Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.673 views

Salam Yang Tertukar

Oleh: Leli Novitasari

(Guru Tahfizh, Aktivis Muslimah Peduli Generasi)

Kian sering diucapkan dalam sebuah pertemuan juga pidato menggunakan salam lintas agama, yang diyakini oleh sebagian kalangan masyarakat sebagai bentuk sikap toleransi terhadap berbagai keyakinan.

Hal ini pun menuai kontra. Diantaranya dari MUI Jawa Timur yang menghimbau umat Islam dan para pemangku kebijakan atau pejabat untuk menghindari pengucapan salam dari agama lain saat membuka acara resmi.

Imbauan tersebut termaktub dalam surat edaran bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang ditandatangani oleh Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori dan Sekretaris Umum Ainul Yaqin. Dalam surat itu, MUI Jatim menyatakan bahwa mengucapkan salam semua agama merupakan sesuatu yang bidah, mengandung nilai syuhbat, dan patut dihindari oleh umat Islam. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (10/11).

Patut diapresiasi dengan  adanya reaksi atas pengucapan salam berbagai agama yang dilakukan oleh para pemangku jabatan. Karena mereka adalah tokoh publik yang segala tingkah laku juga ucapannya dilihat oleh masyarakat banyak.

Namun perlu dicermati, kekeliruan pengucapan salam yang tertukar ini ada sebabnya dan tidak boleh dipandang remeh. Sebagian besar disebabkan gagal pahamnya umat Islam memaknai salam plural juga terdapat faktor-faktor lain, diantaranya :

Pertama  kurangnya umat ini memahami bahasa Arab yang menjadi bahasa Universal dalam ajaran agama Islam. Akibatnya menjadikan umat ini kurang memaknai arti salam.

Bila sapa menyapa menggunakan bahasa Indonesian biasa digunakan dengan mengaitkan waktu kapan salam itu diucapkan. Semisal selamat pagi, selamat siang atau selamat malam.

Namun pengertian salam dalam ajaran agama Islam yang menggunakan bahasa Arab, mengandung makna yang mendalam serta tidak terkait oleh waktu kapan diucapkan. Dalam hal ini pengertiannya pun tak sebatas basa-basi saat menyapa. Melainkan sapaan yang berisikan doa.

Korelasi salam sebagai doa ditegaskan dalam hadist, dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim.” (H.R Muslim no. 54.)

Salam adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Walau berbeda wilayah, salam terhadap sesama muslim antar benua tetaplah sama.

Mengucapkan salam hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya.

Al-Quran menegaskan, selain doa, salam adalah bentuk penghormatan.

"Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu" ( QS An-Nisaa' : 86)

Kedua, masuknya pemikiran-pemikiran asing yang membuat kaum Muslim mengkompromikan ajaran Islam. Seperti mentolerir pemikiran pluralisme di negeri yang plural ini. Faktanya ternyata pemikiran asing tersebut bertentangan dengan ajaran Islam.

Contohnya, pandangan bahwa sebagai bentuk toleransi antar umat beragama harus menggunakan salam berbagai lintas keyakinan. Agar semua masyarakat hidup damai tentram sejahtera.

Tapi apakah pengucapan tersebut sudah benar adanya? Bagaimana cara menjawab salam yang beragam tersebut? Lalu apakah dalam ajaran Islam membolehkan penggunaan salam dalam keyakinan lain? Padahal belum tahu pasti apakah pengucapan salam tersebut mengandung makna dari tiap masing-masing keyakinan.

Perlu dibedakan antara pengertian plural dan plurailsme. Dalam Islam tidak menafikkan adanya masyarakat yang plural. Tapi dalam ajaran Islam sangat bertentangan dengan pemahaman pluralisme, dimana di dalamnya menganggap semua agama itu benar.

Allah ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

Maka salam selain daripada Islam pasti tertolak. Tak bernilai apapun dihadapan Nya. Dari penjelasan di atas diketahui jelas bahwa kaum Muslim mempunyai keyakinan yang berbeda (menolak pluralisme). Walau keberadaan masyarakat yang plural di negeri ini memiliki budaya, kultur dan keyakinan yang beragam. Hakikatnya umat Islam harus memiliki akidah Islamiyah, keyakinan yang memancarkan pemikiran juga aturan di dalamnya. Bentuk toleransi pun sudah ada ketetapannya dalam Al Qur'an.

Tertuang dalam QS. Al-Kafirun ayat 5 , "lakum dinnukum waliyyadiin" (untukmu agamamu, dan untukku agamaku).

Bentuk toleransi dalam Islam ialah toleransi yang tetap dibatasi oleh akidah.

Tuntunan yang dijelaskan dalam dalil di atas menjelaskan bahwa salam juga merupakan bagian dari ajaran Islam. Satu kesatuan dengan akidah. Yang di dalamnya harus kita yakini bahwa salam juga terkait kita meminta doa keselamatan hanya pada Allah semata.

Kesadaran umat Islam harus dibangun sejak dini. Dimana akidah ini mampu memberikan rem pakem saat bersosialisasi di masyarakat umum yang plural.

Akidah yang benar haruslah berasal dari Al Qur'an dan As Sunnah. Percaya pada Allah sampai percaya adanya hari akhir, maka di dalamnya terdapat konsekuensi keimanan. Yang berarti segala perbuatan maupun ucapan haruslah bisa dipertanggungjawabkan dihadapan Sang Khaliq kelak.

Peran para ulama juga tokoh cendikiawan muslim sangat dibutuhkan oleh umat Islam saat ini. Penting dan harus digaris bawahi bahwa mengedukasi umat Islam dalam proses pentransferan ilmu hendaknya bukan sekedar taklim semata atau sebatas nasihat-nasihat. Tapi juga perlu disampaikan adalah wajibnya menerapkan seluruh ajaran Islam dalam kehidupan yang mencakup konsekuensi di dalamnya. Agar pemahaman akidah Islam tak sebatas teori namun diterapkan atas dasar kesadaran.

Wallahu'alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Latest News
Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Mematikan Cina Melonjak Jadi 80 Orang, Lebih 2700 Terkonfirmasi

Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Mematikan Cina Melonjak Jadi 80 Orang, Lebih 2700 Terkonfirmasi

Senin, 27 Jan 2020 11:19

Tanggapi Pernyataan Mahfud MD, Ustaz Tengku: Yang Haram Itu Sistem Pemerintahan Firaun dan Namrud

Tanggapi Pernyataan Mahfud MD, Ustaz Tengku: Yang Haram Itu Sistem Pemerintahan Firaun dan Namrud

Senin, 27 Jan 2020 10:06

Israel Resmi Izinkan Warganya Kunjungi Arab Saudi untuk Berbisnis Dan Haji

Israel Resmi Izinkan Warganya Kunjungi Arab Saudi untuk Berbisnis Dan Haji

Senin, 27 Jan 2020 09:57

Jubir FPI: Jika Akhir Hayat Johny Indo Muslim, Jenazahnya Wajib Diurus Secara Islam

Jubir FPI: Jika Akhir Hayat Johny Indo Muslim, Jenazahnya Wajib Diurus Secara Islam

Senin, 27 Jan 2020 08:29

Anak dan Istri Kedua Johny Indo: Papa Ingin Dikubur Secara Islam

Anak dan Istri Kedua Johny Indo: Papa Ingin Dikubur Secara Islam

Senin, 27 Jan 2020 08:01

Workshop Kasus Reyhnhard Sinaga

Workshop Kasus Reyhnhard Sinaga

Senin, 27 Jan 2020 06:57

Cinta dalam Sepenggal Nasihat

Cinta dalam Sepenggal Nasihat

Senin, 27 Jan 2020 05:45

Perusahaan Keamanan UEA Bujuk Pria Sudan untuk Bertempur di Libya dan Yaman

Perusahaan Keamanan UEA Bujuk Pria Sudan untuk Bertempur di Libya dan Yaman

Ahad, 26 Jan 2020 22:00

Tentara Pemerintah Tewaskan 2 Pemimpin Militer Syi'ah Houtsi dalam Pertempuran Dekat Sana'a

Tentara Pemerintah Tewaskan 2 Pemimpin Militer Syi'ah Houtsi dalam Pertempuran Dekat Sana'a

Ahad, 26 Jan 2020 20:00

Atlet Rugby Sonny B. Williams Tolak Gunakan Logo Perusahaan Taruhan Karena Bertentangan dengan Islam

Atlet Rugby Sonny B. Williams Tolak Gunakan Logo Perusahaan Taruhan Karena Bertentangan dengan Islam

Ahad, 26 Jan 2020 19:06

Korban Luka Akibat Gempa Bumi di Turki Meningkat Jadi 1.234 Orang

Korban Luka Akibat Gempa Bumi di Turki Meningkat Jadi 1.234 Orang

Ahad, 26 Jan 2020 16:37

HNW Kritik Wacana Teks Khotbah Jumat Diatur Pemerintah

HNW Kritik Wacana Teks Khotbah Jumat Diatur Pemerintah

Ahad, 26 Jan 2020 15:40

Musykerwil Persis Jabar: Kang Emil Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Pimpin Jabar

Musykerwil Persis Jabar: Kang Emil Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Pimpin Jabar

Ahad, 26 Jan 2020 13:00

Pentingnya Edukasi dalam Menurunkan Angka Perokok di Indonesia

Pentingnya Edukasi dalam Menurunkan Angka Perokok di Indonesia

Ahad, 26 Jan 2020 11:30

Membangun Generasi Emas di Masa Depan

Membangun Generasi Emas di Masa Depan

Ahad, 26 Jan 2020 11:15

Tiga Pesan KH. Aceng Zakaria Saat Resmikan Mukernas PP Persistri

Tiga Pesan KH. Aceng Zakaria Saat Resmikan Mukernas PP Persistri

Ahad, 26 Jan 2020 11:01

Korupsi dan Demokrasi

Korupsi dan Demokrasi

Ahad, 26 Jan 2020 10:58

Waspada Virus Corona, Pemerintah Diminta Perketat Jalur Masuk ke Indonesia

Waspada Virus Corona, Pemerintah Diminta Perketat Jalur Masuk ke Indonesia

Ahad, 26 Jan 2020 10:32

Wagub Sultra: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Wagub Sultra: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Ahad, 26 Jan 2020 09:37

Meluruskan Salah Tafsir Wajibnya Jilbab

Meluruskan Salah Tafsir Wajibnya Jilbab

Sabtu, 25 Jan 2020 23:59


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Sabtu, 25/01/2020 21:20

Uyghur Vs Hantu Corona China