Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.751 views

Tak Mau Ambil Resiko, Australia Tolak Pulangkan Warganya yang Terkait Islamic State

CANBERRA, AUSRTALIA (voa-islam.com) - Australia pada hari Kamis (14/3/2019) menolak untuk memulangkan para terduga anggota kelompok Islamic State, menjadikannya negara Barat terbaru yang menolak mengembalikan warganya yang ditangkap di Suriah.

Pejabat Australia tidak akan meletakkan bahaya untuk mengambil anggota IS dari Timur Tengah, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan, menggemakan klaim resmi bahwa Inggris tidak akan menempatkan pejabat dalam bahaya untuk memulangkan bayi anggota IS, Shamima Begum, seorang warga negara Inggris yang dikonfirmasi meninggal pekan lalu.

Komentar Morrison datang setelah seorang janda IS Australia meminta negaranya untuk mengizinkannya membawa pulang anak-anaknya dari kamp pengungsi Suriah.

Wanita itu, yang diidentifikasi pada hari Kamis sebagai Zehra Duman, mengatakan putrinya membutuhkan perawatan di rumah sakit.

"Tidak ada yang benar-benar peduli dengan kita di sini, dan aku mengerti kemarahan yang mereka miliki terhadap banyak dari kita di sini," kata wanita itu kepada ABC.

"Tapi anak-anak tidak perlu menderita."

Sang perdana menteri mengatakan bahwa orang Australia yang bepergian ke zona perang bersama keluarga mereka harus bertanggung jawab atas tindakan mereka.

"Tragedi besar dari mereka yang pergi dan bergabung dengan "teroris" - untuk mendukung tujuan "teroris" melalui Daesh dan telah membawa keluarga mereka ke medan perang di mana mereka pada dasarnya berperang melawan Australia - adalah mereka telah menempatkan anak-anak mereka dalam posisi yang mengerikan ini," kata Morrison menggunakan akronim Arab untuk Islamic State.

"Aku tidak akan membahayakan orang Australia untuk mencoba mengeluarkan orang dari situasi itu."

Pemerintah Australia tidak bisa lagi menggunakan risiko yang dirasakan sebagai alasan untuk menolak memulangkan para anggota IS dan keluarga mereka, pakar keamanan Universitas Deakin Greg Parton mengatakan kepada AP.

"Kehati-hatian perlu diambil untuk membawanya kembali, tapi itu sepenuhnya bisa dilakukan," katanya, menjelaskan bahwa alasan itu telah bertahan di masa lalu ketika kelompok IS masih mengendalikan sebagian besar wilayah di Suriah.

Kehadiran Islami State di Suriah kini menjadi beberapa ratus pejuang di wilayah kecil di wilayah Suriah Timur, yang melawan serangan oleh pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang bersekutu dengan AS untuk merebut kembali tanah itu.

Banyak negara Barat enggan memulangkan warga mereka yang terkait IS, karena khawatir tidak mampu mengumpulkan bukti yang cukup yang akan membuktikan bahwa mereka bersalah atas kejahatan di pengadilan setempat.

Australia tidak pernah menghadapi dilema yang sama sejak 2014, ketika pemerintah mengadopsi undang-undang baru yang telah menganggap tindak pidana berada di wilayah yang dikuasai IS di Suriah dan Irak.

Sementara belum ada yang dituntut di bawah hukum, warga Australia yang dinyatakan bersalah dengan undang-undang baru akan menghadapi 10 tahun penjara.

Morrison telah menolak untuk memulangkan Duman dan anak-anaknya karena kebijaksanaan politik, kata Barton, menjelaskan bahwa membawa keluarga itu ke Australia akan membuat sang perdana menteri tidak populer dalam pemilihan negara Mei itu.

Pemimpin oposisi Bill Shorten, yang jajak pendapat menyarankan kemungkinan akan menjadi perdana menteri setelah pemilihan, mengatakan partainya akan bekerja untuk memulangkan anak-anak Australia dari Suriah tanpa "skor politik".

"Kami akan menyelesaikannya. Apakah kamu memisahkan anak-anak dari orang tua mereka? Siapa yang akan menjaga mereka?" dia berkata.

Duman sebelumnya mengatakan di media sosial bahwa keluarga Turki-Australia-nya di Melbourne pada 2014 mengikuti pejuang IS Mahmoud Abdullatif, yang telah pergi berbulan-bulan sebelumnya, ke Raqqa, ibukota de-facto IS.

Pasangan itu menikah tahun itu, meskipun Abdullatif meninggal lima minggu setelah pernikahan.

Janda itu menjadi perekrut online yang rajin untuk kelompok itu, mendesak para perempuan lain untuk bergabung dengannya, dan sebelumnya mengatakan dia tidak merindukan Australia. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X