Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.530 views

Kiat Agar Bisa Meraih Qona'ah Seperti Shahabiyah

Oleh: Dian Salindri (Ibu Rumah Tangga)

Generasi salaf adalah generasi pertama dalam peradaban Islam, kisah mereka sarat dengan takwa karena senantiasa terpupuk oleh Al-Qur'an dan disirami oleh As-Sunnah langsung oleh Rasulullah SAW.  Kegigihan mereka dalam membela akidah dan mengorbankan segala yang dimiliki, harta dan jiwa raga demi membela Islam.

Termasuk  pula para shahabiyah, generasi wanita pertama dalam peradaban Islam. Mereka hidup di era Rasulullah. Banyak dari kisah para shahabiyah yang bisa kita teladani, khususnya menteladani sikap qona'ah yang mulia yang tertanam di setiap hati para shahabiyah.

Lihat saja kisah salah satu shahabiyah  Asma binti Abu Bakar, ia tidak merasa kecewa dan tetap ikhlas ketika sang ayah, Abu Bakar ra. Menyumbangkan seluruh hartanya demi tegaknya Islam. Suatu hari sang kakek, Abu Qufahah berkata “Demi Allah, aku mendengar bahwa Abu Bakar telah meninggalkanmu dan membawa seluruh hartanya.” Asma pun menjawab “Sekali-kali tidak wahai kakek, sungguh beliau meninggalkan harta yang banyak.” Kemudian Asma mengambil beberapa batu lalu diletakan batu-batu itu di dalam wadah tempat ayahnya biasa menyimpan uang, kemudian ditutupi kain, sehingga kakeknya yang buta itu mengira bahwa Abu Bakar menyisakan hartanya.

Keikhlasan Asma tersebut ada karena ia selalu bersyukur dan merasa cukup, itulah sikap qona'ah yang dimiliki Asma. Begitu pula saat Asma menikah dengan Zubair bin Awwam, seseorang yang tidak memiliki harta, tidak pula kekuasaan kecuali iman dan kudanya. Maka Asma pun ikhlas menjalani kehidupan sebagai istri dari Zubair.

Asma juga dikenal sangat dermawan, ia tidak pernah menunda sesuatu hingga esok hari. Pernah suatu ketika ia jatuh sakit, kemudian ia segera memberikan seluruh harta yang dimilikinya kepada yang membutuhkan. Karena takut kalau saja umurnya tidak ada lagi ia masih menyimpan harta.

Itulah Asma binti Abu Bakar, akhlaknya mulia sarat dengan takwa. Dan terdapat sikap qona'ah di dalam dirinya. Rasulullah pun pernah bersabda,”Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rezeki yang cukup dan qona'ah (merasa cukup) atas segala pemberian." (HR. Tarmidzi).

Sungguh mulia orang-orang yang memiliki sifat qona'ah. Lalu bagaimana Muslimah saat ini mampu memiliki sifat qona'ah seperti shahabiyah? Untuk mendapatkannya perlu ada kiat-kiat yang dengan izin Allah akan membawa kita kepada sikap qona'ah, di antaranya: _Pertama_, memperkuat iman kepada Allah. Kiat ini bisa dilakukan dengan mempelajari dan mendalami lagi tentang iman khususnya bab qadha dan qadar. Agar hati kita selalu ikhlas dan yakin, apa-apa yang ditakdirkan Allah untuk kita adalah yang terbaik.

_Kedua_, mentadaburi Al-Qur'an dan Hadits. Mempelajari dan merenungi firman-firman Allah Ta'ala dan hadits Rasulullah terutama yang berkaitan dengan takdir yang bisa melahirkan benih-benih qona'ah di dalam hati. Seperti firman Allah SWT, ”Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS. Hud: Ayat 6)

Ataupun: “Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Fatir: Ayat 2)

_Ketiga_, yakin bahwa rezeki tidak akan tertukar, cepat atau lambat pasti datang sesuai dengan yang Allah takdirkan.  Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia bertakwalah kalian kepada Allah dan carilah rezeki dengan cara yang baik, sesungguhnya seorang itu tidak akan mati sehingga lengkap jatah rezekinya. Jika rezeki itu terasa lambat datangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan carilah dengan cara yang, ambillah yang halal dan tinggalkanlah yang haram.” (Shahih. HR. Al Baihaqi)

_Keempat_, hidup sederhana. Orang yang ingin memiliki sifat qona'ah harus memulai hidup sederhana, merasa puas dengan makanan dan pakaian yang sederhana, serta mengarahkan keluarganya menuju pola hidup sederhana. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan berkekurangan orang yang hidup sederhana.”(HR. Ahmad dan Thabarani)

_Kelima_, membaca kisah Sirah sahabat Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca dan menghayati kisah para sahabat khususnya shahabiyah kita bisa mengambil hikmah dan teladan dari mereka.

_Keenam_, melihat ke bawah dalam hal dunia. Sebagaimana sabda Nabi SAW, “Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kamu dan janganlah melihat kepada orang yang lebih tinggi darimu. Yang demikian lebih layak agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan begitu kita akan senantiasa bersyukur sehingga kita selalu merasa cukup dengan apa yang Allah beri.

_Ketujuh_, menyadari beratnya tanggung jawab harta. Karena ketika seorang hamba ditanya tantang umur, badan, dan ilmunya maka hanya ditanya dengan satu pertanyaan yakni untuk apa, namun tentang harta maka dia dihisab dua kali, yakni dari mana memperoleh dan ke mana membelanjakannya. Hal ini menunjukkan beratnya hisab orang yang diberi amanah harta yang banyak sehingga dia harus dihisab lebih lama dibanding orang yang lebih sedikit hartanya.

_Kedelapan_, perbanyak berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dapat menggapai qona'ah. Bahkan Rasulullah pun pernah berdoa , “Ya Allah berikan aku sikap qona’ah terhadap apa yang Engkau rezekikan kepadaku, berkahilah pemberian itu dan gantilah segala yang luput (hilang) dariku dengan yang lebih baik.” (HR al-Hakim, beliau menshahihkannya, dan disetujui oleh adz-Dzahabi)

Demikian kiat-kiat  agar bisa meraih qona'ah seperti shahabiyah. Sebagai tambahan kita hendaknya selalu bersabar, ikhlas dan tidak terbuai dengan angan-angan, agar hati senantiasa merasa cukup. Senantiasa mengingat bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara, akan  ada kehidupan setelah kita mati. Sikap qona'ah ini akan menjadi salah satu bekal kita menuju surga. Aamiin. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Iran: Pakistan Akan Membayar Mahal Karena Sembunyikan Jihadis yang Menewaskan Anggota IRGC

Iran: Pakistan Akan Membayar Mahal Karena Sembunyikan Jihadis yang Menewaskan Anggota IRGC

Ahad, 17 Feb 2019 22:15

Trump Desak Negara Eropa Ambil Kembali Warganya yang Bergabung dengan Islamic State

Trump Desak Negara Eropa Ambil Kembali Warganya yang Bergabung dengan Islamic State

Ahad, 17 Feb 2019 21:35

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Ahad, 17 Feb 2019 19:21

3 Tentara AS Tewas dalam Serangan Bom Al-Shabaab di Pangkalan Militer Baledogle Selatan Somalia

3 Tentara AS Tewas dalam Serangan Bom Al-Shabaab di Pangkalan Militer Baledogle Selatan Somalia

Ahad, 17 Feb 2019 12:25

Fajar Hidayah Raih Silver Medal dari Dubes Republik Ceko

Fajar Hidayah Raih Silver Medal dari Dubes Republik Ceko

Ahad, 17 Feb 2019 12:12

Talkshow Bencana RUU P-KS di Medan

Talkshow Bencana RUU P-KS di Medan

Ahad, 17 Feb 2019 11:48

Erdogan: Turki Tidak Akan Batalkan Perjanjian Pembelian Rudal S-400 Rusia

Erdogan: Turki Tidak Akan Batalkan Perjanjian Pembelian Rudal S-400 Rusia

Ahad, 17 Feb 2019 11:35

Bahan Infrastruktur Dalam Negeri yang Kurang Diperhatikan

Bahan Infrastruktur Dalam Negeri yang Kurang Diperhatikan

Ahad, 17 Feb 2019 11:01

Jenderal Joseph Votel: Islamic State Masih Jauh dari Dikalahkan

Jenderal Joseph Votel: Islamic State Masih Jauh dari Dikalahkan

Ahad, 17 Feb 2019 10:45

AILA Edukasi Masyarakat untuk Tolakan RUU P-KS di Beberapa Kota

AILA Edukasi Masyarakat untuk Tolakan RUU P-KS di Beberapa Kota

Ahad, 17 Feb 2019 09:52

Harapan Pengamat ke Pemimpin akan Datang Kelola Infrastruktur

Harapan Pengamat ke Pemimpin akan Datang Kelola Infrastruktur

Ahad, 17 Feb 2019 09:01

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Ahad, 17 Feb 2019 08:36

Ketika Bangun Infrastruktur tidak Tengok Kiri dan Kanan

Ketika Bangun Infrastruktur tidak Tengok Kiri dan Kanan

Ahad, 17 Feb 2019 07:01

Dianggap Menuding, BPN Tantang TKN sebut Nama

Dianggap Menuding, BPN Tantang TKN sebut Nama

Ahad, 17 Feb 2019 05:01

Remaja Melek Politik, Jadi Sasaran Politisi?

Remaja Melek Politik, Jadi Sasaran Politisi?

Ahad, 17 Feb 2019 01:17

Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Ahad, 17 Feb 2019 00:59

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

Sabtu, 16 Feb 2019 23:25

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Sabtu, 16 Feb 2019 22:25

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Sabtu, 16 Feb 2019 21:25


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X