Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.813 views

Kisah Saksi PKS Selamatkan Suara PSI

SERPONG (voa-islam.com)—Politisi-politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam beberapa kesempatan menyampaikan sikap partainya yang mengharamkan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bahkan disebutkan antara PSI dan PKS bagai air dan minyak yang tak bisa disatukan.

"Sebagai partai nasionalis ideologis, PSI tidak akan berkoalisi dengan PKS di seluruh pilkada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia. Haram bagi PSI berkoalisi dengan PKS," ujar Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni dalam satu kesempatan.

Namun, sikap arogan PSI tersebut tak dibalas dengan sikap yang sama oleh para kader PKS. Di Serpong, Tangerang Selatan, kader PKS justru menyelamatkan suara PSI.

Hal ini diungkap dalam sebuah tulisan yang viral di media sosial. Saksi dari PKS menyelamatkan suara PSI saat pleno rekapitulasi di tingkat Kecamatan Serpong Utara, Selasa (23/04/2019) malam.

Diungkapkan saat itu, Panitia Perhitungan Kecamatan (PPK) menyebutkan perolehan suara untuk PSI di TPS 41 Kelurahan Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan memperoleh suara nihil atau nol, padahal di form C1 PKS suara PSI di TPS tersebut mendapat 15 suara. Saat itu juga saksi PKS langsung interupsi.

"Maaf panitia berdasarkan form C1 milik PKS suara PSI memperoleh 15 suara, mohon dicocokkan dengan C1 Plano," sanggah Wawan Hendrik, saksi PKS yang bertugas mengawal suara di kelurahan tersebut.

Salah satu petugas PPK langsung membuka lembaran kertas Plano untuk mencocokkan, dan benar saja di lembar C1 Plano suara PSI memperoleh 15 suara sesuai data C1 milik PKS.

Saksi dari PSI yang tidak membawa data C1 saat pleno PPK terlihat tersenyum sumringah dan langsung mengucapkan terima kasih kepada saksi PKS tersebut.

Tulisan yang viral tersebut tak diketahui penulisnya. Penulis menilai kader PKS telah bersikap rasional.

“Begitulah dalam politik. Meski Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah memposisikan diri sebagai lawan politik PKS, dan di berbagai media massa partai yang dipimpin oleh Grace Natalie ini juga kerap melontarkan serangan kepada PKS,” ungkap penulis tersebut.

“Sikap politik PSI yang demikian, tak membuat kader PKS menjadi "benci" PSI, karena kader PKS itu rasional dan memahami bahwa dalam berpolitik itu harus memperbanyak kawan bukan lawan,” lanjutnya.

Dikatakan penulis itu, mungkin PKS adalah satu-satunya partai yang paling lengkap membawa form C1 saat pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan. Dalam pengamatannya, terlihat saksi partai lain hanya bermodalkan buku dan kertas kosong untuk mencatat secara manual dengan pulpen.

Maka, jadilah saksi PKS yang tampil utama ketika terjadi selisih suara, data PKS pun menjadi rujukan bagi PPK dan saksi lainnya. Saksi partai lainnya tidak bisa menyanggah karena mereka tidak membawa data C1.

Kemudian penulis membayangkan andaikata PKS tak lolos parlemen dan tidak terlibat dalam pemilu dan event demokrasi lainnya, maka pemilu menjadi hambar dan tidak berkualitas

“Karena tidak ada partai yang menjadi penyeimbang ketika proses tahapan perhitungan suara pemilu. Ketika panitia salah sebut dalam perhitungan suara tidak ada lagi yang mengoreksinya, semua mengikuti kehendak panitia (walau salah). Dan demokrasi kita pun menjadi hambar,” ungkap penulis.* [Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X