Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.841 views

1300 Orang Ditangkap Sejak Demo Anti-Sisi Terbaru Dimulai di Mesir Jum'at Lalu

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Setidaknya 1.300 orang Mesir telah ditahan sejak Jum'at karena Kairo melanjutkan tindakan kerasnya terhadap protes terhadap pemerintahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Pasukan keamanan Mesir pada Selasa malam menangkap Hazem Hosny, seorang profesor ilmu politik terkemuka di Universitas Kairo, di rumahnya di Giza.

Hosny sebelumnya bertindak sebagai penasihat Sami Annan, seorang mantan jenderal yang ditahan oleh militer Mesir pada 2018 hanya beberapa hari setelah mengumumkan niatnya untuk melawan Sisi dalam pemilihan presiden tahun itu.

Keluarga sesama ilmuwan politik Hassan Nafaa mengatakan mereka juga takut akan penangkapannya setelah kehilangan kontak dengan jam-jam akademik yang terang-terangan sebelum penahanan Hosny.

Kedua profesor telah berbicara mendukung protes di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Komite pertahanan untuk Hosny pada hari Rabu (25/9/2019) mendesak pembebasan profesor, mengutip kesehatannya yang buruk.

Hosny adalah di antara beberapa tokoh oposisi yang ditahan dalam beberapa hari terakhir ketika rezim Sisi bergerak untuk menindak perbedaan pendapat di tengah seruan untuk protes "sejuta orang" pada hari Jum'at.

Setidaknya 16 anggota oposisi Partai Kemerdekaan ditangkap pada hari Selasa.

Partai itu sebelumnya mengeluarkan seruan publik agar warga Mesir ikut serta dalam protes, yang meletus pada Jum'at pekan lalu di ibu kota Kairo dan kota-kota lain.

Ribuan demonstran dilaporkan turun ke jalan pada hari Jum'at dan Sabtu sebagai bagian dari gelombang pertikaian yang belum pernah terjadi sebelumnya - lebih mudah diungkapkan secara online - dipicu oleh tuduhan korupsi di pemerintahan dan militer Sisi.

Video yang diterbitkan oleh mantan kontraktor pemerintah Mohamed Ali menjadi viral awal bulan ini.

Orang dalam mantan rezim yang diasingkan itu mengatakan bahwa Sisi dan militer mengambil jutaan dolar dana publik untuk membangun beberapa villa mewah dan istana presiden yang besar.

Sebanyak 60 persen populasi Mesir hidup dalam kemiskinan.

Pasukan keamanan juga telah menahan wakil kepala partai Komunis dan Martabat.

Sekitar 1.300 orang telah ditahan sejauh ini sejak protes dimulai, menurut Pusat Hak Ekonomi dan Sosial Mesir.

Sementara Kairo telah meluncurkan pemadaman internet yang menargetkan situs media sosial, membatasi informasi yang tersedia bagi wartawan di luar negeri, penyebaran penangkapan yang dilaporkan di provinsi-provinsi di seluruh Mesir menunjukkan bahwa protes juga telah terjadi di luar kota-kota besar.

Lebih dari 300 tahanan telah muncul sejauh ini di depan pengadilan, semuanya dijatuhi hukuman 15 hari penjara masing-masing untuk diinterogasi mengenai partisipasi mereka dalam demonstrasi.

Di antara mereka yang dituntut pada hari Selasa adalah pengacara hak asasi manusia pemenang penghargaan Mahinour El-Massry, yang ditangkap pada hari Ahad setelah menghadiri penyelidikan beberapa dari mereka yang ditangkap selama demonstrasi.

Yang lain menemukan diri mereka ditangkap dengan tuduhan tambahan, termasuk keanggotaan dalam kelompok teroris - kemungkinan merujuk pada Ikhwanul Muslimin yang dilarang, yang media pemerintah Mesir telah tuduh mempengaruhi pengunjuk rasa.

Sumber-sumber yudisial mengatakan kepada The New Arab layanan bahasa Arab bahwa lebih dari 350 tahanan telah dibebaskan tanpa tuduhan dalam beberapa hari terakhir, tetapi ratusan lainnya belum muncul di pengadilan.

Sisi telah memerintahkan para jaksa penuntut dari departemen lain untuk bekerja di pengadilan Kejaksaan Tinggi Keamanan Negara ketika pemerintahnya berusaha untuk menangani protes, menandakan prospek kampanye penangkapan yang lebih luas, kata sumber. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 23/10/2024 15:49

Perbaiki Diri dari Shalat Shubuh