Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.040 views

Inilah 8 Langkah Bersabar Mendidik Buah Hati Saat Pandemi

  

Oleh: Priani, S.Pd*

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan di masa pandemi semakin menghimpit hati. Pendidikan anak yang biasanya diserahkan ke sekolah, beralih kepada orang tua sendiri. Bagi sebagian orang tua, hal ini sangat memberatkan. Karena selain bersusah payah mengais rizki juga dituntut mendampingi belajar sang buah hati. Emosi pun sering naik, karena sang anak tak kunjung mengerti. Rumah yang rapi berubah berantakan, tak sedap dipandang lagi. 

Pandemi ini sebuah kondisi di luar kuasa manusia. Ini merupakan qadha atau ketetapan dari Allah yang harusnya diterima dengan sabar dan ikhlas. Dan dampak dari itu semua merupakan ujian bagi manusia apakah semakin taat pada-Nya atau berpaling dari-Nya. Termasuk juga dalam hal mendidik anak, ini juga merupakan ujian bagi orang tua saat ini. 

Sebenarnya sabar dalam mendidik anak itu sepanjang waktu. Baik ada pandemi atau tidak. Kesabaran merupakan sifat yang wajib ada pada setiap orang tua. Seperti sabar dalam mengajarkan kebaikan, sabar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anak, sabar mendengarkan curhatan anak, sabar menghadapi perilaku buruk anak, sabar ketik hasil pendidikan belum berhasil, dan sabar menahan emosi. 

Penting sekali orang tua memiliki sifat sabar dalam mendidik anak. Berikut ada 8 langkah agar orang tua memiliki kesabaran dalam mendidik anak.

Pertama, pahami bahwa anak merupakan amanah dari Allah yang wajib didik berdasarkan aturan Allah. Islam sangat menjaga kedudukan anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Islam melarang orang tua menyakiti anak. Baik secara fisik maupun psikis. Tidak ada hukuman fisik bagi anak usia di bawah 10 tahun. Orang tua wajib menyayangi anak dan sabar mendidiknya. 

Kedua, pahami keutamaan bagi orang-orang yang sabar. Islam memerintahkan kepada seorang muslim untuk bersabar. Sabar adalah memelihara (menetapkan) jiwa pada ketaatan kepada Allah dan selalu menjaganya dan memeliharanya dengan keikhlasan serta memperbaikinya atau memperbagus dengan ilmu. Keutamaan orang yang bersabar selalu bersama dengan Allah, "Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar"(QS.Al-Anfal : 46). Sabar juga akan menjadi penolong, "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolong. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk" (QS. Al Baqarah : 45). Selain itu orang yang sabar akan mendapatkan pahala tanpa batas, diberi petunjuk, mendapat keberuntungan baik di dunia maupun di akhirat. 

Ketiga, yakinlah bahwa hidup ini penuh dengan ujian kesabaran. "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah :155). 

Termasuk juga bahwa anak juga merupakan ujian dari Allah. "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya diantara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar. (QS.At Taghabun:14-15)

Keempat, selalu berlatih mengelola hati agar tetap senantiasa dalam ketaatan. Seringlah beristighfar dan senantiasa jaga niat semata-mata untuk meraih ridha Allah.

Kelima, penting juga senantiasa berdoa kepada Allah agar senantiasa sabar dalam mendidik anak.

Keenam, rajin memupuk kesabaran dengan sering berada di majelis ilmu. Ibaratny sebuah HP jika baterainya habis, maka butuh diisi. Begitu juga hati ini butuh diisi dengan ilmu agar senantiasa hidup dan membawa kebaikan hidup.

Ketujuh, bangun kerjasama antara ayah dan bunda untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Kedelapan, beradalah di komunitas orang-orang yang sholih. Karena komunitas itu bisa menjaga kita dari kemaksiatan.

Semoga Allah senantiasa menjaga kita agar tetap sabar dalam mendidik anak-anak kita. Karena mereka merupakan generasi penerus bangsa. Jika kita tidak bisa sabar mendidik anak, lantas akan jadi apa masa depan bangsa ini? (rf/voa-islam.com)

*Penulis adalah Kepala Sekolah Taman TAUD Al Hanif Jombang dan praktisi Homeschooling Berbasis Aqidah Islam.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X