Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.749 views

Pengadilan Syiah Irak Vonis Mati 3 Warga Negara Prancis Anggota IS

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Pengadilan Syiah Irak pada hari Ahad (26/5/2019) menjatuhkan hukuman mati kepada tiga warga negara Prancis setelah mereka dinyatakan bersalah bergabung dengan kelompok Islamic State, anggota IS pertama dari Prancis yang dijatuhi hukuman mati, kata seorang pejabat pengadilan.

Diambil di Suriah oleh pasukan yang didukung AS melawan jihadis, Kevin Gonot, Leonard Lopez dan Salim Machou dipindahkan ke Irak untuk diadili.

Irak telah menahan ribuan jihadis yang dipulangkan dalam beberapa bulan terakhir dari negara tetangga Suriah, di mana mereka ditangkap oleh pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS selama pertempuran untuk menghancurkan "kekhalifahan" IS.

Pengadilan Syiah Irak mengatakan sebelumnya pada Mei bahwa mereka telah mengadili dan menghukum lebih dari 500 tersangka anggota IS asing sejak awal 2018.

Pengadilannya telah memvonis banyak orang dengan hukuman hidup di penjara dan yang lain sampai mati.

Persidangan telah dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia, yang mengatakan mereka sering mengandalkan bukti yang diperoleh melalui penyiksaan.

Orang-orang yang dijatuhi hukuman pada hari Ahad adalah di antara 13 warga negara Prancis yang ditangkap di Suriah timur yang dilanda pertempuran dan diserahkan kepada pemerintah Syiah Irak pada Februari dengan dugaan sebagai anggota kontingen IS pejuang asing.

Satu orang kemudian dilepaskan karena diketahui dia telah melakukan perjalanan ke Suriah untuk mendukung minoritas agama Yazidi - target kampanye IS yang brutal yang menurut kelompok hak asasi manusia mungkin sama dengan genosida.

Dua belas sisanya diadili di bawah hukum kontraterorisme Irak, yang dapat menjatuhkan hukuman mati kepada siapa pun yang dinyatakan bersalah bergabung dengan kelompok "teroris", bahkan jika mereka tidak secara eksplisit bertarung.

- Uji coba dikritik -

Gonot, yang berjuang untuk IS sebelum ditangkap di Suriah bersama ibu, istrinya, dan saudara tirinya, juga telah dihukum in absentia oleh pengadilan Prancis selama sembilan tahun penjara, menurut Pusat Analisis Terorisme Prancis (CAT).

Machou adalah anggota brigade Tariq ibn Ziyad yang terkenal, "sel jihadis  asing Eropa" yang melakukan serangan di Irak dan Suriah dan merencanakan yang lain di Paris dan Brussel, menurut pejabat AS.

Lopez, dari Paris, bepergian dengan istri dan dua anaknya ke Mosul yang dikuasai IS di Irak utara sebelum memasuki Suriah, kata para penyelidik Prancis.

Irak mengklaim kemenangan atas IS pada akhir 2017 dan mulai mengadili orang asing yang dituduh bergabung dengan jihadis pada tahun berikutnya.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia termasuk Human Rights Watch telah mengkritik pengadilan anti-teror Irak, yang mereka katakan sering mengandalkan bukti tidak langsung atau pengakuan yang diperoleh dengan penyiksaan.

Baghdad telah menawarkan untuk mengadili semua pejuang asing dalam tahanan SDF - diperkirakan sekitar 1.000 - dalam pertukaran dengan jutaan dolar, sumber pemerintah Irak mengatakan kepada AFP.

Di antara mereka yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup adalah warga Prancis Lahcen Ammar Gueboudj yang berusia 58 tahun dan dua warga negara Prancis lainnya.

Irak juga telah mengadili ribuan warga negaranya sendiri yang ditangkap di negara asalnya karena bergabung dengan IS, termasuk wanita, dan memulai proses pengadilan bagi hampir 900 warga Irak yang dipulangkan dari Suriah.

Negara ini tetap berada di lima negara "algojo" teratas di dunia, menurut laporan Amnesty International pada bulan April.

Jumlah hukuman mati yang dikeluarkan oleh pengadilan Syiah Irak lebih dari empat kali lipat antara 2017 dan 2018, setidaknya 271.

Para analis juga telah memperingatkan bahwa penjara di Irak di masa lalu bertindak sebagai "akademi" bagi jihadis masa depan, termasuk pemimpin IS Abu Bakar al-Baghdadi. (st/AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X