Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS

Pentingnya Pendidikan Adab

1 views

BOGOR (voa-islam.com)—Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) menggelar Seminar Pendidikan Islam dengan tema “Strategi Pendidikan Islam untuk Generasi Indonesia Emas” pada Sabtu (4/5/2019).

Acara yang berlangsung di Sekolah Islam Fajar Hidayah Kota Wisata, Bogor, Jawa Barat ini diikuti ratusan guru, praktisi pendidikan dari berbagai daerah. Hadir sebagai narasumber Dr Adian Husaini (Direktur Attaqwa College) dan Dr Zulfikri Anas, Med (Direktur Indonesia Emas Institute).

Adian Husaini memaparkan pondasi dasar dalam pendidikan Islam adalah pengajaran tentang adab.

 “Akar masalah umat itu adalah masalah adab. Professor Al Attas tahun 1977 di Makkah menyebut sebagai the lost of adab, lost of dicipline,” ujar Adian Husaini.

Dikatakan Adian, seorang anak jangan diajari ilmu-ilmu dulu seperti matematika, fisika, kedokteran dan lain sebagainya jika anak tersebut belum beradab. “Umar bin Khattab berkata taadabu tsumma ta’allamu (beradablah kalian, kemudian berilmulah kalian),” ungkap Adian.

Ketika pendidikan adab ini diutamakan, maka akan lahir ilmuwan-ilmuwan beradab, insinyur beradab, bahkan presiden yang ulama.

Adian kemudian menyinggung UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 bahwa tujuan utama pendidikan nasional adalah untuk membentuk manusia beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. “Akhlak ini sama dengan adab. Beda dengan karakter,” kata Adian.

Sementara itu Zulfikri Anas pada kesempatan ini menyampaikan soal kualitas guru dan metode pembelajaran menjadi faktor menentukan dalam pendidikan.

“Suasana belajar ini perlu agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Maka guru perlu susun tujuan, subtansinya, strateginya, dan evaluasinya,” ujar Zulfikri.

Zulfikri juga menyinggung soal pendidikan yang berbasis agamalah yang diyakini mampu menyelamatkan persoalan bangsa.

Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) dibentuk pada 4 April 2019. AYPI dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam.

Anggota AYPI terdiri dari pendiri, pembina, pengawas, pengurus yayasan, dan kepala sekolah pendidikan Islam di Indonesia dan negara-negara lain. Saat ini AYPI dipimpin oleh Ketua Umum H. Mirdas Eka Yora, Lc, M.Si. Sedangkan Pembina AYPI H.E Afrizal Sinaro.* [Syaf/voa-islam.com]