Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.047 views

Ada Apa dengan Zaky dan Safira?

 

Oleh:

Nani Hazkia*

 

NAMA Zaky dan Safira tiba-tiba viral di jagat dunia maya. Siapakah Zaki dan Safira ini?  Apakah artis pendatang baru yang mengalahkan artis yang sudah lama tenar?  Ternyata Zaki dan Safira tak lain merupakan nama  tokoh dalam salah satu soal esai UNBK Matematika yang beberapa hari lalu di kerjakan oleh para siswa tingkat SMA/MA sederajat. (Kompas.com, 4/4/19)

Usut punya usut nama Zaky dan Safira viral karena para siswa merasa salah satu  soal UNBK Matematika ini dirasa tidak masuk akal.  Mereka diminta menghitung kemungkinan password atau kata kunci yang bisa dibuat Zaky maupun Safira yang hendak membuat akun e-mail.  Kemudian, password yang dipakai juga mesti mengkombinasikan unsur nama dan angka sebanyak 8 karakter. (Kompas.com, 4/4/19)  

Maka, tak heran para siswa SMA/MA sederajat pun akhirnya menumpahkan keluh kesahnya mengenai soal ini di akun komentar media sosial Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Inilah yang membuat nama Zaky dan Safira mendadak viral seketika.  Juga, sebab komentarnya kreatif dan mengundang gelak tawa para nitizen  yang turut membacanya. Salah satunya berikut ini.

"Saya heran nih sama SAFIRA, katanya membuat password 8 karakter. Tapi dicontohnya SAFIRA123, SAFIRA321, 456SAFIRA, 046SAFIRA, itu kan 9 karakter.  SAFIRA yang buat password saya yang pusing." Tulis akun @naufalnazh di akun instagram @kemdikbud.ri.  (Kompas.com, 4/4/19)

Sementara itu UNBK sendiri dilaksanakan pada tanggal 1,2,4 dan 8 April 2019. Para siswa diuji mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan satu mata pelajaran jurusan.

Permasalahan salah satu soal esai UNBK Matematika ini patut disoroti bukan hanya karena komentar mengenai Zaky dan Safira  yang penuh humor. Namun, juga mengenai soal tidak masuk akal, evaluasi kemampuan siswa serta sistem pendidikan Indonesia sendiri.

Memang kalau membahas persoalan pendidikan di Indonesia terbilang cukup pelik. Tak hanya kurang fasilitas, banyak gedung sekolah rusak, bahkan ada yang tak punya bangunan sama sekali dan lain sebagainya. Belum lagi anak-anak yang kurang kemampuan dalam ekonomi sehingga tidak bisa bersekolah. Ditambah degradasi moral yang tak hanya menimpa murid bahkan guru. Serta permasalahan kenakalan remaja seperti tawuran, seks bebas, narkoba, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, di Indonesia para pelajar mesti menguasai semua bidang mata pelajaran seperti Matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Padahal, bisa jadi mereka tidak mampu menguasai ilmu eksak,  namun mahir dalam seni. Bisa jadi pula mereka tidak bisa dalam ilmu apapun baik itu dari eksak maupu non eksak tapi mereka pandai dalam olahraga.

Apalagi, siswa-siswa tingkat SMA sederajat juga diharuskan sudah melakukan penjurusan dan harusnya linier seperti IPA, IPS, Agama, Bahasa dan lainnya. Meskipun sekarang ada pelajaran yang lintas jurusa. Namun, bisa jadi pula mereka tak mampu dalam menguasainya.

Dalam  negara yang sudah maju seperti Amerika, atau Negara yang sistem pendidikannya sudah bagus seperti Finlandia. Para siswa tidak dipaksa menguasai mata pelajaran yang bisa jadi mereka tidak mampu menguasai. Mereka dibebaskan memilih mata pelajaran apa yang ingin dipelajarinya. Bahkan boleh lintas jurusan. 

Sedangkan, dalam Islam sendiri pendidikan itu wajib bagi seluruh kaum muslimin. Makanya, tak heran ketika Islam diterapkan. Sekolah baik dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi, akan memungut biaya murah bahkan gratis yang mana telah terjadi pada masa kekhilafahan. Belum lagi, mereka juga mendapat uang saku. Dan jika menghasilkan karya berupa buku maka buku itu akan ditimbang serta beratnya buku itu akan digantikan dengan emas yang sama beratnya. Jauh berbeda dengan sekarang mau sekolah yang bagus, maka bagus jua harganya

Apalagi, para pelajar pada masa kebangkitan Islam dididik dengan tsaqofah Islam mulai dari lever dasar setingkat SD sampai tingkat menengah. Pada tingkat menengah atas  barulah mereka boleh memilih jurusan sesuai yang mereka kehendaki meksipun itu lintas jurusan.

 Maka, wajar jika saat itu kalau ilmuan sudah pasti alim. Meskipun, tidak jadi ulama, akhlak mereka sudah dipastikan mulia. Tak seperti sekarang mengalami degradasi moral dan seolah terjadi pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum. Faktanya membuktikan dengan adanya sekolah umum dan sekolah agama seperti MA atau Pesantren dan sejenisnya.

Untuk sistem evaluasi sendiri, para siswa pada saat itu mendatangi guru mata pelajaran untuk mendapat ijazah. Jika pada satu guru belum selesai maka boleh dan tetap bisa melanjutkan ke mata pelajaran lainnya. Sementara yang tidak lulus cukup mengulang mata pelajaran yang tidak lulus saja. Tidak seperti sekarang meski ada remedial, namun tetap semua mencapai KKM dan maksimal 2 saja yang tidak lulus baru boleh melanjutkan ke mata pelajaran lain.

Makanya  ilmuan-ilmuan muslim tak hanya mumpuni dalam hal agama juga mampu menguasai berbagai cabang ilmu. Contohnya Imam Al-Ghazali, beliau tak hanya pandai dalam hal SAINS namun juga menguasai tasawuf dan filsafat.

Oleh karena itu jika ingin para pelajar yang tak hanya cerdas dalam ilmu agama juga ilmu dunia, serta mulia akhlaknya. Tidak ada jalan lain selain menerapkan sistem Islam dalam pendidikan. Tetapi penerapan sistem pendidikan Islam tidak bisa terwujud kecuali jika dengan adanya penerapan syariah Islam secara kaffah dalam seluruh lini kehidupan.*Alumni UIN Antasari Banjarmasin dan pemerhati sosial dan kemasyarakatan.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News
Kepada Siapa Umat Mesti Berharap?

Kepada Siapa Umat Mesti Berharap?

Kamis, 18 Jul 2019 06:38

Agama Menjadi Sumber Konflik?

Agama Menjadi Sumber Konflik?

Kamis, 18 Jul 2019 05:33

Ada Aroma Sekulerisasi Dibalik Wacana Penghapusan Pelajaran Agama

Ada Aroma Sekulerisasi Dibalik Wacana Penghapusan Pelajaran Agama

Kamis, 18 Jul 2019 04:47

Kontroversi Film Dua Garis Biru

Kontroversi Film Dua Garis Biru

Kamis, 18 Jul 2019 03:56

Jangan Setengah-setengah Mengambil Solusi Impor Sampah

Jangan Setengah-setengah Mengambil Solusi Impor Sampah

Kamis, 18 Jul 2019 02:51

Jerat Pajak Mencekik Rakyat

Jerat Pajak Mencekik Rakyat

Kamis, 18 Jul 2019 01:54

PB PII: Angin Surga Kursi Menteri dari Tokoh Muda Jangan Janji Belaka

PB PII: Angin Surga Kursi Menteri dari Tokoh Muda Jangan Janji Belaka

Kamis, 18 Jul 2019 00:31

Perusahaan Plat Merah Rajin Ngutang

Perusahaan Plat Merah Rajin Ngutang

Rabu, 17 Jul 2019 23:17

Bahaya Pinjaman dari Bank Dunia untuk Madrasah dan Solusinya

Bahaya Pinjaman dari Bank Dunia untuk Madrasah dan Solusinya

Rabu, 17 Jul 2019 23:07

Pengantin Pesanan, Beginikah Perempuan Diperlakukan?

Pengantin Pesanan, Beginikah Perempuan Diperlakukan?

Rabu, 17 Jul 2019 22:48

Bangun Infrastruktur Triliunan tapi Tak Jelas Hasil (Pendapatannya)

Bangun Infrastruktur Triliunan tapi Tak Jelas Hasil (Pendapatannya)

Rabu, 17 Jul 2019 22:17

Utang Salah Satu BUMN Ini Hampir 100 Triliun

Utang Salah Satu BUMN Ini Hampir 100 Triliun

Rabu, 17 Jul 2019 21:17

Menang atau Kalah Bukan Ukuran Kemuliaan

Menang atau Kalah Bukan Ukuran Kemuliaan

Rabu, 17 Jul 2019 21:17

Pakistan Tahan Pendiri Kelompok Jihad Lashkar-e-Taiba Hafiz Saeed

Pakistan Tahan Pendiri Kelompok Jihad Lashkar-e-Taiba Hafiz Saeed

Rabu, 17 Jul 2019 21:00

Bisakah Pengadilan Israel Memberikan Keadilan bagi Palestina?

Bisakah Pengadilan Israel Memberikan Keadilan bagi Palestina?

Rabu, 17 Jul 2019 20:41

6 Tentara Suriah Tewas Akibat Ledakan Bom Menghantam Konvoi Mereka di Daraa

6 Tentara Suriah Tewas Akibat Ledakan Bom Menghantam Konvoi Mereka di Daraa

Rabu, 17 Jul 2019 20:30

PP Muhammadiyah Gelar Seminar Internasional Bahaya Pornografi dan Cara Penyembuhannya

PP Muhammadiyah Gelar Seminar Internasional Bahaya Pornografi dan Cara Penyembuhannya

Rabu, 17 Jul 2019 20:08

Raja Salman Undang 200 Keluarga Korban Penembakan di Masjid Christchurch Tunaikan Ibadah Haji

Raja Salman Undang 200 Keluarga Korban Penembakan di Masjid Christchurch Tunaikan Ibadah Haji

Rabu, 17 Jul 2019 19:30

Tanggapi Laporan Al Jazeera, AQAP Bantah Miliki Hubungan Kerjasama dengan Pemerintah Bahrain

Tanggapi Laporan Al Jazeera, AQAP Bantah Miliki Hubungan Kerjasama dengan Pemerintah Bahrain

Rabu, 17 Jul 2019 18:15

Demonstran Sudan Tolak 'Kekebalan Absolut' untuk Para Jenderal

Demonstran Sudan Tolak 'Kekebalan Absolut' untuk Para Jenderal

Rabu, 17 Jul 2019 11:00


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Senin, 15/07/2019 01:21

ACN Serukan Masyarakat Tolak RUU PKS