Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.600 views

Gaya Gaul Remaja Milenial yang Layak Ditiru Remaja Gen Z

 

Oleh: Desi Wulan Sari

Pergaulan remaja milenial di tahun 80an dan awal 90an  berdasarkan pengamatan pribadi penulis tidak banyak menemukan kasus yang membuat miris hati para orang tua seperti Gen Z saat ini. Bukan berarti tidak ada masalah yang ditemukan, tetapi bukan menjadi persoalan utana yang menjadi beban orang tua.

Gaya remaja masa-masa itu tidak terlalu banyak terwarnai dengan gaya hedonis barat. Tidak banyak yang masuk dalam lingkungan remaja Indonesia pada umumnya. Hanya segelintir remaja kaya saja yang hidup dalam kemewahan.

Remaja yang dimaksud di sini adalah anak-anak yang berusia antara 12 - 18 tahun. Masa-masa ini mereka mencari jati diri dan eksistensinya. Dalam Islam memang tidak ada fase yang dinamakan masa remaja, yang ada hanyalah anak usia pra baligh dan telah baligh. Baligh yang dimaksud adalah tahap dimana seorang anak telah datang nasa  pubertasnya dengan ditandai mimpi basah mengeluarkan air mani untuk laki-laki dan keluarnya haid (darah) dari kemaluan untuk anak perempuan.

Gaya amazing remaja dulu bisa membuat senyum-senyum buat yang membacanya. Karena gaya tersebut bisa dikatakan jauh dari kata "gaul abis" versi remaja zaman sekarang.

Inilah beberapa gaya amazing remaja tahun 80an sampai awal tahun 90an.  Mungkin saja kejadulan mereka yang bersifat positif buat anak jaman sekarang bisa menjadi trend kembali. Gaya amazing tersebut antara lain:

1. Penampilan

Penampilan remaja dulu selalu berpenampilan apa adanya. Resensi utama dalam fashion mereka adalah majalah remaja terkenal masa itu, seperti majalah "Aneka", "Hai", "Gadis" dan yang lainnya. Wah bagus juga ...no virus demam korea atau demam barat.

2. Lingkungan Sekolah

Mereka lebih memprioritaskan urusan belajar dibanding yang lain. Di sekolah Guru adalah orang yang paling dihornati. Segalak-galaknya guru tetap mereka anggap sebagai orangtua sendiri. Untuk Kegiatan ekstrakulikuler merupakan kegiatan tambahan yang cukup bergengsi kala itu, seperti paskibra, basket, anak gunung, pramuka dan PMR (Palang Merah Remaja). Juga media informasi terkait ilmu pengetahuan menggunakan buku, koran, majalah iptek, museum dan lain sebagainya. Keren kan.

3. Teman Kumpul Bareng

Layaknya remaja ketika kumpul bareng, misalnya remaja putri akan membicarakan sesuatu yang seru menurutnya, antara lain membicarakan lawan jenis mereka. Ngobrolin kerennya mereka, lucunya mereka, pintarnya mereka, sambil makan camilan dan bersenda gurau. Lucunya lagi mereka rumpi cowok-cowok keren tapi tidak ada satu pun yang punya nyali untuk bicara atau mendekati sang idolanya. Alasannya malu, takut, gengsi (sebenarnya kadar keimanan remaja dulu masih terjaga) atau minimal sudah bisa melihat sang idola dari jauh saja sudah senang setengah mati.....hmm ok juga tuh caranya.

4. Saat Galau

Kerennya mereka dulu, saat kegalauan melanda layaknya remaja yang moody, mereka menuangkan kegalauannya seperti marah, sedih, sebel, senang, bahagia, de el el. Dengan menulis diary sebanyak-banyaknya dan terkadang sampai menitikkan air mata saat menulisnya. Karena menumpahkan semua rasa ataupun isi hati dalam sebuah tulisan bisa membuat perasaan lebih lega. Itu biasanya berlaku buat anak yang rajin menulis. Tetapi buat anak yang kurang suka menulis biasanya mereka mulai mencari teman atau orangtua sendiri untuk curhat isi hati yang nembuatnya galau. Pokoknya selalu ada solusi buat mengatasi kegalauan mereka. Iya juga ya....plong jadinya.

Begitulah sekelumit gaya amazing suka-sukaan remaja tempo dulu. Alangkah bijaknya jika kita mengambil nilai-nilai positif dari yang pernah mereka lakukan. Intinya adalah teknologi kekinian seperti gadget pribadi, internet, gaya hidup hedonis, ataupun mengikuti gaya hidup idola remajanya yang sudah jauh dari nilai-nilai agama, jangan sampai dituruti dengan dalih perkembangan zaman. Tentunya hal itu merupakan jalan kerusakan bagi generasi Z saat ini.

Ngerinya pergaulan remaja saat ini sudah dalam taraf mengkhawatiran. Ditambah pelemahan akidah yang sengaja di-setting dalam sistem  sekuler hari ini.

Sejatinya remaja sekarang perlu kembali dirangkul dan diarahkan kembali pada koridor syariat yang benar. Meninggikan nilai ketakwaan dan memperindah nilai tsaqofah (kepribadian Islam) sehigga terbentuk generasi muda cemerlang yang smart dan juga bersyari'at. Wallahu a'lam bishawab.[]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X