Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.734 views

Belgia Pulangkan Sekelompok Wanita Dan Anak-anak Keluarga Pejuang IS Dari Kamp Al-Roj Suriah

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Belgia telah memulangkan enam ibu dan 10 anak di bawah usia 12 tahun dari kamp-kamp untuk keluarga tersangka anggota kelompok Islamic State (IS) di timur laut Suriah, kata kantor Kejaksaan Federal negara itu, Sabtu (17/7/2021)

"Sebuah pesawat yang disewa oleh Pemerintah Belgia mendarat kemarin [Jumat] pukul 21:20 di bandara militer Melsbroek," timur laut Brussel, sebuah pernyataan berbunyi. "Di pesawat ada 6 wanita Belgia dan 10 anak-anak yang datang langsung dari kamp al-Roj."

Roj adalah yang lebih kecil dari dua kamp semacam itu di Suriah yang dikuasai Kurdi, di mana banyak wanita dan anak-anak asing sekarang ditahan. Al-Hol, kamp penahanan utama, juga di timur laut negara itu, adalah rumah bagi lebih dari 60.000 orang.

Empat dari wanita itu adalah penutur bahasa Prancis, dari Brussel, menurut pernyataan itu. Dua lainnya berasal dari Antwerpen yang berbahasa Belanda.

Empat dari mereka telah dijatuhi hukuman lima tahun penjara secara in absentia karena "berpartisipasi dalam kegiatan kelompok teroris". Pengadilan Tinggi Antwerpen sedang memeriksa kasus wanita kelima, yang juga dijatuhi hukuman lima tahun untuk pelanggaran yang sama.

Wanita keenam belum diadili, meskipun dia telah ditangkap dengan tuduhan yang sama.

"Setibanya mereka di Belgia, Kantor Kejaksaan Federal mulai merampas semua orang dewasa ini dari kebebasan mereka," bunyi pernyataan itu. "Mereka dipindahkan ke penjara yang berbeda setelah diberi kesempatan untuk berpisah dari anak-anak mereka dalam kondisi yang baik."

Anak-anak semuanya lahir antara 2012 hingga 2019.

"Pertama, kesehatan fisik dan psikologis anak-anak ini, yang telah lama hidup dalam kondisi sulit di Suriah, akan diperiksa di rumah sakit," bunyi pernyataan itu. "Kemudian, kerangka kerja yang tepat akan diterapkan berdasarkan kasus per kasus. Keluarga yang bersangkutan telah diberitahu secara pribadi tentang kembalinya kerabat mereka setelah pesawat lepas landas dari Erbil," sebuah kota di Irak utara.

Maret ini, Belgia mengumumkan bahwa mereka akan memulai pemulangan semua anak Belgia yang ditahan di kamp-kamp di bawah usia 12 tahun, sesuai dengan perintah pengadilan.

Namun terlepas dari repatriasi hari Sabtu, masih ada setidaknya 13 warga negara Belgia di dalam kamp: enam wanita dan tujuh anak-anak, menurut Geert Loots, seorang profesor psikologi di University of Brussels, yang merupakan bagian dari Moeders Van Europa, sebuah kelompok Belgia yang mendorong untuk pemulangan warga negara Belgia dari kamp.

Seorang juru bicara Families for Repatriation International, sebuah jaringan untuk kerabat dari beberapa yang ditahan, mengatakan kepada MEE: "Kami sangat senang atas hasil ini, menunjukkan bahwa repatriasi dimungkinkan, dan kami mendorong pemerintah Belgia untuk berbuat lebih banyak."

Hingga 15 pria Belgia masih ditahan oleh otoritas Kurdi di penjara.

Para wanita dan anak-anak yang tidak dipulangkan tetap berada di kamp-kamp di mana kondisi yang digambarkan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia sebagai “kekerasan, tidak sehat dan tidak manusiawi” telah menyebabkan kematian ratusan bayi dan balita yang dapat dihindari.

Pada Juni 2019, Belgia memulangkan enam anak yatim.

Enam ibu dan 15 anak mereka juga berhasil melarikan diri dari kamp dan pulang melalui Turki. Keenam wanita ini sekarang berada di penjara, dan sebagian besar anak-anak tinggal bersama kerabat, menurut Loots.

Pejabat Belgia sejauh ini belum berkomentar mengapa tujuh anak dan enam wanita tetap berada di Suriah.

Siapa yang ditinggalkan Belgia?

Namun pernyataan Jaksa Penuntut Umum Federal mengatakan bahwa wanita Belgia yang dipulangkan semuanya memenuhi kriteria tertentu, antara lain:

"Menjadi ibu dari salah satu anak yang dipulangkan, ini dibuktikan dengan tes DNA yang dilakukan di lokasi beberapa minggu lalu." 

Kemudian "Memenuhi penilaian risiko yang dilakukan oleh dinas keamanan."  

Dan yang terakhit "Dengan jelas mengungkapkan keinginan untuk kembali dan menjauhkan diri dari ideologi ekstremis mana pun."

Menurut Loots of Moeders Van Europa, otoritas Belgia meminta semua wanita Belgia di kamp untuk menandatangani dokumen yang menyatakan mereka tidak akan terlibat kembali dengan IS atau berusaha untuk menyakiti orang Belgia.

Seorang ibu, yang memiliki empat anak, menolak untuk menandatangani, karena alasan yang tidak diketahui, dan tetap berada di Suriah.

Salah satu wanita lain yang ditinggalkan memiliki seorang anak.

Yang lain, seorang wanita 28 tahun, memiliki dua. Wanita ini telah berada di kamp selama lima tahun sekarang, menurut Loots, yang secara teratur berhubungan dengannya. Tidak seperti biasanya, ibunya juga ada di sana bersamanya dan merupakan salah satu wanita Belgia lainnya yang masih berada di kamp.

Dia meninggalkan Belgia untuk menemukan putrinya setelah mendengar dia melakukan perjalanan ke wilayah yang dikuasai IS di Suriah, menurut Loots.

Keduanya melarikan diri dari Islamic State dan telah tinggal bersama di kamp-kamp yang dikelola Kurdi sejak saat itu.

Loots mengatakan pihak berwenang Belgia meminta untuk memulangkan anak-anak berusia dari wanita berusia 28 tahun itu tanpa dia dan dia menolak.

Nicolas Cohen, seorang pengacara Prancis yang mewakili Cassandra Bodart, seorang wanita Belgia yang dijatuhi hukuman in absentia tahun lalu hingga lima tahun penjara karena bergabung dengan IS, mengatakan kepada MEE bahwa Bodart adalah salah satu dari dua wanita lain yang tidak dipulangkan.

Pada tahun 2020, Komite PBB Menentang Penyiksaan memerintahkan Belgia untuk melindungi dan membantu Bodart.

“Ini sangat aneh, karena dia adalah wanita yang paling dilindungi oleh hukum internasional,” kata Cohen kepada MEE.

“Saya ingin melakukan diskusi yang adil dengan [otoritas Belgia], tetapi itu tidak mungkin. Alasan mengapa itu tidak mungkin adalah karena mereka tidak memiliki argumen untuk mendukung posisi mereka.”

Seorang juru bicara kantor perdana menteri Belgia belum menanggapi permintaan komentar. MEE juga menghubungi otoritas Kurdi di timur laut Suriah tetapi belum mendapat tanggapan.

Pemulangan 'A la carte'

Beberapa negara, termasuk Rusia, Kazakhstan, Kosovo, dan Bosnia-Herzegovina, sejauh ini telah memulangkan sejumlah besar warga negara mereka sendiri.

Tetapi sebagian besar negara Barat, termasuk banyak negara anggota Uni Eropa dan Australia, telah berulang kali menolak seruan untuk melakukannya, dengan pengecualian beberapa kasus di mana sebagian besar anak yatim piatu telah dievakuasi dari kamp dengan alasan kemanusiaan.

Amerika Serikat telah berulang kali meminta sekutunya untuk memulangkan warganya, menyebut situasi saat ini "tidak dapat dipertahankan", dan bahkan menawarkan bantuan untuk pemulangan.

Sebagian besar pemerintah Barat telah menolak untuk memulangkan warga negara mereka dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki layanan konsuler di Suriah dan dengan alasan masalah keamanan. Beberapa telah menyerukan warga negara asing yang dituduh memiliki hubungan dengan IS untuk diadili secara lokal. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X