin bahwa Allah akan membantu kita, Allah akan permudah segalanya untuk kita, maka demikianlah Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Memiliki keyakinan yang kuat itu juga hak istimewa.

Menjadi bodo amat dan maju terus untuk mencapai kesuksesan juga bagian dari hak istimewa. Mau umur kita sudah 25 tahun, 27 tahun, 30 tahun, 35 tahun, tidak apa-apa. Selagi kita tidak menyerah untuk terus percaya kepada Allah dan terus maju untuk menggapai semua cita-cita kita, maka semuanya akan baik-baik saja. Jadi jangan dengarkan mereka yang bahkan di umur mereka yang 30 tahun itu, tidak memiliki pencapaian apa-apa selain banyak anak dan bergosip. Semangat, kita. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X