Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.171 views

Laporan PBB Ungkap Cina Lakukan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur Di Xinjiang

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Perserikatan Bangsa-Bangsa merilis laporan mengejutkan tentang pelanggaran hak asasi manusia yang serius di wilayah Xinjiang Cina pada Rabu (31/8/2022) malam, dengan mengatakan tuduhan penyiksaan dapat dipercaya dan mengutip kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Laporan tersebut, yang dibuat selama sekitar satu tahun, dirilis di Jenewa pada pukul 11:47 malam pada hari Rabu - hanya 13 menit sebelum masa jabatan empat tahun Michelle Bachelet sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia berakhir.

Mantan presiden Chili itu bertekad untuk memastikan laporan itu terungkap - meskipun ada tekanan kuat dari Beijing yang marah.

"Saya mengatakan bahwa saya akan menerbitkannya sebelum mandat saya berakhir dan saya sudah melakukannya," kata Bachelet dalam email yang dikirim ke AFP.

"Masalahnya serius - dan saya mengangkatnya dengan otoritas nasional dan regional tingkat tinggi di negara ini."

Cina telah dituduh selama bertahun-tahun menahan lebih dari satu juta warga Uyghur dan minoritas Muslim lainnya di wilayah barat laut Xinjiang.

Para pegiat mengatakan Cina melakukan serangkaian pelanggaran, sementara Beijing tidak mau mengakui hal tersebut, bersikeras bahwa mereka menjalankan pusat pelatihan kejuruan di Xinjiang yang dirancang untuk melawan ekstremisme.

Bachelet akhirnya memutuskan bahwa penilaian penuh diperlukan terhadap situasi di dalam Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang (XUAR).

"Pelanggaran hak asasi manusia yang serius telah dilakukan di XUAR dalam konteks penerapan strategi kontra-terorisme dan kontra-'ekstremisme' pemerintah," kata laporan itu.

Penilaian tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang perlakuan terhadap orang-orang yang ditahan di "Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan" Cina.

"Tuduhan pola penyiksaan atau perlakuan buruk, termasuk perawatan medis paksa dan kondisi penahanan yang merugikan, dapat dipercaya, seperti juga tuduhan insiden individu kekerasan seksual dan berbasis gender," kata laporan itu.

“Tingkat penahanan sewenang-wenang dan diskriminatif terhadap anggota Uyghur dan kelompok mayoritas Muslim lainnya, sesuai dengan hukum dan kebijakan, dalam konteks pembatasan dan perampasan lebih umum hak-hak dasar yang dinikmati secara individu dan kolektif, dapat merupakan kejahatan internasional, khususnya kejahatan terhadap kemanusiaan. ," tambahnya.

Laporan itu mendesak Beijing, PBB dan dunia pada umumnya untuk memfokuskan pandangannya pada situasi yang digambarkan di Xinjiang.

"Situasi hak asasi manusia di XUAR juga memerlukan perhatian mendesak oleh pemerintah, badan antar pemerintah dan sistem hak asasi manusia PBB, serta masyarakat internasional secara lebih luas," katanya.

Laporan setebal 49 halaman itu tidak mengacu pada genosida: salah satu tuduhan utama yang dibuat oleh para kritikus Cina, termasuk Amerika Serikat dan anggota parlemen di negara-negara Barat lainnya.

Berbicara pada hari Rabu setelah kantor Bachelet mengumumkan akan merilis laporan tersebut, Zhang Jun, duta besar Cina untuk PBB di New York, mengatakan Beijing telah mengatakan kepadanya bahwa pihaknya "sangat menentang" penilaian hak asasi.

"Yang disebut masalah Xinjiang adalah kebohongan yang sepenuhnya dibuat-buat dari motivasi politik dan tujuannya jelas untuk merusak stabilitas China dan untuk menghalangi pembangunan Cina," klaim Zhang kepada wartawan.

Dia mengklaim Bachelet seharusnya tetap "independen" dan tidak menyerah pada "tekanan politik" dari negara-negara Barat.

Bachelet dan kantornya telah berulang kali menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa laporan itu tertunda adalah karena telah dikirim ke Beijing terlebih dahulu untuk mendapatkan komentar, seperti yang biasa terjadi pada laporan semacam itu.

Namun Zhang menyatakan bahwa Cina belum melihat laporan itu, dan "sepenuhnya menentang" itu.

"Itu hanya merusak kerja sama antara PBB dan negara anggota. Ini benar-benar mencampuri urusan dalam negeri Cina," katanya.

Bachelet bersikeras bahwa dialog dengan Beijing tidak berarti "memaafkan, mengabaikan, atau menutup mata".

Tetapi dia menambahkan: "Politisasi masalah hak asasi manusia yang serius ini oleh beberapa negara tidak membantu. Mereka membuat tugas lebih sulit, mereka membuat keterlibatan lebih sulit dan mereka membuat pembangunan kepercayaan dan kemampuan untuk benar-benar berdampak pada tanah lebih sulit." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X