Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.794 views

Turki: Resolusi Prancis Agar Mengakui Nagorno-Karabakh Wilayah Merdeka Bias dan Tidak Realistis

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Penerapan resolusi Senat Prancis yang mendesak pemerintah untuk mengakui Nagorno-Karabakh sebagai republik merdeka menunjukkan betapa biasnya Prancis terhadap perselisihan tersebut, Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan pada hari Kamis (26/11/2020), menambahkan bahwa resolusi tersebut tidak memiliki kenyataan apa pun.

"Keputusan Senat Prancis ini adalah indikator yang jelas mengapa (Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa) OSCE Minsk Group, yang dipimpin oleh ketua bersama yang harus tidak memihak, tidak memberikan solusi saat bias," kata kementerian dalam sebuah pernyataan tertulis.

Ini adalah contoh bagaimana prinsip-prinsip paling dasar dari hukum internasional, legitimasi dan keabsahan dapat diabaikan demi pertimbangan urusan dalam negeri, tambahnya.

Grup Minsk, yang diketuai bersama oleh Prancis, Rusia dan AS, dibentuk pada tahun 1992 untuk menemukan solusi damai bagi konflik antara Baku dan Yerevan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki; Namun, selama bertahun-tahun tidak dapat memberikan solusi.

Bentrokan baru meletus pada 27 September yang berlanjut selama 44 hari, di mana Baku membebaskan beberapa kota dan hampir 300 permukiman dan desa dari pendudukan Armenia.

Pada 10 November, kedua negara menandatangani kesepakatan yang ditengahi Rusia untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja menuju solusi yang komprehensif.

"Hasil yang diperoleh Azerbaijan di lapangan adalah konkretisasi hak-hak yang tercermin dalam keputusan PBB dan dicatat dalam proses Minsk di mana Prancis menjadi salah satu ketua tetapi tidak diberlakukan," kata pernyataan itu, mengingatkan bahwa banyak resolusi PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan Armenia yang menyerang dari wilayah tersebut.

Kementerian lebih lanjut menekankan bahwa seruan Senat Prancis agar Azerbaijan menarik diri dari wilayahnya yang dibebaskan dari pendudukan Armenia adalah "konyol, bias, dan tanpa realitas apa pun."

"Keputusan ini, tanpa akal sehat dan yang tidak dapat dibenarkan dengan penjelasan yang masuk akal, membatasi kesempatan Prancis untuk berkontribusi pada solusi masalah secara nyata," tambahnya.

Resolusi simbolis itu tidak berarti pemerintah Prancis akan mengakui Nagorno-Karabakh yang berdaulat, tetapi mengirimkan pesan dukungan kepada komunitas besar Armenia di Prancis. Tidak ada satupun negara yang mengakui wilayah tersebut, termasuk Yerevan - yang telah diperselisihkan oleh Armenia dan Azerbaijan selama beberapa dekade - sebagai wilayah merdeka.

Resolusi Prancis menyerukan kepada pemerintah untuk "mengakui Republik Nagorno-Karabakh dan menggunakan pengakuan ini sebagai instrumen negosiasi untuk pembentukan perdamaian yang berkelanjutan." Ia juga meminta pemerintah untuk mengejar tanggapan Eropa yang lebih keras terhadap Turki, yang telah mendukung Azerbaijan dalam konflik tersebut.

"Kami benar-benar menolak klaim tidak berdasar atas Turki yang disebutkan dalam keputusan tersebut," lanjut kementerian, menambahkan bahwa cerminan dari "Obsesi Turki, yang cukup sering terlihat baru-baru ini, tidak mengherankan namun juga memancing pemikiran."

Kementerian tersebut menyatakan bahwa mereka berharap Prancis akan mengambil sikap yang lebih konstruktif terhadap konflik setelah hampir 30 tahun dan akan terlibat dalam upaya penyelesaian permanen sesuai dengan hukum internasional.

"Turki siap bekerja dengan Prancis seperti dengan mitra lainnya untuk memberikan solusi berkelanjutan bagi konflik yang juga akan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas regional," katanya. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X