Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.979 views

Kenaikan Harga Telur Bikin Rakyat Babak Belur

 

Oleh: Q. Rosa Anis, SPD.

 

Hingga saat ini harga telur belum beranjak turun secara signifikan. Harga komoditas ini masih dikisaran Rp 30.000,- per kilogram bahkan di wilayah luar Jawa harga tetap tinggi dikisaran Rp 33.000. Sebuah ironi nasib rakyat di negeri agraris yang kaya ini, sering kali  tak mujur karena harga kebutuhan pokok yang terus meroket.

Bak api jauh dari panggang mengharap nasib mujur, dengan turunnya harga sembako, terutama telur. Karena pemerintah telah memberikan pengumuman resmi  per tanggal 3 September 2022 dengan kenaikan harga BBM, yang tentu akan menambah beban biaya disektor distribusi. Kondisi ini akan memicu kenaikan harga-harga komoditas kebutuhan pokok yang memang sudah tinggi.

Kenaikan harga telur bukan hanya menyulitkan masyarakat dalam pemenuhan nutrisi pangan mereka. Dampak lain dari kenaikan harga telur yang tak kunjung turun akan mengganggu kelangsungan usaha UMKM,  terutama yang bergerak di bidang kuliner, produsen roti, rumah makan, bahkan warung- warung kecil di desa. Jika modal mereka tidak berlipat dan menejemen tidak bagus, tentu bisa segera gulung tikar. Dampak lebih jauh adalah bertambahnya jumlah pengangguran dan kemiskinan.

Mencari Sumber Masalah

Menurut Menteri Perdagangan Zukifli Hasan salah satu faktor penyebab tingginya harga telur, karena bantuan sosial program Kementrian Sosial. Bantuan langsung pada masyarakat ini dalam bentuk pangan berupa telur dan lain-lain, sehingga peternak langsung menjual pada penyalur bantuan sosial. Hal ini menyebabkan kelangkaan komoditas telur.

Menanggapi tudingan tersebut, Menteri Sosial menegaskan pihaknya tidak memberikan aturan pembelian produk di masyarakat. Tetapi menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kebutuhan hidupnya. ( detikNews 25/8/2022)

Sementara menurut Pengamat Ekonomi Universitas Airlangga, Imron Mawardi: kenaikan harga telur merupakan dampak dari beberapa tahun lalu, yaitu saat harga telur jeblok di kisaran Rp 13.000 bahkan ada yang di bawah Rp 10.000.

Kondisi ini menyebabkan pedagang banyak yang gulung tikar, karena harga pakan ternak yang terus meningkat. Karena kasus tersebut  diperkirakan peternak yang masih operasi tinggal 60 persen. Tentu ini menyebabkan jumlah komoditas telur dimasyarakat berkurang drastis.

Sisi lain meski harga telur ayam naik drastis, ternyata ini tidak diikuti dengan kebahagiaan para peternak ayam petelur. Kondisi mereka saat ini makin menjerit karena harga pakan ternak,  melambung hingga Rp 471.000,- dari harga normal Rp 335.000,- per sak konsentrat. Untuk harga jagung yang normalnya Rp 3.600 menjadi Rp 5.900 per kilogramnya saat ini.

Berikutnya menurut Azizah  Fauzi Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS)  mengatakan, kenaikan harga telur yang terjadi selama hampir sepekan ini salah satunya disebabkan oleh tingginya harga jagung internasional ( KOMPAS.com 26/8/2022).

Indonesia dari produksi komoditas pangan dalam negeri yaitu jagung, tak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, terutama untuk kebutuhan produksi pakan ternak. Akibatnya untuk menyuplai kebutuhan  dalam negeri pemerintah mesti mengimpor jagung. Secara otomatis harga jagung akan menyesuaikan dengan harga pasar internasional. Berikutnya menjadi hal yang wajar jika harga pakan ternak akan naik, mengingat jagung masih menjadi bahan utama dalam produksi pakan ternak.

Menyuplai Komoditas Pangan Sesuai Syariah Islam

Di dalam politik ekonomi Islam, negara menjadi penjamin kebutuhan pokok masyarakat, person to person harus di pastikan semua terpenuhi sandang, pangan dan papan.

Telur menjadi komoditas pangan dalam rangka memenuhi gizi masyarakat. Persoalan yang memicu tingginya harga telur, hingga tak mampu dibeli masyarakat harus segera diselesaikan.

Sementara untuk menyelesaikan masalah tersebut tak cukup hanya diselesaikan perbagian tetapi butuh melibatkan penyelesaian pada beberapa sektor.

A. Sektor Pertanian

Jagung menjadi kebutuhan utama dalam produksi pakan ternak. Ini berarti sektor pertanian menjadi mata rantai yang harus dipecahkan, yaitu menyediakan bahan baku utama pakan ternak dalam negeri hingga tidak perlu impor dan terpengaruh harga dalam sekala internasional.

Mata rantai yang harus diurai disektor ini adalah tersedianya beberapa faktor yang menunjang produksi jagung antara lain:

(1) keberadaan lahan pertanian, pemerintah akan mengatur mekanisme lahan berdasar  penataan kota, lahan industri dan lahan untuk pertanian guna swasembada pangan.

(2)  jaminan hasil panen  jagung bisa mensejahterakan petani. Mendorong para petani menanam jagung, kemudahan akses jual dengan harga yang berpihak pada petani,  pengontrolan harga  dan  pemastian mekanisme pasar tidak merugikan petani.

(3) Memberikan modal dengan pemberian hibah pada petani secara cuma-cuma, terutama bagi yang tidak mampu

(4) Menjamin terjangkaunya dan tersedianya pupuk, obat- obatan pertanian,  varietas unggul benih jagung, dan kemudahan akses pengairan lahan.

(5) Menjamin tersedianya teknologi untuk kemudahan serta efisiensi produksi pengolahan lahan dan hasil panen.

B. Sektor Industri

Untuk penyediaan pakan ternak dengan harga terjakau, sektor industri pakan ternak juga harus mendapatkan perhatian. Pertama, murahnya listrik dan BBM. Listrik dan BBM  menjadi kebutuhan utama dalam produksi sebagai sumber energi teknologi pengolahan bahan dan distribusi hasil produksi. Kedua, ketersediaan bahan baku utama dalam Negeri dengan harga murah terjangkau. Ketiga, keberadaan modal usaha, negara memastikan keberadaan modal dengan pinjaman tanpa bunga. Disamping mencegah kemungkinan masuknya investor asing yang bisa berpengaruh pada kemandirian dan ketahanan negara. Keempat, mendorong penyediaan teknologi canggih guna peningkatan dan efisiensi hasil produksi.

C. Sektor Peternakan

Analisis pasar pada supply dan demand (penawaran dan permintaan) mesti dilakukan. Pemerintah dalam  Islam akan memastikan semua permintaan yaitu kebutuhan masyarakat pada komoditas pangan khusunya telur  bisa dipenuhi oleh peternak dalam negeri.

Dorongan untuk melakukan usaha dalam hal ini di sektor peternakan, dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan ketrampilan dan  manajemen usaha, kemudahan sarpras, penyediaan modal yg mereka butuhkan dengan hibah ( pemberian bantuan secara cuma-cuma) atau peminjaman tanpa bunga hingga jaminan kemudahan pasa akses penjualan dan kelancaran distribusi.

Disamping itu pemerintah juga akan terus mengontrol pasar, dari pelaku kecurangan penimbunan, dan jaminan keamanan, serta mekanisme lain yang melanggar syariat Islam dengan sanksi yang tegas.

D. Baitul Mal

Dalam Islam menajemen Baitul mal, menjadi penentu kelancaran ekonomi negara. Karena menyangkut modal dan pembiayaan urusan rakyat.

Sumber pendapatan baitul mal di jalankan sesuai syariah Islam, yaitu dari hasil kepemilikan umum, kepemilikan negara dan zakat mal kaum muslimin.

Baitul mal juga dikelola sesuai syariah, untuk memenuhi seluruh hajat rakyat dengan amanah, dan  landasan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Demikianlah gambaran solusi Islam dalam menyelesaikan masalah kenaikan harga telur, perlu ditunjang dari berbagai sektor. Termasuk dukungan dari Baitul mal yang akan menopang dan memastikan setiap kebutuhan rakyat terpenuhi. Insyaallah kesejahteraan akan tercapai dan nasib mujur bisa digapai. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Rabu, 01 Feb 2023 16:03

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Rabu, 01 Feb 2023 13:36

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Rabu, 01 Feb 2023 10:25

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 31 Jan 2023 18:00

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

Selasa, 31 Jan 2023 17:13

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Selasa, 31 Jan 2023 15:30

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Selasa, 31 Jan 2023 15:00

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Selasa, 31 Jan 2023 14:46

Adab Saat Menguap

Adab Saat Menguap

Selasa, 31 Jan 2023 13:00

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Selasa, 31 Jan 2023 12:55

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Selasa, 31 Jan 2023 12:05

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

Selasa, 31 Jan 2023 11:00

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

Selasa, 31 Jan 2023 10:05

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Selasa, 31 Jan 2023 09:13

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Senin, 30 Jan 2023 19:43

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Senin, 30 Jan 2023 17:07

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Senin, 30 Jan 2023 16:04

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Senin, 30 Jan 2023 14:41

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Senin, 30 Jan 2023 09:48

Mewaspadai Bencana Alam

Mewaspadai Bencana Alam

Senin, 30 Jan 2023 06:28


MUI

Must Read!
X