Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.157 views

Kiat Agar Bisa Meraih Qona'ah Seperti Shahabiyah

Oleh: Dian Salindri (Ibu Rumah Tangga)

Generasi salaf adalah generasi pertama dalam peradaban Islam, kisah mereka sarat dengan takwa karena senantiasa terpupuk oleh Al-Qur'an dan disirami oleh As-Sunnah langsung oleh Rasulullah SAW.  Kegigihan mereka dalam membela akidah dan mengorbankan segala yang dimiliki, harta dan jiwa raga demi membela Islam.

Termasuk  pula para shahabiyah, generasi wanita pertama dalam peradaban Islam. Mereka hidup di era Rasulullah. Banyak dari kisah para shahabiyah yang bisa kita teladani, khususnya menteladani sikap qona'ah yang mulia yang tertanam di setiap hati para shahabiyah.

Lihat saja kisah salah satu shahabiyah  Asma binti Abu Bakar, ia tidak merasa kecewa dan tetap ikhlas ketika sang ayah, Abu Bakar ra. Menyumbangkan seluruh hartanya demi tegaknya Islam. Suatu hari sang kakek, Abu Qufahah berkata “Demi Allah, aku mendengar bahwa Abu Bakar telah meninggalkanmu dan membawa seluruh hartanya.” Asma pun menjawab “Sekali-kali tidak wahai kakek, sungguh beliau meninggalkan harta yang banyak.” Kemudian Asma mengambil beberapa batu lalu diletakan batu-batu itu di dalam wadah tempat ayahnya biasa menyimpan uang, kemudian ditutupi kain, sehingga kakeknya yang buta itu mengira bahwa Abu Bakar menyisakan hartanya.

Keikhlasan Asma tersebut ada karena ia selalu bersyukur dan merasa cukup, itulah sikap qona'ah yang dimiliki Asma. Begitu pula saat Asma menikah dengan Zubair bin Awwam, seseorang yang tidak memiliki harta, tidak pula kekuasaan kecuali iman dan kudanya. Maka Asma pun ikhlas menjalani kehidupan sebagai istri dari Zubair.

Asma juga dikenal sangat dermawan, ia tidak pernah menunda sesuatu hingga esok hari. Pernah suatu ketika ia jatuh sakit, kemudian ia segera memberikan seluruh harta yang dimilikinya kepada yang membutuhkan. Karena takut kalau saja umurnya tidak ada lagi ia masih menyimpan harta.

Itulah Asma binti Abu Bakar, akhlaknya mulia sarat dengan takwa. Dan terdapat sikap qona'ah di dalam dirinya. Rasulullah pun pernah bersabda,”Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rezeki yang cukup dan qona'ah (merasa cukup) atas segala pemberian." (HR. Tarmidzi).

Sungguh mulia orang-orang yang memiliki sifat qona'ah. Lalu bagaimana Muslimah saat ini mampu memiliki sifat qona'ah seperti shahabiyah? Untuk mendapatkannya perlu ada kiat-kiat yang dengan izin Allah akan membawa kita kepada sikap qona'ah, di antaranya: _Pertama_, memperkuat iman kepada Allah. Kiat ini bisa dilakukan dengan mempelajari dan mendalami lagi tentang iman khususnya bab qadha dan qadar. Agar hati kita selalu ikhlas dan yakin, apa-apa yang ditakdirkan Allah untuk kita adalah yang terbaik.

_Kedua_, mentadaburi Al-Qur'an dan Hadits. Mempelajari dan merenungi firman-firman Allah Ta'ala dan hadits Rasulullah terutama yang berkaitan dengan takdir yang bisa melahirkan benih-benih qona'ah di dalam hati. Seperti firman Allah SWT, ”Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS. Hud: Ayat 6)

Ataupun: “Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Fatir: Ayat 2)

_Ketiga_, yakin bahwa rezeki tidak akan tertukar, cepat atau lambat pasti datang sesuai dengan yang Allah takdirkan.  Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia bertakwalah kalian kepada Allah dan carilah rezeki dengan cara yang baik, sesungguhnya seorang itu tidak akan mati sehingga lengkap jatah rezekinya. Jika rezeki itu terasa lambat datangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan carilah dengan cara yang, ambillah yang halal dan tinggalkanlah yang haram.” (Shahih. HR. Al Baihaqi)

_Keempat_, hidup sederhana. Orang yang ingin memiliki sifat qona'ah harus memulai hidup sederhana, merasa puas dengan makanan dan pakaian yang sederhana, serta mengarahkan keluarganya menuju pola hidup sederhana. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan berkekurangan orang yang hidup sederhana.”(HR. Ahmad dan Thabarani)

_Kelima_, membaca kisah Sirah sahabat Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca dan menghayati kisah para sahabat khususnya shahabiyah kita bisa mengambil hikmah dan teladan dari mereka.

_Keenam_, melihat ke bawah dalam hal dunia. Sebagaimana sabda Nabi SAW, “Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kamu dan janganlah melihat kepada orang yang lebih tinggi darimu. Yang demikian lebih layak agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan begitu kita akan senantiasa bersyukur sehingga kita selalu merasa cukup dengan apa yang Allah beri.

_Ketujuh_, menyadari beratnya tanggung jawab harta. Karena ketika seorang hamba ditanya tantang umur, badan, dan ilmunya maka hanya ditanya dengan satu pertanyaan yakni untuk apa, namun tentang harta maka dia dihisab dua kali, yakni dari mana memperoleh dan ke mana membelanjakannya. Hal ini menunjukkan beratnya hisab orang yang diberi amanah harta yang banyak sehingga dia harus dihisab lebih lama dibanding orang yang lebih sedikit hartanya.

_Kedelapan_, perbanyak berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dapat menggapai qona'ah. Bahkan Rasulullah pun pernah berdoa , “Ya Allah berikan aku sikap qona’ah terhadap apa yang Engkau rezekikan kepadaku, berkahilah pemberian itu dan gantilah segala yang luput (hilang) dariku dengan yang lebih baik.” (HR al-Hakim, beliau menshahihkannya, dan disetujui oleh adz-Dzahabi)

Demikian kiat-kiat  agar bisa meraih qona'ah seperti shahabiyah. Sebagai tambahan kita hendaknya selalu bersabar, ikhlas dan tidak terbuai dengan angan-angan, agar hati senantiasa merasa cukup. Senantiasa mengingat bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara, akan  ada kehidupan setelah kita mati. Sikap qona'ah ini akan menjadi salah satu bekal kita menuju surga. Aamiin. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Anak yatim ini kritis tak sadarkan diri dibacok preman tak dikenal saat bekerja sebagai penjaga warnet. Tubuhnya terkapar tak sadarkan diri, bersimbah darah terluka parah di bagian leher, punggung,...

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Latest News
Papua Membara; Kedaulatan Meregang!

Papua Membara; Kedaulatan Meregang!

Jum'at, 23 Aug 2019 01:44

India Gunakan Lagu-lagu Patriotisme Pop Desak Umat Hindu untuk Klaim Kashmir

India Gunakan Lagu-lagu Patriotisme Pop Desak Umat Hindu untuk Klaim Kashmir

Kamis, 22 Aug 2019 22:03

Suriah Klaim Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Warga Sipil yang Melarikan Diri dari Idlib

Suriah Klaim Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Warga Sipil yang Melarikan Diri dari Idlib

Kamis, 22 Aug 2019 21:59

PM Pakistan: Tidak Ada Gunanya Dialog dengan India Terkait Kashmir

PM Pakistan: Tidak Ada Gunanya Dialog dengan India Terkait Kashmir

Kamis, 22 Aug 2019 21:55

Pasukan GNA Rebut Kembali Posisi-posisi Penting di Selatan Ibukota Tripoli dari Milisi Haftar

Pasukan GNA Rebut Kembali Posisi-posisi Penting di Selatan Ibukota Tripoli dari Milisi Haftar

Kamis, 22 Aug 2019 21:45

HRW Minta Myanmar dan Bangladesh Batalkan Pemulangan Rohingya ke Rakhine

HRW Minta Myanmar dan Bangladesh Batalkan Pemulangan Rohingya ke Rakhine

Kamis, 22 Aug 2019 21:15

Turki-AS Setuju untuk Luncurkan Fase Pertama Rencana Zona Aman Suriah

Turki-AS Setuju untuk Luncurkan Fase Pertama Rencana Zona Aman Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 20:53

Pengungsi Rohingya: Lebih Baik Mati Daripada Dipulangkan ke Myanmar

Pengungsi Rohingya: Lebih Baik Mati Daripada Dipulangkan ke Myanmar

Kamis, 22 Aug 2019 20:45

Penyerangan Imam Musthafa Terhadap Aparat Polisi di Mapolsek Wonokromo Aksi Terorisme?

Penyerangan Imam Musthafa Terhadap Aparat Polisi di Mapolsek Wonokromo Aksi Terorisme?

Kamis, 22 Aug 2019 20:45

AS: Kekerasan Brutal di Suriah Harus Dihentikan

AS: Kekerasan Brutal di Suriah Harus Dihentikan

Kamis, 22 Aug 2019 18:54

Peran Ibu dalam Mendidik Anak

Peran Ibu dalam Mendidik Anak

Kamis, 22 Aug 2019 18:22

Rezim Assad yang Didukung Rusia Mengepung Barat Laut Suriah

Rezim Assad yang Didukung Rusia Mengepung Barat Laut Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 17:50

NATO: 2 Tentara AS Terbunuh di Afghanistan

NATO: 2 Tentara AS Terbunuh di Afghanistan

Kamis, 22 Aug 2019 17:43

Ikuti Workshop Quantum Secret, Solusi Tarik Rizki yang Sempit

Ikuti Workshop Quantum Secret, Solusi Tarik Rizki yang Sempit

Kamis, 22 Aug 2019 17:08

PromoBox : Template Desain Keren dengan Teks Iklan Menjual, Pre Order Now!

PromoBox : Template Desain Keren dengan Teks Iklan Menjual, Pre Order Now!

Kamis, 22 Aug 2019 17:00

PBB Peringatkan 3 Juta Orang Berisiko Terkena Serangan di Barat Laut Suriah

PBB Peringatkan 3 Juta Orang Berisiko Terkena Serangan di Barat Laut Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 16:37

Ekonom Abdalla Hamdok Jadi PM Sudan yang Baru dari Warga Sipil

Ekonom Abdalla Hamdok Jadi PM Sudan yang Baru dari Warga Sipil

Kamis, 22 Aug 2019 16:29

Soal UAS dan FPI, HNW Tegur Media Ini Berkali-kali

Soal UAS dan FPI, HNW Tegur Media Ini Berkali-kali

Kamis, 22 Aug 2019 15:15

Memperbaiki Negara Kita Agar Lebih Baik

Memperbaiki Negara Kita Agar Lebih Baik

Kamis, 22 Aug 2019 15:00

Pidato Jokowi Dikritik karena Tak Singgung Perdagangan Orang

Pidato Jokowi Dikritik karena Tak Singgung Perdagangan Orang

Kamis, 22 Aug 2019 14:15


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Selasa, 20/08/2019 16:05

Doa Menjadi Orang Bersyukur