Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.456 views

Erdogan: Netanyahu akan Diadili Sebagai Penjahat Perang, Penjagal Gaza

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Senin (4/12/2023) mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada akhirnya akan diadili sebagai penjahat perang atas serangan Israel di Jalur Gaza.

Ia juga mengecam negara-negara Barat yang mendukung Israel.

Turki, yang mendukung solusi dua-negara dalam konflik yang telah berlangsung puluhan tahun tersebut, telah mengkritik tajam Israel atas operasi mereka di Gaza, yang diluncurkan sebagai tanggapan atas amukan kelompok militan Hamas pada 7 Oktober.

Hampir 15.900 orang telah terbunuh akibat serangan udara dan darat yang dilancarkan pasukan Israel, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Dalam pidatonya pada pertemuan komite Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Erdogan mengatakan negara-negara Barat yang mendukung Israel berarti memberikan "dukungan tanpa syarat untuk membunuhi bayi" serta terlibat dalam kejahatannya.

"Selain menjadi penjahat perang, Netanyahu, yang saat ini menjadi penjagal Gaza, akan diadili sebagai penjagal Gaza, sama seperti Milosevic yang sudah diadili," kata Erdogan.

Ia mengacu pernyataannya itu pada mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic, yang diadili atas tuduhan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan kejahatan perang di Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag.

"Mereka yang mencoba mengabaikan kematian orang-orang tak berdosa dengan dalih Hamas, tidak punya apa pun untuk dikatakan kepada umat manusia," katanya, sambil mengacu pada kekuatan Barat yang disebutnya "buta dan tuli".

Tidak seperti kebanyakan sekutu-sekutu Barat dan beberapa negara Teluk, Turki yang merupakan anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) tidak memandang Hamas sebagai kelompok teroris, serta menjadi tempat tinggal bagi beberapa anggota kelompok itu.

Erdogan mengatakan kelompok kontak negara-negara Muslim, yang dibentuk oleh OKI dan Liga Arab bulan lalu untuk mengadakan pembicaraan mengenai Gaza dengan negara-negara Barat dan negara-negara lain, akan melanjutkan diskusi hingga pertempuran di Gaza dihentikan.

Namun, dia menambahkan bahwa masih banyak lagi langkah yang harus dilakukan.

"Kita harus benar-benar mengevaluasi Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dalam kerangka ini," katanya, sambil menambahkan persenjataan nuklir Israel tidak boleh dilupakan.

Erdogan, yang telah lama menyerukan agar Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) direformasi menjadi lebih inklusif, juga mengatakan bahwa PBB telah gagal terkait Gaza.

Presiden Turki itu juga menyerukan reformasi agar segera dilakukan. Ia mengulangi pernyataan bahwa lima anggota tetap Dewan Keamanan --Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, dan Prancis-- tidak mewakili dunia.

"Upaya tulus Sekretaris Jenderal (Antonio) Guterres disabotase oleh anggota Dewan Keamanan. Tidak seorang pun dari kita harus menerima sistem ini. Struktur seperti itu tidak mungkin membawa perdamaian atau harapan bagi umat manusia," ujarnya. (ANT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X