Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.286 views

Afiliasi Islamic State Di Sinai Tingkatkan Serangan Ke Militer Mesir Di Bawah Kepemimpinan Baru

SINAI, MESIR (voa-islam.com) - Otoritas keamanan Mesir secara dekat menindaklanjuti situasi di Semenanjung Sinai menyusul penunjukan Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi sebagai komandan baru Islamic State (IS) setelah afiliasi IS Wilayat Sinai berjanji setia kepada pemimpin baru tersebut.

Pada 17 Maret, IS mempublikasikan di corong medianya, Amaq, foto dari jihadis Wilayat Sinai yang berjanji setia kepada Al-Quraishi.

Wilayat Sinai sebelumnya dikenal sebagai Ansar Baytul Maqdis, sebelum berjanji setia kepada Islamic State pada November 2014, ketika organisasi itu dipimpin oleh Abu Bakar al-Baghdadi pada saat itu.

Pada 11 Maret, Reuters mengungkapkan bahwa pemimpin baru IS adalah saudara laki-laki Al-Baghdadi, yang terbunuh dalam serangan AS di Suriah utara pada 2019.

Pada 10 Maret, Islamic State mengkonfirmasi kematian pemimpinnya Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, yang diyakini telah meledakkan dirinya pada 3 Februari dalam serangan AS di kota perbatasan Atmeh di barat laut Suriah.

Sementara itu, media Mesir sibuk menyoroti pemimpin baru IS. Berita Al-Bawaba melaporkan 10 Maret bahwa pemimpin baru Islamic State adalah orang Irak dan merupakan salah satu komandan terkemuka yang dekat dengan pendiri IS, Al-Baghdadi.

Dalam laporannya 11 Maret, Reuters mengutip seorang pejabat keamanan Irak yang mengatakan bahwa pemimpin baru itu "adalah seorang radikal yang bergabung dengan kelompok jihad Salafi pada tahun 2003 dan diketahui selalu menemani Al-Baghdadi sebagai pendamping pribadi dan penasihat hukum Islam."

Sumber tersebut mencatat bahwa Abu Al-Hassan Al-Hashimi Al-Qurayshi (pemimpin baru) “telah lama menjadi kepala Dewan Syura ISIS, sebuah kelompok kepemimpinan yang memandu strategi dan memutuskan suksesi ketika seorang khalifah terbunuh atau ditangkap.”

Tampaknya penunjukan pemimpin IS yang baru mendorong Wilayat Sinai untuk meningkatkan serangannya di Sinai utara, seperti yang dikonfirmasi oleh Mada Masr dalam sebuah laporan yang diposting di halaman Facebook-nya pada 22 Maret. Mengutip sumber lokal, outlet media mengatakan, “Tiga hari setelahnya. Wilayat Sinai mengumumkan kesetiaannya kepada pemimpin ISIS yang baru, seorang warga sipil bersenjata milik suku Sinai yang bekerja sama dengan tentara Mesir tewas dan satu lagi terluka dalam ledakan di selatan Sheikh Zuweid.”

Suku-suku di Sinai baru-baru ini berperang melawan Wilayat Sinai di bawah payung yang disebut Serikat Suku Sinai, pada saat tentara Mesir menahan diri untuk tidak mempublikasikan informasi apapun tentang konfrontasinya dengan organisasi radikal.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan 23 Desember 2021, Mada Masr mengatakan, “Persatuan Suku Sinai, yang dipimpin oleh suku Tarabin, yang terbesar di Sinai, dengan dukungan angkatan bersenjata dan dinas keamanan, terlibat dalam kampanye ekstensif di daerah-daerah di mana Wilayat Sinai sangat hadir.”

Ia melanjutkan, “Juru bicara militer angkatan bersenjata tidak menyebutkan [baru-baru ini] operasi militer apa pun yang melibatkan Persatuan Suku Sinai, baik itu resmi atau didukung, di Sinai utara.”

Menurut halaman Facebook serikat suku, organisasi tersebut terdiri dari front suku terpadu yang mencakup sebagian besar suku Sinai dengan tujuan menghadapi organisasi ekstremis dan memberikan dukungan logistik kepada angkatan bersenjata Mesir di Sinai.

Pada 22 Maret, Persatuan Suku Sinai mengumumkan pembunuhan dua anggota suku selama bentrokan langsung dengan jihadis di timur Rafah di Sinai utara, yang juga menyebabkan terbunuhnya tiga elemen radikal.

Al-Araby al-Jadeed melaporkan 14 Maret, “Wilayat Sinai melancarkan serangan berturut-turut di berbagai bagian utara Sinai dalam 72 jam terakhir, yang menewaskan dan melukai 10 tentara [Mesir] dan tujuh anggota kelompok suku yang mendukung tentara.”

Maher Faraghli, peneliti lepas dalam urusan gerakan jihad, mengatakan kepada Al-Monitor, “Pemimpin ISIS yang baru adalah simbol bagi anggota Wilayat Sinai karena dia adalah saudara laki-laki Abu Bakar al-Baghdadi.”

Dia berkata, "Pemimpin baru adalah tokoh terkemuka dalam organisasi, dan berpengaruh ketika saudaranya menjadi pemimpinnya."

Faraghli mencatat, “Pemimpin baru ISIS dan anggota kelompok itu ingin melanjutkan operasi jihad mereka di Mesir, mengingat pentingnya Kairo di wilayah tersebut. Oleh karena itu, Qurayshi mungkin tertarik untuk mempertahankan operasi jihad di Mesir, tetapi ia akan menghadapi kendala, yaitu keamanan dan kontrol tentara Mesir yang ketat.”

Dia berkata, “Pada tahap berikutnya setelah kesetiaan Wilayat Sinai kepada pemimpin ISIS yang baru, organisasi tersebut dapat memperkuat kehadirannya di Sinai, dengan melakukan lebih banyak operasi bersenjata. Wilayat Sinai mengandalkan operasi sporadis dan terbatas mengingat keamanan yang ketat dan kontrol militer. Tidak diragukan lagi bahwa operasi ini tidak akan berhenti, tetapi tidak lagi berpengaruh dan menyakitkan seperti tahun-tahun sebelumnya.”

Dia menjelaskan, “Partisipasi Serikat Suku Sinai dalam perang melawan Wilayat Sinai telah melemahkan kelompok radikal tersebujt, yang mengeksploitasi alam pegunungan gurun di Sinai dan mengarahkan serangan mereka terhadap pasukan tentara Mesir. Anggota suku sangat akrab dengan lingkungan Sinai dan dengan demikian mampu mengusir serangan organisasi ituu.”

Faraghli menambahkan, “[tentara] Mesir berhasil mengepung ISIS dalam beberapa tahun terakhir, dand Negara-negara Barat menyambut baik keberhasilan tentara Mesir dalam menghadapi serangan organisasi radikal dan membatasi kemampuan organisasinya.”

Dalam laporan Februari, Dewan Keamanan PBB memuji peran Mesir dalam menghadapi organisasi jihadis, dan menegaskan bahwa “aktivitas jihad menurun drastis di Mesir, terutama yang dipimpin oleh Wilayat Sinai yang berafiliasi dengan IS pada 2019." (Almntr)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Eks Menteri M. S. Kaban Nilai PERSIS Dorong Kemajuan Indonesia dengan Gerakan Dakwahnya

Eks Menteri M. S. Kaban Nilai PERSIS Dorong Kemajuan Indonesia dengan Gerakan Dakwahnya

Sabtu, 24 Sep 2022 23:29

KEPPRES Kontroversial Jokowi

KEPPRES Kontroversial Jokowi

Sabtu, 24 Sep 2022 21:39

Ulama Uzbekistan Larang Warga Uzbek Ikut Bertempur Bersama Rusia Di Ukraina

Ulama Uzbekistan Larang Warga Uzbek Ikut Bertempur Bersama Rusia Di Ukraina

Sabtu, 24 Sep 2022 21:34

Filter Agama dalam Keluarga adalah Pedomanan Menuju Kebahagian Dunia dan Akhirat

Filter Agama dalam Keluarga adalah Pedomanan Menuju Kebahagian Dunia dan Akhirat

Sabtu, 24 Sep 2022 21:25

Akmal Sjafril: Sains Tak Mampu Mengudeta Tuhan

Akmal Sjafril: Sains Tak Mampu Mengudeta Tuhan

Sabtu, 24 Sep 2022 21:12

Muktamar PERSIS XVI, Wakil Presiden KH. Maruf Amin Siap Buka Acara

Muktamar PERSIS XVI, Wakil Presiden KH. Maruf Amin Siap Buka Acara

Sabtu, 24 Sep 2022 21:05

Pendidikan Indonesia Tidak Mengajarkan Sekulerisme

Pendidikan Indonesia Tidak Mengajarkan Sekulerisme

Sabtu, 24 Sep 2022 08:35

Toleransi Tidak Ahistoris; Jangan Paksakan Jika Masyarakat Menolak Pembangunan Gereja

Toleransi Tidak Ahistoris; Jangan Paksakan Jika Masyarakat Menolak Pembangunan Gereja

Sabtu, 24 Sep 2022 05:27

Mulailah Dari Land Cruiser Hitam

Mulailah Dari Land Cruiser Hitam

Jum'at, 23 Sep 2022 23:21

Peringati Serangan 11 September, Al-Qaidah Sebut Aliansi Utara 'Cucu Abu Righal'

Peringati Serangan 11 September, Al-Qaidah Sebut Aliansi Utara 'Cucu Abu Righal'

Jum'at, 23 Sep 2022 21:30

Menjadi Pemuda Istimewa

Menjadi Pemuda Istimewa

Jum'at, 23 Sep 2022 21:19

Ribuan Warga Rusia Melarikan Diri Ke Luar Negeri Setelah Seruan Putin Untuk Perang Di Ukraina

Ribuan Warga Rusia Melarikan Diri Ke Luar Negeri Setelah Seruan Putin Untuk Perang Di Ukraina

Jum'at, 23 Sep 2022 20:55

Saudi Minta Iran Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Orang Lain

Saudi Minta Iran Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Orang Lain

Jum'at, 23 Sep 2022 18:15

Laporan BSR Temukan Facebook Langgar Hak Pengguna Palestina

Laporan BSR Temukan Facebook Langgar Hak Pengguna Palestina

Jum'at, 23 Sep 2022 17:32

MUI Jabar Sepakat: Ajaran Syiah Sesat

MUI Jabar Sepakat: Ajaran Syiah Sesat

Jum'at, 23 Sep 2022 17:24

15 Faidah Dzikrullah dari Kitab ''Fiqh Doa dan Dzikir''

15 Faidah Dzikrullah dari Kitab ''Fiqh Doa dan Dzikir''

Jum'at, 23 Sep 2022 17:01

Benteng Itu akan Bobol Juga

Benteng Itu akan Bobol Juga

Jum'at, 23 Sep 2022 15:47

Isu Aksi: Jokowi Turun

Isu Aksi: Jokowi Turun

Jum'at, 23 Sep 2022 13:46

Peranan Akal dalam Masalah Keimanan

Peranan Akal dalam Masalah Keimanan

Jum'at, 23 Sep 2022 12:17

Tito Membangun Otoritarian dengan Cuci Tangan

Tito Membangun Otoritarian dengan Cuci Tangan

Jum'at, 23 Sep 2022 11:45


MUI

Must Read!
X