Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.804 views

Tak Mau Tanggung Jawab, Diplomat AS Pembunuh Warga Kenya Kabur Keluar Negeri

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Bukannya tanggung jawab kepada para korbannya, seorang diplomat AS di Nairobi yang membunuh seorang ayah tiga anak warga Kenya dalam insiden tabrakan mobil justru kabur dari kenya meninggalkan korban kecelakaan tanpa bantuan keuangan untuk membayar biaya pemakaman dan untuk tagihan rumah sakit bagi delapan orang atau lebih korban lainnya yang mengalami luka serius.

Para pejabat Kenya mengatakan bahwa para pejabat Kedutaan Besar AS di Nairobi yang segera membawa pelaku dan keluarganya pergi dari Kenya sehari setelah insiden terjadi.

Pelaku yang lari dari tanggung jawab tersebut, Joshua Walde, adalah seorang perwira manajemen informasi di kedutaan Nairobi. Dia sempat memberikan pernyataan kepada polisi tetapi karena ia memiliki kekebalan diplomatik ia tidak ditahan.

Pejabat Kenya, mengutip polisi mengatakan diplomat itu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi pada pada 11 Juli hingga menyebrangi garis tengah jalan dan menabrak sebuah mini-bus penuh penumpang di ibukota Nairobi, menewaskan Haji Lukindo dan melukai delapan penumpang lainnya.

Mereka yang terluka dibiarkan tanpa bantuan keuangan untuk membayar tagihan rumah sakit sementara janda Lukindo yang hamil enam bulan, Latifah Naiman Mariki, tidak punya uang untuk pemakaman suaminya.

Mariki, 38, bahkan hampir diusir dari rumahnya pekan ini setelah pemiliki rumah menuntut sewa.

Suami Mariki adalah satu-satunya sumber pendapatan keluarga. Mariki mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa tidak seorangpun baik pengemudi maupun orang AS di kedutaan besar Amerika yang menghubunginya.

Dia mengatakan dia tidak tahu bagaimana dia akan membiayai bayinya yang baru dan tiga anak yang lain yang berusia 20, 10 dan 7 tahun.

Latifah Naiman Mariki, janda dari Haji Lukindo warga Kenya yang tewas ditabrak oleh diplomat AS yang tak mau bertanggung jawab, Joshua Walde, bersama kedua anaknya. / Foto. AP

"Sulit bagi saya untuk menangani masalah ini karena anak-anak saya harus pergi ke sekolah. Mereka membutuhkan segalanya, kebutuhan dasar," kata Mariki.

"Dan kita tidak memiliki tempat tinggal karena kita harus membayar sewa. Kita tidak punya uang. Bahkan jika anak-anak saya sakit saya tidak punya uang untuk membawa mereka ke rumah sakit."

Tidak mau tanggung jawab

Sementara itu Hilary Renner, juru bicara Departemen Luar Negeri di Washington, mengatakan bahwa kedutaan mengucapkan belasungkawa terdalam kepada keluarga Mariki dan berharap mereka yang terluka cepat sembuh.

Namun dia mengatakan dia tidak bisa mengomentari apakah Joshua Walde akan kembali ke Kenya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kedutaan sepenuhnya bekerja sama dengan pihak berwenang Kenya saat mereka menyelidiki kecelakaan itu dan bekerja untuk membantu para korban," klaimya.

Tak lama setelah kecelakaan itu, Joshua Walde memperbarui sejarah pekerjaannya di situs jejaring LinkedIn dengan menempatkan waktunya di Nairobi dalam bentuk lampau, dari Juli 2012 hingga Juli 2013.

Sebuah kelompok Facebook yang dibentuk untuk membantu janda Lukindo setelah kecelakaan melihat update CV Walde dan menunjuk itu sebagai bukti bahwa Walde tidak akan pernah kembali untuk menghadapi tuduhan atau membantu korban. Akun LinkedIn kemudian dihapus, meskipun versi cache masih tersedia di internet. (st/aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X