Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.308 views

Taliban Gunakan Drone Bermuatan Bom Sebagai Senjata Psikologis

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sejak 2016, Taliban telah menggunakan drone yang membawa kamera untuk merekam film propaganda. Pada awal Oktober 2020, mereka sukses dengan drone bermuatan bom untuk berperang melawan musuh-musuh mereka.

Sementara serangan drone bermuatan bom mereka sedikit jumlahnya, taktik baru ini menyajikan bukti kemampuan beradaptasi dan ketahanan kelompok yang bisa dibilang selamat dari invasi Amerika ke Afghanistan tersebut. Yang lebih mengkhawatirkan, hal itu mencerminkan niat strategis Taliban untuk terus membangun kapasitas pertempuran meskipun terlibat dalam negosiasi perdamaian dengan pemerintah Afghanistan.

“Sangat jelas bahwa Taliban akan meniru perang pesawat tak berawak Amerika, karena apa yang telah kita lihat selama beberapa tahun, tidak hanya di Afghanistan tetapi juga di wilayah lain di mana Amerika telah mengobarkan perang, adalah bahwa kelompok-kelompok jihadis mencoba meniru. peperangan semacam ini, ”kata Emran Firoz, pakar drone yang berbicara kepada TRT World.

Belum pernah terjadi sebelumnya bahkan dalam pertempuran modern, penggunaan drone komersial membayangi pikiran lawan mereka yang lebih besar dari ukurannya. Bagi pasukan pemerintah, drone Taliban adalah ujung tombak perang psikologis yang menyebabkan lawan bertanya apakah mereka menghadapi musuh yang lebih siap dan lebih maju.

“Jelas, ini bukan teknologi yang sama,” kata Firoz. “Anda tidak dapat membandingkan drone komersial dengan drone (serang-Red) Reaper Amerika... tetapi mereka mencoba untuk pamer dan mengatakan kami juga bisa melakukan ini. Kami dapat menggunakan drone, kami memiliki pasukan khusus kami yang memiliki perlengkapan lengkap dan terlihat seperti pasukan khusus Amerika. "

Menampilkan adaptasi yang luar biasa, bom yang dijatuhkan oleh drone komersial ini terus meningkat dengan kecepatan yang stabil. Mereka memuat keseluruhan mulai dari peluru mortir yang dijatuhkan yang meledak saat terkena dampak secara default, hingga amunisi improvisasi yang terbuat dari botol Pepsi yang berisi bahan peledak plastik dengan pemicu di tutup botol, hingga granat yang dimodifikasi yang dimaksudkan untuk ditembakkan dari peluncur granat.

Tanpa sirip stabilizer, amunisi tersebut kemungkinan besar akan berputar-putar di udara, tidak dijamin akan menghantam pada hidungnya yang akan menyebabkan ledakan. Untuk mengatasi ini, para 'insinyur' Taliban mulai memasang shuttlecock bulu tangkis berbulu ke bagian belakang bahan peledak. Tidak terisolasi di satu wilayah, serangan drone Taliban terlihat beraksi di berbagai medan pertempuran di seluruh Afghanistan, khususnya di distrik Paktia di Mirzaka dan Zurmat, Baraki Barak, Balkh, Faryab, Charkh, dan Pul-i Alam, serta Kunduz utara.

Jenis drone apa yang digunakan Taliban?

Tidak ada yang benar-benar tahu, tetapi mengingat setidaknya satu model yang ditangkap dan suara baling-baling yang dilaporkan oleh mereka yang selamat dari serangan, tampaknya Taliban menggunakan drone quadcopter yang tersedia secara komersial yang dapat diawaki dari jarak jauh.

Lebih eksplisit lagi, propaganda Taliban sendiri tidak ragu untuk memamerkan mainan baru mereka. Sebuah video yang dibagikan pada Januari 2020 memamerkan DJI Matrice 210 yang dipersenjatai yang dilengkapi dengan kamera zoom Zenmuse Z30 yang kuat dan mekanisme menjatuhkan amunisi. Tetapi masalahnya mungkin tidak sejelas seperti yang terlihat pada pandangan pertama.

Dalam video tersebut, pembicara mengklaim drone itu benar-benar disita oleh Taliban di provinsi Helmand Afghanistan setelah diduga digunakan oleh pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya. Ini aneh, mengingat kurangnya kelompok anti-Taliban yang memulai menggunakan drone komersial atau drone bersenjata. Perlu dicatat bahwa tentara Afghanistan menguji drone pengintai di provinsi yang sama pada tahun 2016, tetapi itu adalah varian Boeing Insitu ScanEagle yang jauh lebih besar.

Di mana Taliban mendapatkan drone mereka?

Drone relatif mudah didapat di pasar. Namun terlepas dari itu, ada spekulasi bahwa drone-drone tersebut datang melalui Pakistan. Sebenarnya, para pejabat Afghanistan seringkali salah dan cepat mengklaim peralatan militer yang digunakan oleh Taliban berasal dari Pakistan dan negara bagian lain.

Indikator yang lebih jelas tentang asal usul mereka dapat ditemukan dalam kata-kata Ahmad Zia Saraj, kepala Direktorat Keamanan Nasional (NDS). Pada 23 November ia berjanji untuk melarang impor drone komersial ke Afghanistan untuk mencegah serangan semacam itu.

Namun terlepas dari ini, itu masih relatif mudah didapat. “Ada banyak pasar gelap, bahkan di Afghanistan, dari Pakistan atau bahkan Cina yang memproduksi banyak drone dan mengekspornya ke seluruh dunia, baik drone bersenjata maupun komersial.” kata Firoz.

Drone semacam itu sudah tersedia di sebagian besar negara, mulai dari harga $ 700 untuk drone bekas yang terlihat dalam satu video propaganda hingga hampir $ 6.500 untuk drone baru yang canggih. Meskipun tidak murah untuk ukuran apa pun, drone tersebut masih terjangkau untuk kelompok besar seperti Taliban.

Angkatan udara "orang miskin"

Taliban dilaporkan menghasilkan US $ 1,6 miliar pada tahun fiskal terakhir mereka yang berakhir pada Maret 2020, menurut Mullah Yaqoob, putra almarhum pemimpin spiritual Taliban Mullah Mohammad Omar, dibandingkan dengan pemerintah Afghanistan $ 5,55 miliar pada periode yang sama.

Mengingat hal ini, Taliban lebih dari mampu untuk secara kompetitif membangun 'angkatan udara orang miskin' mereka sendiri. Tidak seperti kebanyakan suku cadang atau platform senjata, tidak adanya nomor seri atau pengenal unik pada drone komersial berarti pengadaan dan penyelundupan mereka dapat dengan mudah ditutup-tutupi.

Mempersenjatai mereka bahkan lebih mudah, membutuhkan kesiapan DIY dasar dan keakraban dengan bahan peledak.

Pertanyaannya tetap: mengapa Taliban mulai mempersenjatai drone baru-baru ini, meskipun menggunakan drone komersial untuk memfilmkan serangan jibaku atau cuplikan propaganda untuk waktu yang signifikan?

Meniru penyerbu

Bagi Emran Firoz, ini masih tentang "Amerikanisasi perang", karena kelompok jihadis "mencoba menggunakan senjata, gaya perang serupa, hanya meniru peperangan yang dianggap maju karena begitulah cara Anda berperang di abad ke-21," catatnya.

Ini juga tentang narasinya.

“Beberapa hari yang lalu, seorang anggota Taliban yang saya kenal mengatakan bahwa mereka hanya menargetkan militer Afghanistan tetapi tidak ada warga sipil. Itu adalah narasi yang sama yang digunakan oleh semua orang, bahkan orang Amerika, yang merupakan kebohongan. Itu sama dengan Taliban," klaim Firoz.

Satu penjelasan yang mungkin adalah pertumbuhan anggota Taliban yang lebih muda yang paham teknologi, atau mungkin inspirasi mereka oleh penggunaan drone komersial bersenjata Islamic State (IS) di Suriah dan Irak pada tahun 2017.

“Saat ini, dampaknya tidak besar,” kata Firoz. Jika mereka terus memperbaikinya atau meningkatkan penggunaannya, senjata-senjata itu terbukti dapat meneror.

Prospek suram

Drone komersial tidak dapat mengangkat benda berat. Untuk drone yang dipersenjatai, itu membatasi ukuran muatan eksplosifnya. Tetapi jika Taliban mampu mendapatkan drone yang lebih kuat, atau belajar mengirimkan muatan dengan lebih akurat, efeknya bisa menghancurkan.

Di Suriah, hampir 208 serangan drone komersial tercatat pada 2017 saja. Drone juga digunakan di Irak untuk efek yang menghancurkan sepanjang Oktober 2016, membunuh seorang gubernur dengan terbang ke rumahnya dalam satu kejadian, dan menghancurkan tank di kejadian lain. Tidak hanya digunakan untuk mengirimkan muatan bahan peledak, drone juga digunakan untuk memandu kendaraan jibaku lapis baja berat (VBIED) yang menakutkan di mana pengemudinya hanya bisa melihat melalui pelat baja yang dimaksudkan untuk melindungi pelaku bom jibaku dari tindakan defensif.

Lebih berbahaya lagi, peran drone sebagai senjata psikologis tidak bisa diremehkan. Video dari Suriah menunjukkan para tentara meninggalkan pos mereka beberapa saat setelah mendengar dengungan drone komersial. Ditambah dengan laporan bahwa pasukan pemerintah Afghanistan sebelumnya telah mengosongkan posisi tanpa perlawanan, drone bersenjata bisa menjadi pukulan terbaru bagi moral pasukan pemerintah.

Bagi Afghanistan, ancaman pesawat tak berawak itu nyata; dan penggunaan drone pengintai oleh Taliban telah mengalami peningkatan, menunjukkan pergeseran taktik dan ketersediaan drone komersial. Bagaimanapun, tidak ada informasi yang tersedia mengenai kemampuan mereka untuk mempersenjatai drone-drone tersebut.

Kematian dari atas

Bisakah mereka dilawan? Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Sulit untuk menembak jatuh karena ukurannya, dan secara taktis, mereka sering diluncurkan dalam kegelapan sehingga hampir mustahil untuk menangkapnya. Solusi lain seperti senapan anti-drone elektromagnetik sangat mahal, dan masih relatif baru.

Bahkan upaya NDS untuk melarang impor mereka sulit dilakukan mengingat perbatasan Afghanistan yang keropos. Pada 2010, pemerintah Afghanistan melarang impor amonium nitrat, yang biasa digunakan sebagai pupuk, tetapi juga bahan peledak improvisasi. Meskipun demikian, sejumlah besar bahan kimia tersebut masih disita secara teratur di Afghanistan.

Solusi alternatif dapat berupa berinvestasi dalam sistem pengacau elektronik, atau atap dan dinding yang diperkeras, untuk melindungi dari amunisi yang jatuh.

Salah satu solusi menjanjikan yang telah menunjukkan beberapa keberhasilan adalah dengan melatih elang untuk menyerang drone, sebuah konsep yang dipelopori oleh Koprs Marinir AS dan tentara Prancis.

Tapi sampai elang tiba untuk menyelamatkan hari terserbut, Afghanistan dihadapkan pada dilema yang tidak akan hilang dalam waktu dekat. (TRT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X