Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.953 views

Ucapan Selamat Natal? Cukup Pahami Makna Toleransi!

 

Oleh: R. Raraswati

Seolah menjadi pembahasan rutin setiap akhir tahun ketika umat Kristiani akan merayakan Natal. Pro dan kontra boleh atau tidaknya umat Muslim mengucapkan selamat kepada hari raya agama lain. Tuduhan intoleran dan  radikalisme disematkan kepada orang yang tidak mau mengucapkan selamat Natal. Pernyataan beberapa ulama yang berbeda-beda membuat masyarakat awam semakin bingung siapa yang akan dianut.

Seperti pernyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara yang melarang umat Islam mengucapkan selamat Natal. Pernyataan tersebut tertuang dalam dokumen Tausyiah MUI Sumatera Utara Nomor 39/DP-PII/XII/2021 yang ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Sumut Maratua Simanjuntak dan Sekretaris Umum MUI Sumut Asmuni pada 9 Desember lalu.

"Umat Islam tidak dibenarkan untuk mengucapkan 'Selamat Natal' karena Peringatan Natal sebagaimana disebut dalam fatwa MUI tidak dapat dipisahkan dengan nuansa akidah yang tidak sesuai dengan syariat Agama Islam," bunyi salah satu poin Tausyiah MUI Sumut tersebut.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang dakwah, Cholil Nafis memberikan keterangan resmi kepada CNNIndonesia.com, Minggu (19/12), bahwa umat Islam boleh mengucapkan Selamat Natal bagi umat Kristiani yang merayakannya.

"Saya sendiri berkesimpulan bahwa hukumnya boleh mengucapkan selamat natal. Apalagi bagi yang punya saudara Nasrani atau bagi pejabat di Indonesia yang masyarakatnya plural," kata Cholil.

Dia menilai umat Islam mengucapkan Selamat Natal hanya sekadar memberikan penghormatan kepada kaum Kristiani yang merayakannya. Bukan justru mengakui keyakinannya.

Fakta ini semakin membuat suasana carut marut. Sesama dari MUI memberikan pernyataan yang berbeda. Kondisi ini seolah menjadi program moderasi agama yang digunakan untuk memporak porandakan kerukunan umat. Masyarakat dibuat bingung hingga yang awam asal ikut tanpa cari tahu kebenarannya. Padahal di dalam Islam mewajibkan seorang muslim mengetahui hukum sesuatu sebelum mengamalkannya.

Lalu bagaimana semestinya orang awam menyikapi kondisi ini?

Sebenarnya, kita cukup memahami makna toleransi dengan benar. Toleransi bukan berarti memasuki wilayah orang lain. Umat kristiani cukup memahami bahwa umat Islam dilarang memasuki wilayah mereka dengan tidak mengucapkan selamat Natal. Begitu pun umat Islam yang tidak pernah membutuhkan ucapan selamat idul fitri dari agama lain. Masyarakat cukup saling menghormati keyakinan masing-masing dengan tidak mengganggu merayakan hari besar umat lain.  

Sudah seharusnya setiap orang menghormati keyakinan (akidah) seseorang dalam beragama. Hal ini karena beragama merupakan hak dasar setiap orang. Bahkan di Indonesia dijamin pada Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 , Pasal 4 dan Pasal 22 Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (“UU HAM”).

Maka untuk menghadapi suasana seperti sekarang ini, masyarakat tidak perlu bingung. Masing-masing cukup memperkuat akidah/keyakinan. Membiarkan dan tidak mengganggu umat agama lain. namun demikian, sebagai umat Muslim tetap berkewajiban menyampaikan Islam kepada pelaku kebathilan karena mereka mempunyai hak untuk merujuk pada yang haq. Allahu a’lam bish showab. (rf/voa-islam.com)

 Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X