Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.499 views

Imran Khan: Pakistan Tidak Akan Mengakui Israel

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pakistan tidak akan mengakui Israel sampai ada tanah air bagi Palestina, kata Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dalam sebuah acara di Masyarakat Asia di Kota New York pada Kamis (26/9/2019) malam.

Menanggapi pertanyaan dari Middle East Eye mengenai spekulasi bahwa Pakistan sedang mempertimbangkan perubahan kebijakan luar negeri terhadap Israel, Khan, yang saat ini berada di Amerika Serikat untuk menghadiri Majelis Umum PBB, mengatakan ia tidak mengetahui dari mana laporan-laporan ini berasal dari .

Selama bulan lalu, spekulasi telah tersebar luas bahwa Pakistan mungkin terbuka untuk membangun hubungan formal dengan Israel karena konfigurasi ulang hubungan antara negara-negara Teluk dan Israel, khususnya Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Media sosial juga dipenuhi debat dan diskusi, dengan beberapa berpendapat bahwa kesengsaraan ekonomi Pakistan mungkin mengharuskannya untuk membentuk sekutu baru.

Tapi Khan tegas dalam jawabannya.

"Pakistan memiliki posisi yang sangat mudah. ​​Adalah pendiri kami dari Pakistan Quaid-i-Azam Muhammad Ali Jinnah yang sangat jelas bahwa harus ada penyelesaian, tanah air bagi Palestina sebelum Pakistan dapat mengakui Israel," katanya dengan tepuk tangan meriah.

Debat itu sebagian besar dimulai pada awal September ketika Kamran Khan, presiden dan pemimpin redaksi Dunya Media Group, bertanya di Twitter: "Mengapa kita tidak bisa secara terbuka memperdebatkan pro kontra tentang membuka saluran komunikasi langsung dan terbuka dengan Negara Israel?"

Tweet itu ditafsirkan oleh banyak orang sebagai upaya untuk menguji opini publik Pakistan tentang Israel.

Kunwar Khuldune Shahid, seorang jurnalis Pakistan, menulis di Haaretz bahwa tweet itu menunjukkan "subjek yang dulu tabu dari Islamabad yang menyelidiki kemungkinan hubungan dengan Israel telah mengalami perubahan besar - dan sekarang memasuki wacana arus utama."

Selama konferensi pers beberapa hari kemudian, militer Pakistan menyangkal bahwa negara itu mengubah arah pada Israel, sebelum mengarahkan pertanyaan lebih lanjut ke kantor asing.

"Sejauh visibilitas saya pergi, hal semacam itu tidak terjadi. Tetapi ini adalah pertanyaan yang berkaitan dengan kantor asing, "kata sang juru bicara.

Hal ini menyebabkan perdebatan lebih lanjut tanpa intervensi atau klarifikasi dari Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Pertanyaan mengenai pendekatan Khan ke Israel dimulai pada Oktober 2018 ketika sebuah laporan beredar mengatakan bahwa sebuah jet Israel telah mendarat di Islamabad selama 10 jam, yang mengarah ke spekulasi berskala luas bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mungkin telah mengunjungi negara itu.

Staf bandara di Pakistan juga mengatakan kepada Middle East Eye pada bulan November bahwa sebuah penerbangan Bizjet yang membawa perdana menteri Israel selama perjalanannya yang mengejutkan ke Oman mendarat di pangkalan udara Noorkhan. Seorang pilot mengatakan kepada MEE bahwa mereka melihat penerbangan BizJet di udara di sebelahnya sebelum mendarat di pangkalan udara Noorkhan.

Tiga saksi dari pangkalan udara Noorkhan mengkonfirmasi laporan sang pilot dan mengatakan mereka melihat sebuah mobil mengambil delegasi di tangga pesawat. Perkembangan itu hampir memicu krisis politik bagi Khan.

Meskipun Pakistan tidak pernah mengakui Israel secara formal, dapat dipahami bahwa kedua negara telah bertemu di belakang layar, bahkan mendiskusikan kemungkinan pembentukan hubungan diplomatik.

Meskipun Khan tetap bersikeras bahwa perjalanannya ke PBB terutama difokuskan pada peningkatan kesadaran tentang turunnya India ke dalam fasisme Hindu dan blokade Kashmir yang berumur beberapa minggu, dia juga telah terikat dengan masalah-masalah mendesak lainnya selama kunjungannya.

Dengan Pakistan menikmati ikatan kuat dengan Arab Saudi dan hubungan persahabatan dengan Iran, Khan mengatakan bahwa dia telah didekati oleh Presiden AS Donald Trump untuk membantu mediasi dengan Iran.

"Presiden Trump bertanya kepada saya apakah kami dapat mengeskalasi situasi dan mungkin membuat kesepakatan lain. Jadi, saya memang menyampaikan ini (kepada Presiden Iran Hassan Rouhani) dan ya, kami sedang berusaha yang terbaik. Ini adalah hal yang berkelanjutan sehingga saya dapat tidak akan mengungkapkan lebih dari itu, "Khan mengatakan kepada wartawan di sela-sela Majelis Umum PBB. (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X