Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.889 views

Februari: Valentine Day dan Budaya Pesta Pora

 

Oleh:

Qayyum Az’zahra

Siswi SMP HSG Mutiara Ummah Sidoarjo

 

BULAN Februari telah tiba. Banyak orang yang menanti kedatangannya. Terutama para pemuda–pemuda yang sedang teridentifikasi virus merah jambu. Meluapkan rasa sayang, kasih dan cintanya pada bulan ini. Karena di bulan ini suatu budaya Barat yang ditiru oleh para pemuda–pemuda dilaksanakan.

Apalagi kalau bukan valentine day. Dilaksanakan setiap 14 Februari.  Pusat pembelanjaan yang menyediakan semua kebutuhannya (coklat, viesta, bunga, boneka, dll) itupun ramai dikunjungi oleh konsumen. Hotel bintang lima pun tak mau kalah. Mereka menyediakan layanan terbaik yang mereka miliki, cukup dibayar dengan harga miring. Diskotik, taman dan tempat–tempat yang mendukung adanya valentine day ini pun ramai oleh  adanya para pemuda–pemudi yang sedang di mabok cinta.

Kesadaran atas kesalahan yang mereka lakukan tak kunjung mereka sadari. Oleh sebab itu banyak perayaan yang mereka desain sebaik mungkin dan semenarik mungkin, agar para anak–anak zaman “z” ikut serta dalam meramaikan acaranya. Kalau sudah bicara tentang perayaan, pastinya nggak akan jauh dari pelaksanaan pesta pora. Meski hanya berduaan atau dengan temen–temen. Itulah tradisi yang tetep lestari dari tahun ke tahun.

Mereka terjerumus dalam gaya hidup hedonisme. Parahnya, gaya hidup ini banyak didukung oleh tayangan televisi ataupun promosi produk yang berusaha merangkul konsumen remaja. Dan hasilnya, banyak sekali remaja yang terhanyut dalam budaya pesta pora dan melupakan bahaya gaya hidup hedonisme. Hati–hati!

 

Hedonisme dan Bahaya Pesta Pora

Paham hedonisme pertama kali dikembangkan oleh dua orang filsuf Yunani, yaitu Epicurus (341–270 SM) dan Aristippus of Cyrine (435-366 SM). Istilah hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘hedon’ yang artinya kenikmatan, kegembiraan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia hedonisme merupakan pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagi tujuan utama dalam hidup. Jadi kaum hedonis menganggap bahwa orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sebisa mungkin menghindari perasaan–perasaan menyakitkan baginya. Prinsipnya, carpe diem (raihlah kebahagiaan sebanyak mungkin selagi kamu masih hidup).

Bagi mereka, bersenang–senang, pesta pora dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka ingin menikmati hidup senikmat nikmatnya. Hidupnya di jalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Pandangan mereka terangkum dalam pandangan Epikuris yang menyatakan, “bergembiralah engkauhari ini, puaskanlah nafsumu, karena besok engkau akan mati.”

Dari gaya hidup hedonisme inilah lahir budaya pesta pora. Kegiatan foya – foya yang menjanjikan kesenangan, kemeriahan dan hura- hura dalam kesehariannya. Budaya inilah, yang saat ini sedang digandrungi oleh para remaja. Naudzubillah!

 

Remaja Tangguh

Masa muda merupakan masa sempurnanya pertumbuhan fisik dan kekuatan seorang manusia. Itu merupakan nikmat besar dari Allah Ta`ala yang seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya untuk amal kebaikan guna meraih ridha-Nya. Dan sebagimana nikmat-nikmat besar lainnya yang diterima manusia, nikmat inipun nantinya akan ia pertanggungjawabkan di hadapan Allah Ta`ala.

Allah berfirman, yang artinya: “Tidakkah mereka itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, pada suatu hari yang dahsyat, (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam.” (QS al-Muthaffifiin: 4-6).

Kita sebagai generasi penerus perdaban Islam yang gemilang sudah seharusnya kita berkontribusi menuangkan segala kekuatan hanya untuk berjuang bersama. Bukankah kita adalah khalifah  di muka bumi ini. Begitupun tenaga kita punya peran besar untuk menegakkan khilafah ala minhajinnubuwah. Sedikit banyak kita berkontribusi akan mempengaruhi potret masa depan kita.

Kita hidup di dunia itu untuk mengumpulkan bekal sebanyak banyak nya agar kita bisa masuk surga waktu di akhirat kelak. Makannya jadi pemuda jangan mau jadi pemuda yang biasa biasa aja. Tunjukkin diri, bahwa kita adalah pemuda cerdas, nggak akan ada ruginya kalau kita jadi pemuda cerdas.

Bahkan ada sabda Rasulullah, Orang yang cerdas adalah orang yang mampu menundukkan hawa nafsunya dan beramal untuk kehidupan akhirat, sedang orang yang lemah adalah orang yang memperturutkan hawa nafsunya dan panjang angan terhadap Allah.” ( HR Tirmidzi).

Jadilah pemuda yang mempesona, menentang zaman dalam dekapan Islam yang membuncah di dalam dada. Allahu Akbar!*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X