Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.560 views

Ibrah dari Sang Penakluk

 

Oleh:

Dahlia Kumalasari || Pendidik

 

BAGI seorang manusia, keberadaan sosok teladan tentu sangat dibutuhkan. Mengingat manusia adalah makhluk yang punya kelemahan dan keterbatasan. Maka dari itu, Sang Pencipta alam semesta dan seisinya, memberikan wahyu kepada Rasulullah Muhammad saw, untuk menjadi panduan bagi umat manusia. Dan tentu saja sebagai teladannya adalah Rasulullah saw. Maka tak heran, akhlaq Beliau, merupakan akhlaq yang sangat mulia. Bahkan 'Aisyah ra menyampaikan bahwa akhlaq Beliau adalah Al-Qur'an. Masyaallah. 

Keteladanan Rasulullah saw diabadikan dengan sangat indah melalui firman-Nya dalam surah Al Ahzab ayat 21 : "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah". 

Maka tak heran umat Muslim di seluruh penjuru dunia meneladani Beliau dalam kehidupan sehari-hari. Hingga lahirlah dari rahim peradaban Islam banyak pribadi Muslim mengagumkan yang ditorehkan dengan tinta emas. Salah satu pribadi Muslim itu adalah Muhammad Al Fatih. Dengan usia yang relatif muda (kurang lebih 21 tahun) sukses menaklukkan Konstantinopel, dengan strategi perang yang mungkin tidak bisa diterima oleh akal. 

Muhammad Al Fatih sukses memasuki wilayah Konstantinopel dengan membawa serta kapal-kapal mereka melalui perbukitan Galata, untuk memasuki titik terlemah Konstantinopel, yaitu Selat Golden Horn. Meski ada tentaranya mengatakan kemustahilan untuk melakukan startegi tersebut. Namun, Mehmed II tidak gentar. Dia dengan tegas mengatakan kepada seluruh tentaranya untuk bergegas dan melaksanakan strategi tersebut. 

Tujuh puluh kapal diseberangkan melalui bukit hanya dalam satu malam, saking hebatnya Sastrawan Yoilmaz Oztuna berkata, “Tidaklah kami pernah melihat atau mendengar hal ajaib seperti ini, Mehmed telah menukar darat menjadi lautan dan melayarkan kapalnya di puncak gunung. Bahkan usahanya ini mengungguli apa yang pernah diilakukan oleh Alexander The Great.” (Republika.co.id/Mengapa Muhammad Al Fatih Menjadi Sebaik-baiknya Pemimpin?/30 Mei 2019). 

Sehingga sangatlah wajar, jika sejarah kepahlawanan Muhammad Al Fatih diajarkan pada generasi Muslim di negeri mayoritas Muslim ini. Sebagaimana yang akan dilakukan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mengeluarkan surat tentang instruksi membaca buku Muhammad Al Fatih 1435 karya Felix Y Siauw untuk meningkatkan minat literasi siswa. Dalam surat yang viral tersebut, diinstruksikan kepada siswa untuk membaca buku 'Muhammad Al Fatih 1453' penulis Felix Siauw. Selanjutnya, siswa diminta merangkum isi buku tersebut dengan gaya bahasa masing-masing peserta didik. (viva.co.id/2 Oktober 2020).

Namun sayangnya, rencana ini harus tertunda, karena ada pihak-pihak yang tidak sepakat. Diantaranya pendapat dari Wakil Ketua MPR yang juga Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah yang berpendapat, "Saya tidak habis pikir, jika alasan mewajibkan buku tokoh bangsa asing ini adalah agar para siswa meneladani kepahlawanan dan kepemimpinan tokoh-tokoh di masa lalu, padahal masih banyak keteladanan dan ketokohan pahlawan nasional yang layak dibaca," kata Basarah lewat siaran pers, CNNIndonesia.com/ Sabtu, 3 Oktober 2020.

 

Dari Sejarah Kita Belajar

Bagi seorang Muslim, tentu sangat urgent sekali mempelajari sejarah peradaban Islam. Yaitu untuk mengambil pelajaran (ibroh) dari berbagai peristiwa. Termasuk diantaranya kisah nyata kepahlawanan Sang Penakluk, Muhammad Al Fatih.

Bagi Muslim, sejarah Al Fatih sangatlah luarbiasa. Karena ribuan tahun yang lalu, Rasulullah saw telah mengabarkan hadist yang menjadi motivasi dan kabar gembira tentang kepemimpinan penaklukan Konstantinopel. 

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR Ahmad bin Hanbal Al Musnad). 

Dan bisyaroh Rasulullah saw ini bisa diwujudkan oleh Muhammad Al Fatih. Tentu generasi masa kini harus tahu dan paham, apa kunci kemenangan ini?. Hingga generasi Muslim bisa meneladani dan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan unggul. Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan, bahwasanya Al Fatih tidaklah berdiri sendiri, namun didukung peran negara yang menerapkan Islam kaffah, dan mempunyai visi misi mulia untuk menyebarkan Islam ke seluruh penjuru dunia dengan dakwah dan jihad. 

Kini saatnya kita memilah dan memilihkan teladan juga sosok pahlawan bagi putra putri kita. Pahlawan yang nyata telah berjuang dalam kebaikan Islam. Pahlawan yang akan membentuk kepribadian anak bangsa menjadi pribadi yang bertakwa, unggul, dan tangguh. Insyaallah.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X