Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.829 views

Pengungsi Rohingya Merindukan Rumah dan Kewarganegaraan

DHAKA (voa-islam.com) - Abdur Rahim, 57, seorang pengungsi Rohingya di Bangladesh, teringat dengan jelas perjalanan berbahayanya melalui bukit-bukit terjal dan hutan lebat yang ia lakukan dengan berjalan kaki untuk melarikan diri dari penganiayaan di Myanmar dua tahun lalu.

Butuh 14 hari menjalani semua itu, dan sepanjang jalan dia kehilangan 20 temannya.

“Saya bersama istri dan empat anak-anak memulai perjalanan kami pada 26 Agustus [2017] dan mencapai Bangladesh pada 8 September,” kata Rahim kepada Anadolu Agency.

Diaspora Rohingya sedang merayakan Hari Peringatan Genosidal pada hari Ahad ini untuk menandai dua tahun sejak dimulainya penumpasan brutal terhadap mereka oleh otoritas Myanmar.

"Keponakan perempuan saya yang berusia 11 tahun, Adiba, ditembak mati pada 25 Agustus di depan mata saya sendiri, dan ratusan wanita dan gadis muda diperkosa dan dibunuh geng di desa saya dan daerah tetangga."

“Kami heran. Apa yang terjadi tiba-tiba? Apa yang salah? Kami tidak punya pilihan selain meninggalkan tanah air kami di mana saya memiliki rumah berlantai dua, 20 hektar lahan pertanian, dan pekerjaan di sekolah menengah, ” kata Rahim.

Lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, kebanyakan wanita dan anak-anak, melarikan diri dari Myanmar dan menyeberang ke Bangladesh setelah pasukan Myanmar melancarkan penumpasan terhadap komunitas Muslim minoritas pada 25 Agustus 2017, menurut Amnesty International.

Selama penindasan itu, sekitar 18.000 wanita dan gadis muda Rohingya diperkosa oleh pasukan keamanan Myanmar, 24.000 Rohingya terbunuh, dan 115.000 rumah mereka dibakar, demikian dilaporkan Ontario International Development Agency (OIDA).

Genosida

Aktivis HAM Rohingya yang memenangkan hadiah, Razia Sultana, menyebut apa yang terjadi di Myanmar sebagai "genosida terhadap Muslim Rohingya."

“Ribuan orang terbunuh, banyak desa dibakar, ribuan wanita diperkosa, dan ratusan orang - termasuk orang tua, wanita, dan anak-anak - dilemparkan ke dalam api, mendorong sebagian besar masyarakat meninggalkan tanah air mereka. Apa yang harus kita definisikan hal tersebut, jika bukan genosida?” Sultana menambahkan.

Pemerintah Myanmar menolak untuk memberikan kewarganegaraan kepada Rohingya, menyebut mereka "Bengali." Sedangkan Bangladesh menampung lebih dari satu juta pengungsi Rohingya tetapi menyangkal kewarganegaraan mereka, mengatakan mereka harus kembali ke tanah air mereka setelah situasinya aman dan terjamin.

Sementara itu, beberapa inisiatif untuk memulangkan orang-orang Rohingya ke Myanmar telah gagal karena orang-orang yang dianiaya menolak untuk kembali tanpa hak kewarganegaraan penuh, pemukiman kembali di tempat yang sama di negara bagian Rakhine Myanmar dari tempat mereka melarikan diri dari penumpasan Agustus 2017, serta jaminan keamanan dengan kehadiran dari komunitas internasional.

Sultana mengatakan bahwa Rohingya harus kembali ke tanah air mereka karena kehidupan yang mereka jalani sekarang di kamp-kamp pengungsi yang penuh sesak di Bangladesh sama sekali bukan kehidupan manusia.

“Ada krisis makanan, pakaian, obat-obatan, dan kondisi kehidupan yang parah di kamp. Tetapi bagaimana kita bisa mengandalkan otoritas Myanmar, karena mereka masih menyangkal keterlibatan tentara dalam kekejaman terhadap komunitas Rohingya? ”Katanya.

Pengembalian yang aman

Md Abul Kalam, kepala Komisi Pengungsi dan Pemulihan Bangladesh, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa kembalinya para pengungsi Rohingya ke tanah air mereka dengan aman adalah satu-satunya solusi untuk krisis ini.

"Sebagai warga negara Myanmar, semua hak dasar harus dipastikan untuk pemulangan yang berkelanjutan," katanya.

Para pengungsi Rohingya bermimpi tentang hari mereka akan kembali ke rumah mereka.

“Kami ingin melupakan mimpi buruk itu, kami ingin kembali ke rumah, kami menginginkan kedamaian,” kata Habiba Khatun, seorang pengungsi Rohingya dan ibu dari empat anak.[anadolu/fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya