Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.032 views

Palestina Luncurkan Upaya untuk Gagalkan 'Kesepakatan Abad Ini' yang Digagas Trump

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Kepemimpinan Palestina akan segera mengirimkan delegasi ke beberapa negara sebagai bagian dari upayanya untuk menggalang dukungan bagi penentangannya terhadap rencana mendatang Presiden AS Donald Trump untuk perdamaian di Timur Tengah, yang juga dikenal sebagai "kesepakatan abad ini."
 
Para pejabat Palestina di Ramallah mengatakan kepada The Jerusalem Post bahwa delegasi itu juga akan memberi tahu para pemimpin dunia tentang langkah-langkah yang akan diambil oleh para pemimpin Palestina sebagai tanggapan atas rencana Trump dan "pelanggaran" Israel atas perjanjian yang ditandatangani dengan Palestina.

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan pejabat lainnya di Ramallah telah mengisyaratkan bahwa langkah-langkah itu termasuk mencabut pengakuan Palestina atas Israel dan menangguhkan koordinasi keamanan (dengan IDF) di Tepi Barat. Lembaga-lembaga PLO dan Fatah telah merekomendasikan "merevisi" semua hubungan dengan Israel sebagai tanggapan atas "kegagalan untuk melaksanakan semua perjanjian" Israel yang ditandatangani dengan Palestina, termasuk Kesepakatan Oslo 1993. Mereka juga merekomendasikan bahwa kepemimpinan PA menghentikan koordinasi keamanan dan menarik pengakuan PLO atas Israel.

Pada tahun 1993, Ketua PLO Yasser Arafat, dalam sepucuk surat kepada mantan Perdana Menteri Yitzhak Rabin, menulis bahwa PLO “mengakui hak Negara Israel untuk hidup damai dan menerima Resolusi 242 dan 338 Dewan Keamanan PBB.”

"Kami akan meluncurkan kampanye internasional untuk menggagalkan kesepakatan Trump abad ini," kata seorang pejabat PLO di Ramallah kepada Post. "Kami ingin dunia tahu bahwa ini adalah konspirasi berbahaya untuk melikuidasi tujuan kami dan hak-hak nasional."

Perdana Menteri PA Mohammed Shtayyeh kembali menyerang rencana Trump yang tak terlihat dan mengatakan itu bertujuan "memeras" Palestina. "Mereka yang percaya bahwa Palestina bisa diperas salah," kata Shtayyeh saat berkunjung ke Nablus. "Kami mengatakan tidak dan seribu tidak untuk inisiatif apa pun yang tidak memenuhi tuntutan minimum rakyat Palestina."

Shtayyeh mengatakan bahwa "pemerasan" itu termasuk "perang finansial" yang sedang dilancarkan terhadap Palestina. Dia menunjukkan bahwa Israel telah mengurangi 502 juta shekel dari pajak dan dana tarif yang dikumpulkannya atas nama Palestina karena pembayaran yang dilakukan oleh pemerintah PA kepada keluarga tahanan keamanan dan para syuhada. Sebagai hasil dari langkah-langkah Israel, katanya, Pegawai negeri Palestina telah menerima setengah dari gaji mereka dalam tiga bulan terakhir.

Sementara itu, pejabat senior Fatah Jibril Rajoub pada hari Ahad (28/4/2019) mendesak Hamas untuk bergabung dengan upaya untuk menggagalkan "kesepakatan abad ini." Hamas, katanya, "perlu mengambil langkah-langkah praktis, dan bukan retorika emosional, untuk membangun front nasional untuk membentengi proyek nasional kita, yang didasarkan pada pembentukan negara Palestina yang merdeka - dengan Yerusalem sebagai ibukotanya - di perbatasan 1967, dan kembalinya para pengungsi Palestina."

Rajoub mengatakan bahwa persatuan Palestina diperlukan untuk menghadapi rencana Trump, "yang bertujuan untuk melenyapkan tujuan nasional kita dan mengubahnya dari tujuan politik menjadi masalah kemanusiaan."

Ingatan Rajoub datang sebagai tanggapan atas pernyataan oleh pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, yang pada hari Sabtu mengulangi penolakan gerakannya terhadap "kesepakatan abad ini." Haniyeh, yang berbicara dalam pertemuan berbagai faksi Palestina di Jalur Gaza untuk membahas cara-cara menggagalkan Rencana Trump yang akan datang, mengatakan bahwa rencana itu sudah dilaksanakan di lapangan. Rencana itu, kata Haniyeh, ditujukan untuk "menggambar ulang peta geopolitik wilayah itu."

Pemimpin Hamas mengatakan bahwa gerakannya siap untuk mengadakan "pembicaraan mendesak dengan Fatah dan Presiden Mahmoud Abbas untuk mencapai rekonsiliasi Palestina dan memulihkan persatuan nasional.

Nafez Azzam, seorang pejabat senior Jihad Islam yang menghadiri pertemuan di Jalur Gaza, mengatakan bahwa rencana Trump adalah "berbahaya" bagi orang-orang Arab. "Adalah tugas orang-orang Arab untuk mendukung Palestina dalam menolak kesepakatan abad ini," katanya. Dia juga memperingatkan orang-orang Arab agar tidak menormalisasi hubungan mereka dengan Israel. (st/JP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X