Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.095 views

Jihadis Terkait Islamic State Bunuh 2 Agen Intelijen Militer Di Filipina Selatan

LANAO DEL NORTE, FILIPINA (voa-islam.com) - Jihadis Filipina menyergap dan membunuh dua agen intelijen militer yang sedang mengumpulkan informasi terhadap para tersangka yang terkait dengan pemboman mematikan di kota Marawi Filipina selatan bulan lalu, kata militer pada Kamis (4/1/2024).

Para prajurit tersebut termasuk di antara tiga sersan staf yang mencari informasi tentang Kelompok Daulah Islamiyah-Maute di Munai, sebuah kota terpencil di provinsi Lanao del Norte pada hari Rabu, kata kepala infanteri setempat Mayor Jenderal Gabriel Viray III.

Prajurit ketiga selamat dari serangan itu.

“Mereka melakukan pengumpulan intelijen, pengumpulan informasi. Saat kembali [ke markasnya], mereka disergap,” kata Viray, merujuk pada anggota Batalyon Infanteri 51.

Para tentara tersebut, yang mengenakan pakaian sipil dan mengendarai dua sepeda motor, diserang oleh setidaknya enam anggota “kelompok teroris,” kata Viray.

“Dua dari mereka tewas sementara yang lainnya selamat,” katanya kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa keluarga mereka telah diberitahu.

Daulah Islamiyah atau “Islamic State” memiliki pejuang dari beberapa faksi jihadis Filipina. Salah satu kelompok tersebut adalah Kelompok Maute, yang diambil dari nama Maute bersaudara yang memimpin dan memberikan dukungan logistik selama pengepungan lima bulan di kota selatan Marawi oleh jihadis pro-IS pada tahun 2017.

Misa Katolik dibom

Pada tanggal 3 Desember, hari Ahad, militan mengebom Misa Katolik yang berlangsung di gimnasium universitas di Marawi, menewaskan empat orang dan melukai 50 lainnya.

IS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, yang terjadi enam tahun setelah para pejuang dari Asia Tenggara dan Timur Tengah diusir dari Marawi setelah gagal dalam upaya menjadikan kota tepi danau itu sebagai kekhalifahan mereka di wilayah tersebut. Militer Filipina, yang didukung oleh AS dan Australia, merebut kembali kota tersebut pada 23 Oktober 2017, setelah pertempuran selama lima bulan yang menyebabkan 1.200 jihadis , tentara, dan warga sipil tewas.

Militer dan polisi daerah telah meningkatkan kewaspadaannya dan melancarkan perburuan besar-besaran terhadap dua pemimpin yang diyakini sebagai dalang serangan terhadap kebaktian gereja pada bulan Desember, kata para pejabat militer. (BN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X