Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.364 views

PBB: Lebih Dari 800.000 Orang Kemungkinan Melarikan Diri Dari Sudan Karena Bentrokan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan pada hari Senin (1/5/2023) bahwa 800.000 orang kemungkinan melarikan diri dari Sudan ketika faksi-faksi militer yang bersaing bertempur di ibu kota meskipun seharusnya ada gencatan senjata dan negara-negara asing menghentikan evakuasi.

Ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka selama 16 hari pertempuran sejak perselisihan antara tentara pemerintah Sudan dan paramiliter pemberontak Pasukan Dukungan Cepat (RSF) meletus menjadi konflik pada 15 April.

Tampaknya hanya ada sedikit prospek penyelesaian cepat terhadap krisis, yang telah menimbulkan bencana kemanusiaan, merusak sebagian Khartoum, berisiko menarik kekuatan regional, dan memicu kembali konflik di wilayah Darfur.

Kedua belah pihak sepakat pada hari Ahad untuk memperpanjang gencatan senjata yang banyak dilanggar selama 72 jam dan PBB mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mungkin mengadakan pembicaraan gencatan senjata di Arab Saudi. Namun serangan udara dan artileri terdengar pada hari Senin ketika asap membubung di Khartoum dan kota-kota tetangga.

Wakil kepala pengungsi PBB Raouf Mazou mengatakan badannya merencanakan eksodus 815.000 orang termasuk 580.000 orang Sudan serta pengungsi asing yang sekarang tinggal di negara itu.

Sekitar 73.000 telah meninggalkan Sudan, katanya.

Warga Sudan yang turun ke jalan dikejutkan oleh transformasi tersebut.

“Kami melihat mayat. Kawasan industri yang semuanya dijarah. Kami melihat orang-orang membawa TV di punggung dan karung besar dijarah dari pabrik,” kata warga Mohamed Ezzeldin.

Banyak yang mengkhawatirkan nyawa mereka dalam perebutan kekuasaan antara panglima militer dan kepala RSF, yang telah berbagi kendali atas pemerintahan setelah kudeta tahun 2021 tetapi berselisih karena rencana transisi ke pemerintahan sipil.

Puluhan ribu orang Sudan telah meninggalkan rumah mereka, beberapa berkumpul di hub seperti Atbara timur laut Khartoum sementara mereka menyusun rencana atau menuju perbatasan Mesir dan Chad.

Setidaknya 528 orang tewas dan 4.599 terluka, kata kementerian kesehatan. Perserikatan Bangsa-Bangsa telah melaporkan jumlah kematian yang serupa tetapi percaya bahwa jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi.

Titik puncak

Pemerintah asing telah menarik warganya selama seminggu terakhir dalam serangkaian operasi melalui udara, laut, dan darat, meskipun beberapa negara telah mengakhiri upaya tersebut.

Mereka yang tersisa menghadapi kesulitan dan bahaya.

“Saya muncul untuk bekerja selama dua atau tiga jam kemudian saya tutup karena tidak aman,” kata Abdelbagi, seorang tukang cukur di Khartoum yang mengatakan dia harus tetap bekerja karena harga naik.

Mesir mengatakan 40.000 orang Sudan telah melintasi perbatasannya, sementara yang lain pergi ke Chad, Sudan Selatan, dan Ethiopia, atau melakukan perjalanan melintasi Laut Merah dengan kapal evakuasi.

Pasokan listrik dan air tidak pasti, hanya ada sedikit makanan atau bahan bakar, sebagian besar rumah sakit dan klinik tidak berfungsi dan biaya transportasi yang melonjak membuat semakin sulit untuk pergi.

PBB dan organisasi bantuan lainnya telah menghentikan layanan, meskipun Program Pangan Dunia mengatakan akan melanjutkan operasi di daerah yang lebih aman pada hari Senin setelah staf terbunuh di awal perang.

PBB mengkhawatirkan dampak perang baik di Sudan maupun kawasan yang lebih luas, kata Martin Griffiths, seorang pejabat senior untuk masalah kemanusiaan dan bantuan darurat, memperingatkan negara itu berada di "titik puncak".

“Skala dan kecepatan yang terjadi di Sudan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Griffiths, yang akan mengunjungi Sudan pada hari Selasa. Para agen mengimpor pasokan melalui Port Sudan, tetapi membutuhkan jaminan keamanan untuk membawanya ke Khartoum.

Pelanggaran

Kedua belah pihak mengatakan pada hari Senin bahwa mereka membuat kemajuan tanpa mengomentari langsung pelanggaran gencatan senjata.

Tentara mengatakan telah mengurangi setengah dari efektivitas tempur RSF dan menghentikan upayanya untuk memperkuat posisinya di ibu kota. RSF mengatakan masih menguasai lokasi-lokasi utama Khartoum dan dengan sendirinya mengalahkan bala bantuan tentara.

Reuters tidak dapat memverifikasi klaim kedua belah pihak.

Pemimpin Angkatan Darat Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dan kepala RSF Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, juga dikenal sebagai Hemedti, berada di bawah tekanan untuk menegakkan gencatan senjata dan memberikan jalan yang aman untuk bantuan.

Tetapi meskipun mereka telah mengirimkan perwakilan untuk pembicaraan tentang pemantauan gencatan senjata yang telah mereka sepakati, keduanya juga menggali apa yang bisa menjadi pertempuran yang berlarut-larut.

Burhan mengatakan dia tidak akan pernah duduk bersama Hemedti. Sementara pemimpin RSF itu mengatakan pada hari Senin bahwa dia akan menyerahkan Burhan ke pengadilan - "atau ke kuburan."

Di Khartoum, tentara telah memerangi pasukan RSF yang bercokol di daerah pemukiman. Pertempuran sejauh ini terlihat oleh pasukan RSF yang lebih gesit menyebar ke seluruh kota karena tentara yang lebih siap mencoba menargetkan mereka sebagian besar dengan menggunakan serangan udara dari pesawat tak berawak dan pesawat perang. (Aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X