Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.767 views

Tatkala Kata 'Obong' Bermakna

Resensi Buku

Sebelum kita membaca isi buku berjudul: “Yusuf Mansyur Obong”, tatkala kita baru melihat dan membaca sampulnya saja kita akan tergelitik dan timbul pertanyaan, ada apa di balik judul buku ini?

Kata “Obong” khususnya, bagi penggemar dunia pewayangan tentu akan ingat sebuah lakon pewayangan yang berjudul: “Anoman Obong” yang diilustrasikan tatkala tokoh Kera Putih bernama Anoman diutus Sri Rama menyusup masuk ke negara Alengka tempat disembunyikannya istri Sri Rama Dewi Shinta oleh Raja Rahwana. Penyusupan Anoman diketahui oleh bala tentara Rahwana dan tertangkaplah Anoman lalu dihukum Obong (bakar). Inilah kata “Obong” di dunia pewayangan.

Lalu kenapa kata, “Obong” ini harus disandarkan pada buku ini?” Jawaban HM Joesoef penulis buku ini dalam synopsis yang tertulis pada alinea 3 di bagian belakang sampul bukunya menyatakan, bahwa kehadiran buku ini sebagai teguran kepada yang bersangkutan yang telah bertindak di luar kepatutan.

Menegur agar yang bersangkutan sadar dan menghentikan perilaku yang melanggar norma-norma hukum, baik hukum agama maupun hukum positif yang berlaku di negeri ini. Lebih lanjut penulis buku ini menggarisbawahi bahwa kehadiran buku ini sebagai bentuk amar ma’ruf dan nahi munkar kepada yang bersangkutan. Apa dan bagaimana hingga disebutkan bahwa yang bersangkutan telah bertindak di luar kepatutan? Silakan baca dan simak isi bukunya sampai tuntas.

Nah, tentu kita akan tambah penasaran lagi ingin mengetahui latar belakang si penulis buku ini sendiri, setelah kita membaca jawaban latar belakang ide penulisan buku ini seperti disebutkan di atas.

Tidak lain HM. Joesoef ini adalah seorang jurnalis, penulis, dan editor buku-buku ke-Islam-an yang sudah menggeluti profesinya selama lebih dari tiga dasa warsa atau tiga puluh tahun lamanya. Jiwa seorang jurnalisnya yang melekat dalam dirinya kini merasa terusik tatkala melihat dan ikut merasakan betapa tidak sedikitnya kekecewaan dan penderitaan orang yang menjadi korban atas sepak terjang Yusuf Mansyur selama ini melalui “Ikon” andalannya proyek “sedekah”.

Ikon “sedekah” yang digelar oleh bersayangkutan tak pelak seperti menghipnotis para ibu rumah tangga, pegawai, pensiunan bahkan merambah ke kaum migran Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Negeri Beton, Hong Kong pun tertarik berduyun-duyun menjadi investor ke proyek yang dikelola oleh yang bersangkutan ini.

Alih-alih mendapatkan keuntungan dari hasil investasi yang telah ditanamkannya, malah yang didapatkan para investor hanyalah kekecewaan, kedongkolan, dan lain sebagainya.

Empati kepada nasib para investor, sebagai seorang jurnalis, HM Joesoef tak mau berpangku tangan membiarkan para investor dikecewakan. Oleh karenanya, sejak Juli 2019, HM Joesoef mulai bergerilya menemui para korban, mewawancarai mereka dan memuliskannya secara berkala di situs Thayyiba.com.

Kumpulan tulisan yang dimuat di situs inilah dari mulai periode Juli hingga Desember 2019 lalu, setelah melalui proses pengayaan informasi menjadilah buku yang hadir di hadapan sidang pembaca.

Buku ini layak dibaca oleh khalayak, umumnya bagi yang belum terperangkap dalam bisnis-bisnis investasi yang ditawarkan oleh yang bersangkutan, dan khususnya bagi para investor yang sudah kadung menjadi korban untuk menjadi pelajaran berharga dalam meniti kehidupan.

Oleh: Tardjono Abu Muas, Pemerhati Perbukuan

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!