Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.529 views

Kenapa Ayam Bisa Kelaparan di Lumbung Padi?

 

Oleh:

Ummu Hafidz

Mobalighoh, Tokoh masyarakat Kabupaten Magetan

 

ALLAH Subhanallahu wa ta' ala Pencipta dan Pengatur telah memberikan banyak potensi kepada manusia. Salah satunya adalah potensi kebutuhan jasmani.

Dari potensi itulah manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk keberlangsungan hidupnya. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan yang sangat urgen, karena ketika kebutuhan pangan ini tidak tercukupi maka ancaman  busung lapar hingga kematian ada di depan mata.

Artinya keberlangsungan kehidupan manusia di bumi ini sangat bergantung pada tercukupinya kebutuhan pangan. Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang telah menundukkan semua  yang ada di bumi dan di langit untuk mencukupi kebutuhan manusia. Hewan, tumbuhan, air, tanah, matahari, dan udara telah di limpahkan kepada manusia. Sehingga manusia bisa dengan mudah mencukupi kebutuhan tubuhnya dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, juga mineral.

Anehnya sampai detik ini manusia masih mengalami masalah kekurangan pangan atau krisis pangan dan kemiskinan yang berdampak pada busung lapar dan stunting ( kekerdilan ).

Apa yang salah ?

Di Indonesia sendiri tahun ini 2019 per Maret BPS mencatat masih ada 25, 14 juta jiwa atau 9, 82% total penduduk yang masih miskin. Penduduk dikatakan miskin jika pendapatan per kapita per bulannya adalah 425.250. Angka stunting pun masih tinggi 30,8 %. Sementara 10,2 % anak - anak di bawah umur lima tahun kurus.

Dari data - data di atas jelas masyarakat kita masih belum terpenuhi kebutuhan pangannya. Di sisi lain masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi banyak yang mengalami obesitas.

Presiden Joko Widodo pada Desember 2014 Islam pernah berjanji mengupayakan swasembada pangan dalam 3 tahun pemerintahanya. "Sudah hitung - hitungan, tiga tahun tidak swasembada, saya ganti menterinya. Yang dari fakultas pertanian bisa antri. Tapi saya yakin bisa, hitung - hitungannya ada. Konsentrasi 11 provinsi, " kata Jokowi di Balai Senat Balairung UGM, Yogjakarta, Selasa (9/12/2014).

Namun, kenyataan tidak seindah yang di bayangkan berdasarkan data Ombudsman RI, total impor beras dalam kurun 4 tahun ( 2015 - 2018 ) sebesar 4,7 juta ton, sedangkan pada kurun 4 tahun ( 2010 - 2014 ) mencapai6,5 juta ton. Jumlah total impor akan meningkat jika pemerintah melakukan kembali di tahun 2019.  Sedangkan total impor gula selama kurun waktu ( 2015 - 2018 ) mencapai 17, 2 juta ton, lebih tinggi 4,5 juta ton di banding periode (2010 - 2014).

Selain itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkap keberadaan mafia pangan selama kepemimpinannya. Hal itu disampaikan Amran dalam pidato di acara Serah Terima Jabatan menteri pertanian, Jakarta, Jum'at ( 25/10/2019) ( CNBC Indonesia ).

Ancaman krisis pangan di negara agraris yang tanahnya subur dan gemah Ripah loh jinawi menjadi kronis. Krisis pangan yang terjadi di Indonesia adalah buah dari kebijakan dan praktik privatisasi, liberalisasi, dan deregulasi sebagai inti dari Konsensus Washington.

Akibat praktik itu semua, negara dan rakyat Indonesia tidak lagi punya kedaulatan, yakni kekuatan dalam mengatur produksi, distribusi, dan konsumsi di sektor pangan. Saat ini di sektor pangan, kita telah bergantung pada mekanisme pasar yang di kuasai oleh segelintir perusahaan raksasa.

Krisis pangan juga disebabkan oleh kebijakan dan praktik yang menyerahkan urusan pangan pada pasar ( 1998, letter of Intent IMF ) serta mekanisme perdagangan bebas ( 1995, Agreement on Agriculture, WTO ). Negara pun di kooptasi menjadi antek perdagangan bebas dan melakukan liberalisasi terhadap hal yang seharusnya merupakan state obligation terhadap rakyat.

Karena itu, pemerintah harus membuat perencanaan yang jelas, terukur dan terarah dalam mengatasi krisis pangan dan melepaskan diri dari perangkap yang di pasang negara - negara kapitalis.  Apalagi ketahanan pangan bukan sebatas dimensi ekonomi semata, tetapi juga merupakan ketahanan sosial politik suatu bangsa.

Untuk itu, ketahanan pangan yang tangguh harus didukung dengan kekuatan politik karena menjadi bagian dari kekuatan negara dalam menjaga kedaulatan negara dari intervensi asing.

Hari Pangan Sedunia ( World Food Day ) yang di peringgati tiap tanggal 16 Oktober tahun 2019 ini mengambil tema " Tindakan kita adalah masa depan kita, pola pangan sehat untuk  Zerohunger 2030 ". Bisakah terlaksana ketika kebijakan pangan masih dalam kendali kapitalis ?

Atau justru keterpurukan yang tidak bertepi akan tetap terjadi,  karena sudah dari bawaanya bahwa kapitalis sistem yang rakus dan tidak manusiawi telah menuai kesensaraan bagi kehidupan manusia.

 

Politik Pertanian Islam

Politik pertanian yang dijalankan oleh negara Islam ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian.

Kebijakan yang di jalankan dalam bidang pertanian mencakup sektor produksi primer, pengolahan hasil pertanian maupun perdagangan dan jasa pertanian.

 

1. Sektor produksi pertanian

Kebijakan di sektor produksi primer di tujukan untuk menjamin ketersediaan pangan melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi.Intensifikasi ditempuh dengan menggunakan sarana produksi pertanian yang lebih baik seperti bibit unggul, pupuk dan obat - obatan serta menyebarluaskan tehnik - tehnik moderen yang lebih efisien di kalangan petani. Untuk menyediakan itu, negara memberi modal gratis bagi tidak mampu agar mereka dapat mengolah lahan yang dimilikinya.

Adapun ekstensifikasi dilakukan untuk mendukung perluasan lahan pertanian. Negara akan mendorong masyarakat untuk menghidupkan tanah mati dengan jalan mengolahnya. Rosulullah SAW, bersabda :  " Siapa saja yang telah menghidupkan sebidang tanah mati, maka tanah itu menjadi miliknya " ( HR Al - Bukhari ).

 

2. Kebijakan di sektor industri pertanian.

Di sektor industri pertanian, negara hanya akan mendorong berkembangnya sektor real saja, sedangkan sektor non - real yang diharamkan tidak di beri kesempatan untuk berkembang.Seluruh pelaku ekonomi akan di perlakukan sama. Negara hanya mengatur jenis komoditas dan sektor industri apa saja yang boleh atau tidak boleh dibuat. Selanjutnya, seleksi pasar akan berjalan seiring dengan berjalannya mekanisme pasar. Siapa saja berhak untuk memenangkan persaingan secara wajar dan adil.

Tentunya, pelaku ekonomi yang memiliki kualitas dan profesionalitas tinggi yang dapat memenangkan persaingan.

 

3. Kebijakan di sektor perdagangan hasil pertanian.

Di sektor perdagangan, negara harus melakukan berbagai kebijakan yang dapat menjamin terciptanya distribusi yang adil melalui mekanisme pasar yang transparan, tidak ada manipulasi, tidak ada intervensi yang dapat menyebabkan distorsi ekonomi serta tidak ada penimbunan yang dapat menyebabkan kesusahan bagi masyarakat.

Demikianlah Islam mengatur agar ketersediaan pangan bagi rakyat terpenuhi, bahkan negara juga memperhatikan semua kebutuhan rakyat terutama primer ( pangan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan ) bahkan kalau negara mampu akan memenuhi kebutuhan sekunder rakyat.

Karena dalam Islam, penguasa adalah pengembala pengurus rakyat yang akan mempertanggung jawabkan semua yang di berlakukan pada rakyatnya.

Dan hanya dengan di terapkannya aturan Islam secara menyeluruh kebahagian dan ketentraman hidup manusia akan di dapat di rasakan bahkan seluruh alam. Dan tidaklah aku ( Rosulullah ) di utus kecuali untuk Rahmat seluruh alam.Wallahu a' lam bi ash shawab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Latest News
Kekacauan Negara di Era Jokowi

Kekacauan Negara di Era Jokowi

Jum'at, 18 Sep 2020 14:13

Penanganan Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber Dipertaruhkan di Mata Dunia

Penanganan Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber Dipertaruhkan di Mata Dunia

Jum'at, 18 Sep 2020 13:20

Operasi Intelijen 'Orang Gila'

Operasi Intelijen 'Orang Gila'

Jum'at, 18 Sep 2020 09:03

Pakaian Taqwa adalah sebaik-baiknya Bekal Kehidupan

Pakaian Taqwa adalah sebaik-baiknya Bekal Kehidupan

Jum'at, 18 Sep 2020 08:58

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Jum'at, 18 Sep 2020 08:37

Mereka Ingin Sekali Anies Baswedan Jatuh Lewat Kekacauan Covid-19

Mereka Ingin Sekali Anies Baswedan Jatuh Lewat Kekacauan Covid-19

Jum'at, 18 Sep 2020 06:41

Menelisik Kata Tusuk yang Dapat Berbeda Narasi

Menelisik Kata Tusuk yang Dapat Berbeda Narasi

Jum'at, 18 Sep 2020 06:01

Pengunduh Terbanyak Aplikasi TikTok Berasal dari Indonesia

Pengunduh Terbanyak Aplikasi TikTok Berasal dari Indonesia

Kamis, 17 Sep 2020 23:30

Mendakwahkan Islam Haruskah Menghapus Kebudayaan?

Mendakwahkan Islam Haruskah Menghapus Kebudayaan?

Kamis, 17 Sep 2020 23:20

Balada Negeri Pura-Pura Tapi Nyata

Balada Negeri Pura-Pura Tapi Nyata

Kamis, 17 Sep 2020 23:15

Turki Tolak Permintaan Rusia Untuk Mundur Dari Pos-pos Pengamatan di Idlib Suriah

Turki Tolak Permintaan Rusia Untuk Mundur Dari Pos-pos Pengamatan di Idlib Suriah

Kamis, 17 Sep 2020 21:45

Taliban Serang 3 Pos Polisi Afghanistan di Nangarhar

Taliban Serang 3 Pos Polisi Afghanistan di Nangarhar

Kamis, 17 Sep 2020 21:30

Pria Minnesota Didakwa Karena Memberikan Dukungan Material Kepada Islamic State

Pria Minnesota Didakwa Karena Memberikan Dukungan Material Kepada Islamic State

Kamis, 17 Sep 2020 21:15

Pejabat Fatah: UEA Telah Memboikot Palestina Sejak 2010

Pejabat Fatah: UEA Telah Memboikot Palestina Sejak 2010

Kamis, 17 Sep 2020 20:36

Meninggal Karena Covid-19, Mati Syahid?

Meninggal Karena Covid-19, Mati Syahid?

Kamis, 17 Sep 2020 17:00

Menteri Pertahanan AS Cegah Trump Bunuh Bashar Al-Assad

Menteri Pertahanan AS Cegah Trump Bunuh Bashar Al-Assad

Kamis, 17 Sep 2020 15:56

Hampir 3.500 Warga Palestina Meninggal Dalam Serangan Israel Era Benyamin Netanyahu

Hampir 3.500 Warga Palestina Meninggal Dalam Serangan Israel Era Benyamin Netanyahu

Kamis, 17 Sep 2020 14:45

Jelang Munas, Hidayatullah Gelar Berbagai Acara: Webinar Milenial dan Pernikahan 20 Pasang

Jelang Munas, Hidayatullah Gelar Berbagai Acara: Webinar Milenial dan Pernikahan 20 Pasang

Kamis, 17 Sep 2020 14:29

Perketat PSBB, Anies Dituduh Mau Jatuhkan Jokowi?

Perketat PSBB, Anies Dituduh Mau Jatuhkan Jokowi?

Kamis, 17 Sep 2020 14:12

Anis Byarwati: RUU Omnibus Law Sektor Keuangan Tidak Tepat Saat Pandemi

Anis Byarwati: RUU Omnibus Law Sektor Keuangan Tidak Tepat Saat Pandemi

Kamis, 17 Sep 2020 14:08


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X