Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.347 views

BJ Habibie Masih Memikirkan Nasib Indonesia

JAKARTA (voa-islam.com)- Ungkapan rasa duka cita terus mengalir dari masyarakat dan para tokoh atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ habibie yang berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Satu di antaranya datang dari Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie. Ia mengatakan, Habibie menghembuskan napas terakhirnya usai azan magrib dikumandangkan. 

"Meninggal setelah adzan magrib berakhir. Saat saya terima kabarnya, saya harap ini tanda-tanda almarhum meninggal dalam keadaan husnul khatimah," kata Jimly, melalui siaran pers yang diterima voa-islam.com.

Jimly mengatakan Habibie merupakan salah satu sosok yang sangat mencintai Indonesia. Ia mengungkapkan kecintaan suami alamarhum hasri Ainum Besari ini terhadap Indonesia terbukti saat dalam keadaan sakit pun Habibie  tetap memikirkan keadaan negara. 

"Yang paling pokok adalah dalam keadaan sakit pun beliau terus memikirkan Indonesia dan itu bukan hanya sekali sejak dulu sejak ia di Jerman, dulu sakit, ia dimasukan (keruang jenazah -red), karna sudah parah sekali diduga meninggal masuk keruang jenazah ternyata ia masih hidup, pas ia bangun langsung nulis puisi, puisi nya itu tentang Indonesia, tentang ibu pertiwi.”

"Sekarang gitu juga, begitu sakit kamarin, Indonesia saja yang dipikirkan, jadi kecintaan pada Indonesia itu harus jadi inspirasi bagi kita generasi sekarang," sambungnya.  

Lalu menurut Jimly, Habibie selalu memikirkan tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia. Salah satunya peningkatan SDM yang dibarengi dengan Iman dan Taqwa (IMTAQ). 

Jimly juga bercerita bahwa pada saat berkunjung ke RSPAD, habibie berpesan khusus kepada dirinya tentang demokrasi. Menurut Habibie proses peningkatan demokrasi di Indonesia belum selesai, ia pun meminta demokrasi di Indonesia untuk terus dirawat. 

"Ia selalu mengatakan bahwa kalau bagi dia sebagai tokoh teknologi sudah biasa, tapi impian dia tentang demokrasi itu penting sekali. Impian dia kualitas demokrasi kita, demokrasi berkualitas, berintegritas ini masih belum selesai, meminta untuk terus dirawat. Itu impian yang terus menerus diingatkan kepada kita," jelas Jimly.

Habibie dikatakan Jimly juga kerap berbicara soal masa depan demokrasi Indonesia. Menurutnya, dasar sistem dari demokrasi Indonesia saat ini telah dibangun Habibie.

Pada masa kepemimpinannya, Habibie telah melakukan beberapa kebijakan dalam demokrasi. Seperti pembuatan undang-undang (UU) untuk kebebasan pers, hingga menjadikan Bank Indonesia (BI) dan kejaksaan menjadi independen.

Nah itu KPU pun meskipun belum ada dibuat independen karena dia punya impian besar sekali mengenai demokrasi. Bahkan dia atas tuntutan masyarakat bersedia mempercepat pemilihan umum, dan dia pun mengimpikan pemilu langsung dan itu dari pikiran beliau sendiri," jelas Jimly. 

Jimly bahkan menceritakan saat Habibie diundang oleh Edorgan yang saat itu masih menjabat sebagai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI-nya) Turki untuk memberikan ceramah di salah stadion sepakbola yang ada di Turki dalam rangka ulang tahun KNPI-nya Turki.

"Sepanjang jalan menuju lapangan bola, nama Habibie diteriakkan anak-anak muda. Jadi dia tokoh mendunia. Apa sebabnya? Di dunia Islam khususnya IPTEK belum terlalu berkembang. Beda dengan dunia barat. Maka ketika ada seorang muslim, seorang profesor doktor bisa menguasai industri pesawat terbang di Jerman itu kebanggaan," imbuh dia.

Oleh karena itu, Jimly mengatakan bahwa kepergian Habibie sebagai kehilangan besar bagi bangsa Indonesia maupun dunia Islam. "Kita kehilangan, dunia Islam kehilangan," ungkapnya.

(Robi/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Selasa, 19/11/2019 19:31

Hak Anak dalam Islam