Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.030 views

Sedikitnya 70 Orang Tewas 3000 Terluka Akibat Ledakan Dahsyat Yang Mengguncang Beirut Libanon

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Sebuah ledakan besar mengguncang Beirut pada hari Selasa (4/8/2020), meratakan banyak pelabuhan kota, merusak gedung-gedung di seluruh ibu kota dan mengirimkan awan jamur raksasa ke langit. Lebih dari 70 orang tewas dan 3.000 luka-luka, dengan mayat-mayat terkubur di reruntuhan, kata para pejabat.

Ledakan itu menghantam dengan kekuatan gempa berkekuatan 3,5, menurut pusat geosains Jerman GFZ, dan itu terdengar dan terasa sampai Siprus yang berjarak lebih dari 200 kilometer melintasi Mediterania.

Kehancuran tiba-tiba membanjiri sebuah negara yang sudah berjuang dengan pandemi virus Corona dan krisis ekonomi. Selama berjam-jam sesudahnya, ambulans yang datang dari seluruh Libanon membawa pergi yang terluka. Rumah sakit dengan cepat memenuhi kapasitas, meminta pasokan darah, dan generator untuk menyalakan lampu.

Untuk blok di sekitar pelabuhan, di mana ledakan terjadi, warga berlumuran darah terhuyung-huyung melalui jalan-jalan yang dipenuhi dengan mobil terbalik dan puing-puing berserakan dari bangunan yang hancur. Jendela dan pintu hancur beberapa kilometer jauhnya. Helikopter militer membantu mengatasi kebakaran yang berkobar di pelabuhan Beirut.

Penyebab ledakan itu tidak segera diketahui, tetapi laporan awal menunjukkan kebakaran telah meledakkan gudang di pelabuhan.

Abbas Ibrahim, kepala Keamanan Umum Libanon, mengatakan itu mungkin disebabkan oleh bahan peledak yang disita dari sebuah kapal beberapa waktu lalu dan disimpan di pelabuhan. Saluran televisi lokal LBC mengatakan bahan itu adalah natrium nitrat. Saksi mata melaporkan melihat awan berwarna oranye aneh seperti yang muncul ketika gas nitrogen dioksida beracun dilepaskan setelah ledakan yang melibatkan nitrat.

Ledakan itu terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok milisi Syi'ah Hizbullata di perbatasan selatan Libanon. Banyak warga melaporkan mendengar pesawat di atas kepala tepat sebelum ledakan, memicu desas-desus tentang serangan, meskipun sering terjadi serangan berlebihan oleh militer Israel. Seorang pejabat pemerintah Israel mengatakan Israel "tidak ada hubungannya" dengan ledakan itu. Dia berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk membahas masalah ini dengan media berita. Para pejabat Israel biasanya tidak mengomentari "laporan asing."

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo menyampaikan “belasungkawa terdalamnya” kepada orang-orang Beirut dan mengatakan Amerika Serikat sedang memantau situasi dengan cermat. "Tim kami di Beirut telah melaporkan kepada saya kerusakan parah pada sebuah kota dan orang-orang yang saya sayangi, sebuah tantangan tambahan di masa krisis yang sudah dalam," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan tertulis.

Ledakan itu menakjubkan bahkan untuk sebuah kota yang telah menyaksikan perang saudara, pemboman bunuh diri dan pemboman oleh Israel.

“Itu adalah pertunjukan horor yang nyata. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sejak zaman perang (sipil), "kata Marwan Ramadan, yang berjarak sekitar 500 meter dari pelabuhan dan terlempar oleh kekuatan ledakan.

Menteri Kesehatan Hassan Hamad mengatakan jumlah korban jiwa lebih dari 70 meninggal dan lebih dari 3.000 terluka. Tim darurat berdatangan dari seluruh Libanon untuk membantu, dan yang terluka harus dibawa ke rumah sakit di luar ibukota. Hamad menambahkan bahwa rumah sakit hampir tidak dapat mengatasi dan tawaran bantuan mengalir dari negara-negara Arab dan teman-teman Libanon.

Gubernur Beirut, Marwan Abboud, menangis saat dia berkeliling situs, berseru, "Beirut adalah kota yang hancur." Perdana Menteri Hassan Diab bersumpah bahwa "mereka yang bertanggung jawab akan membayarnya."

Awalnya, video yang diambil oleh warga menunjukkan api berkobar di pelabuhan, mengirimkan kolom asap raksasa, diterangi oleh kilatan apa yang tampak seperti kembang api. Stasiun TV lokal melaporkan bahwa ada gudang kembang api. Api kemudian muncul untuk menyebar ke bangunan terdekat, memicu ledakan yang lebih besar, mengirimkan awan jamur dan menghasilkan gelombang kejut.

Salah satu pakar bom top Israel, Boaz Hayoun, mengatakan kembang api bisa menjadi faktor pemicu ledakan besar. "Sebelum ledakan besar, ... di tengah-tengah api, Anda dapat melihat bunga api, Anda dapat mendengar suara seperti popcorn dan Anda dapat mendengar peluit," kata Hayoun, pemilik Grup Tamar, yang bekerja sama erat dengan pemerintah Israel. tentang masalah keselamatan dan sertifikasi yang melibatkan bahan peledak. "Ini adalah perilaku kembang api yang sangat spesifik."

Charbel Haj, yang bekerja di pelabuhan, mengatakan itu dimulai sebagai ledakan kecil seperti petasan. Lalu, katanya, dia terlempar karena ledakan besar. Pakaiannya sobek.

Beberapa dari mereka yang terluka tergeletak di tanah di pelabuhan, kata staf Associated Press di tempat kejadian. Seorang pejabat pertahanan sipil mengatakan masih ada mayat di dalam pelabuhan, banyak di bawah puing-puing.

Di luar satu rumah sakit, Omar Kinno duduk di trotoar, menahan air mata. Kinno, seorang warga Suriah, mengatakan salah satu saudara perempuannya terbunuh ketika ledakan mengguncang apartemen mereka di dekat pelabuhan, dan leher saudara perempuan lainnya patah. Ibu dan ayahnya yang terluka dibawa ke rumah sakit, tetapi dia tidak tahu yang mana, dan dia menelepon untuk melacak mereka.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi pada orang tua saya. Saya benar-benar bingung, ”katanya.

Kebingungan menguasai seluruh kota, ketika orang-orang membersihkan rumah yang rusak atau mencoba mencari keluarga. Pengendara sepeda motor memilih jalan mereka melalui lalu lintas, membawa yang terluka.

Ledakan itu terjadi pada saat ekonomi Libanon menghadapi keruntuhan dari krisis keuangan dan pembatasan virus Corona. Banyak yang kehilangan pekerjaan, sementara nilai tabungan mereka telah menguap karena mata uang telah jatuh nilainya terhadap dolar. Hasilnya telah membuat banyak orang jatuh miskin.

Beberapa rumah sakit Beirut rusak dalam ledakan itu. Rumah Sakit Roum menyerukan orang-orang untuk membawa generator cadangan agar listrik tetap menyala ketika pasien dievakuasi karena kerusakan parah.

Di luar Rumah Sakit Universitas St. George di lingkungan Achrafieh di Beirut, orang-orang dengan berbagai luka tiba dengan ambulans, dengan mobil dan berjalan kaki. Ledakan itu telah menyebabkan kerusakan besar di dalam gedung dan mematikan listrik di rumah sakit. Lusinan yang terluka dirawat di tempat di jalan di luar, di atas tandu dan kursi roda.

"Ini adalah bencana yang kita miliki di tangan kita," kata seorang dokter, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk membuat pernyataan pers.

Misi penjaga perdamaian AS di Lebanon, UNIFIL, mengatakan salah satu kapalnya di pelabuhan rusak dan sejumlah penjaga perdamaiannya terluka, beberapa di antaranya serius.

Itu mengingatkan pada ledakan besar selama perang saudara Libanon dan terjadi hanya tiga hari sebelum pengadilan yang didukung oleh PBB ditetapkan untuk memberikan putusannya dalam pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafik Hariri dalam pemboman truk lebih dari 15 tahun yang lalu. Ledakan itu, dengan satu ton bahan peledak, terasa berkilo-kilometer jauhnya, sama seperti ledakan hari Selasa. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X